Informasi Kesehatan

6 Kandungan Nutrisi Kembang Kol untuk Ibu Hamil

biasa-ditemukan-dalam-capcay-ini-6-manfaat-kembang-kol-1576579744.jpg

Inilah 5 Hal yang Harus Diketahui saat Hamil Di Usia Tua

“Hamil di usia tua berpotensi menyebabkan risiko kesehatan…

Cara Mengatasi Sesak Napas pada Ibu Hamil Saat Tidur

Sesak napas atau napas pendek menjadi keluhan yang…

Mengonsumsi Durian ketika Hamil, Amankah?

"Mengonsumsi durian saat hamil bukanlah hal yang dilarang.…

Nutrisi Kembang Kol yang Baik untuk Ibu Hamil

1. Kaya akan Sumber Vitamin C

Kembang kol adalah sumber vitamin C yang dapat memenuhi 74% jumlah harian dari porsi 100 gram. Nah, vitamin C juga sangat penting untuk mendukung kehamilan. Nutrisi tersebut dapat meningkatkan penyerapan zat besi untuk mendukung pertumbuhan janin dan pemeliharaan kehamilan.

Selain itu, kekurangan vitamin C kerap dihubungkan dengan beberapa komplikasi kehamilan. Beberapa penelitian menyebut jika kekurangan vitamin C dapat berisiko mengalami kelahiran prematur, hipertensi gestasional, diabetes gestasional, dan ketuban pecah dini.

2. Sumber Folat

Kembang kol juga mengandung folat atau vitamin B9,– nutrisi penting yang perlu dipenuhi selama kehamilan. Kandungan ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin guna mencegah kelainan bawaan pada janin juga kelahiran prematur.

3. Vitamin K

Sayuran ini juga mengandung vitamin K karena mampu memenuhi 17% dari dosis harian nutrisi. Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko terjadinya pembekuan darah. Masalah ini dapat menimbulkan dampak yang berbahaya jika dibiarkan.

4. Potasium dan Serat

Kembang kol membantu memelihara kesehatan jantung karena kandungan potasium dan seratnya. Saat hamil, jantung memompa lebih banyak darah ke rahim,– termasuk kebutuhan vital selama kehamilan. Dengan begitu, pertumbuhan janin dapat terjadi secara maksimal, sehingga risiko terjadinya komplikasi kehamilan bisa menurun.

Selain itu, potasium pada kembang kol berguna dalam membantu tubuh mengatur tekanan darah. Serta, kandungan seratnya mampu mencegah segala jenis kekakuan pada pembuluh jantung. Mengonsumsi kembang kol secara rutin mampu menjaga jantung tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

5. Kalsium

Ibu hamil membutuhkan sekitar 1000 hingga 3000 mg kalsium, guna memenuhi kebutuhan janin yang sedang bertumbuh. Dengan mengonsumsi kembang kol, ibu dapat membantu untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan kalsium harian. Maka dari itu, sayur ini ada baiknya dikonsumsi secara rutin.

6. Niasin

Niasin dalam kandungan kembang kol sangat penting untuk perkembangan bayi. Nutrisi ini dapat mendukung perkembangan saraf, kulit, dan sistem pencernaan. Maka dari itu, sayuran perlu dimasukkan ke dalam program diet saat hamil.

Itulah beberapa nutrisi pada kembang kol yang dapat mendukung kehamilan. Maka dari itu, ada banyak dokter kandungan yang merekomendasikan sayur ini untuk dikonsumsi secara rutin. Namun jika ibu memiliki masalah maag, ada baiknya bertanya pada dokter terlebih dahulu.

 

Sumber: halodoc.com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.