Informasi Kesehatan

Sehatkan Tulang, Ini X Manfaat Sumsung Tulang Sapi bagi Kesehatan

sop-sumsum-sapi-foto-resep-utama.jpg

Ini 5 Penyebab Panas Dingin dan Cara Mengatasinya

  “Sensasi panas dingin pada tubuh terjadi karena…

7 Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan

Manfaat vitamin B1 untuk kesehatan tubuh ada beragam, mulai…

9 Resep Sayur Bening Bayam yang Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah

“Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang paling…

“Sumsum tulang sapi diketahui memiliki kandungan nutrisi penting, sehingga bermanfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi. Salah satu manfaatnya adalah menyehatkan tulang karena dapat mendukung fungsi sendi.”

Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang dagingnya memiliki banyak penggemar untuk dikonsumsi. Tak hanya dagingnya semata, nyatanya sumsum tulang sapi juga menjadi salah satu bagian yang kerap dikonsumsi. 

Sumsum tulang sapi diketahui memiliki rasa yang lezat. Biasanya, bagian ini disajikan dengan sup hangat atau direbus untuk dijadikan sebagai kaldu. 

Namun, sumsum tulang sapi ternyata tak hanya lezat, tetapi juga dianggap sebagai salah satu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi. Sebab, lemak yang terkandung pada sumsum sapi ternyata mengandung berbagai nutrisi penting. 

Lantas, kira-kira apa saja manfaat konsumsi sumsum tulang sapi bagi kesehatan? 

Manfaat Sumsum Tulang Sapi bagi Kesehatan

Sumsum tulang penuh dengan kolagen, yang meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang dan kulit. Makanan ini juga kaya glukosamin, senyawa yang dapat membantu melawan osteoarthritis, mengurangi nyeri sendi, dan mengurangi peradangan pada sendi. 

Menariknya lagi, sumsum tulang juga mengandung jumlah kalori dan lemak yang baik, serta sejumlah kecil nutrisi seperti protein dan vitamin B12. Berdasarkan kandungan nutrisinya, berikut adalah beberapa manfaat makanan tersebut: 

1. Mendukung fungsi sendi 

Manfaat kesehatan pertama dari konsumsi sumsum tulang sapi adalah dapat mendukung fungsi sendi pada tubuh. Sebab, kandungan glukosamin pada makanan ini sering dijadikan sebagai obat alami untuk osteoarthritis. 

Alasannya, senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan meredakan nyeri sendi. Selain itu, kolagen yang ada pada sumsum tulang belakang juga diketahui dapat mendukung produksi tulang rawan sendi untuk membantu menjaga fungsi sendi. 

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Kolagen merupakan jenis protein yang ditemukan di seluruh tubuh yang memainkan peran integral dalam kesehatan kulit. Nah, menurut studi berjudul Oral supplementation of specific collagen peptides has beneficial effects on human skin physiology: a double-blind, placebo-controlled study, suplemen 2,5-5 gram kolagen dapat membantu meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi sumsum tulang sapi, karena memiliki kandungan kolagen yang cukup tinggi. 

Hasil menjanjikan juga ditemukan pada penelitian lain berjudul Effect of Orally Administered Collagen Peptides from Bovine Bone on Skin Aging in Chronologically Aged Mice. Penelitian yang dilakukan pada tikus tersebut menemukan kalau pengobatan dengan kolagen selama delapan minggu, dapat meningkatkan kandungan kolagen dan aktivitas antioksidan pada kulit. Hal tersebut diketahui dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan.  

3. Mengurangi peradangan pada tubuh

Sumsum tulang sapi juga diketahui mengandung senyawa glycine, yaitu sejenis protein yang menunjukkan sifat antiinflamasi yang kuat. Artinya, senyawa tersebut dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. 

Selain glycine, sumsum tulang sapi juga mengandung asam linoleat terkonjugasi, yang diketahui dapat mengurangi beberapa penanda peradangan dalam darah. Menariknya lagi, kandungan senyawa adiponektin juga ditemukan pada makanan ini. Nah, senyawa tersebut merupakan sejenis hormon protein yang terbukti memainkan peran penting dalam mengatur peradangan dan fungsi kekebalan tubuh.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi sumsum tulang sapi. Mulai dari mendukung fungsi sendi, meningkatkan kesehatan kulit, hingga membantu mengurangi peradangan pada tubuh. 

Beberapa manfaat tersebut berkaitan dengan kandungan nutrisi penting pada sumsum tulang sapi. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memasukan sumsum tulang sebagai salah satu bagian dari menu sehari-hari. 

 

Sumber: halodoc. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.