Informasi Kesehatan

7 Jenis Olahraga Pasca Lebaran untuk Atasi Berat Badan Bertambah

lebaran_gendut.jpg

Cara mengatasi kaki pecah - pecah

Cara mengatasi kaki pecah - pecah   Penyebab…

Tips Membeli Makanan Siap Saji Melalui Pesan Antar Selama Pandemi COVID-19

Selama pandemi COVID-19, banyak orang lebih suka memesan…

Senam SKJ, Olahraga Penuh Manfaat yang Seru dan Menyenangkan

Hampir setiap orang pasti pernah melakukan senam kesegaran…

“Pasca Lebaran biasanya berat badan akan naik secara drastis. Maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa olahraga yang cocok untuk membuat berat badan kembali normal. Beberapa olahraganya adalah aerobik, yoga, dan berenang.”

Lebaran identik dengan makanan berlemak dan kolesterol tinggi. Hal ini dapat meningkatkan berat badan setelah momen lebaran usai. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan olahraga secara rutin untuk menurunkan kelebihan berat badan yang ada. Nah, berikut beberapa jenis olahraga yang baik untuk atasi berat badan berlebih setelah lebaran!

Jenis Olahraga untuk Kurangi Berat Badan Pasca Lebaran

Kurangnya beraktivitas selama libur Lebaran dapat membuat berat badan bertambah. Jangan sampai hal tersebut terjadi, karena itu kamu tetap harus rutin berolahraga. Lalu, olahraga apa saja sih yang bisa membantu atasi berat badan bertambah setelah lebaran? Berikut beberapa di antaranya:

1. Aerobik

Gerakan-gerakan dalam aerobik disinyalir efektif untuk mengatasi berat badan bertambah. Pasalnya, tidak hanya melibatkan semua anggota tubuh, biasanya gerakan dalam olahraga aerobik juga baik untuk kesehatan jantung. Latihan ini mampu meningkatkan detak jantung dan memompa aliran darah.

2. Yoga

Yoga memang tidak sekeras olahraga lainnya yang melibatkan gerakan-gerakan fisik dan mampu membakar kalori lebih banyak. Namun, jenis gerakan-gerakan yoga mampu membantu menurunkan berat badan dengan cara yang terbilang unik dan berbeda. Tentu saja ini berbanding lurus dengan yang kamu konsumsi, ya. Jadi, imbangi juga dengan makanan sehat.

3. Berenang

Olahraga satu ini juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Bahkan, bisa dikatakan kalori yang dibakar dalam sekali aktivitas renang dalam waktu kurang lebih satu jam bisa setara dengan ketika kamu berlari. Bisa kamu bayangkan berapa berat badan yang akan hilang jika kamu rutin melakukannya bukan? Setidaknya, seminggu dua hingga tiga kali juga sudah membantu, kok.

4. Lari

Lari menjadi olahraga paling murah dan mudah yang bisa kamu coba. Bahkan, kamu bisa melakukannya pada pagi hari sebelum memulai aktivitas atau sore hari sebelum malam menjelang. Tidak membutuhkan waktu lama, kamu hanya perlu rutin melakukannya setiap pagi selama setidaknya 30 menit. Olahraga ini lebih menyenangkan jika ditemani musik-musik penambah semangat.

5. Tai Chi

Sama halnya dengan yoga, olahraga tai chi memiliki gerakan yang lebih lembut dan terkoordinasi. Biasanya, olahraga satu ini dipimpin oleh seorang pelatih, karena ada beberapa gerakan yang membutuhkan arahan khusus untuk bisa terasa manfaatnya. Tai chi biasanya dilakukan di taman atau ruangan yang bisa meningkatkan kenyamanan pada pesertanya.

Tidak hanya menyehatkan fisik dan membantu penurunan berat badan, tai chi juga mampu membantu meningkatkan konsentrasi kamu. inilah mengapa olahraga satu ini digemari oleh para lansia, karena bisa membantu mencegah demensia atau penyakit yang berkaitan dengan daya ingat lainnya.

6. Jalan Kaki

Jalan kaki banyak manfaatnya, salah satunya adalah membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan, terutama untuk kamu yang mengalami obesitas. Mungkin tidak banyak terasa, tetapi jika kamu merasa kelebihan berat badan, olahraga satu ini akan sangat membantu. Sama halnya dengan lari, kamu tidak perlu melakukan dalam waktu lama, tetapi hanya perlu menjadikannya aktivitas rutin.

7. Joging

Kamu juga bisa melakukan joging sebagai aktivitas untuk menurunkan berat badan pasca Lebaran. Aktivitas ini dapat membakar kalori dan lemak di perut dengan lebih efektif dibandingkan beberapa olahraga lainnya. Maka dari itu, lakukan olahraga ini secara rutin setiap hari.

Kamu bisa lo menjaga tubuh tetap sehat pasca Lebaran dengan rutin mengonsumsi vitamin dan suplemen. Dengan begitu, tubuh yang lebih sehat bisa didapatkan dan tidak ada aktivitas yang terganggu.

Sumber : Halodoc .com