Informasi Kesehatan

Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan Wanita

11.jpg

Mengenal Bahaya Plak Gigi dan Cara Menghilangkannya

Plak gigi merupakan lapisan lengket dan bening pada…

Mencermati Keamanan Pembalut Wanita

Pembalut wanita sudah menjadi kebutuhan esensial bagi para…

Sebelum Bleaching Rambut, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

“Bleaching rambut merupakan teknik perawatan kimia yang dapat…

“Ada berbagai manfaat buah nanas untuk kesehatan wanita. Mulai dari menjaga kesehatan reproduksi, mendukung kekuatan tulang optimal, mencegah kram saat menstruasi, dan menyehatkan pencernaan.”

Buah nanas kaya akan vitamin dan mineral sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain vitamin C dan mangan, buah nanas mengandung vitamin B6, tembaga, thiamin, folat, potasium, magnesium, niasin, riboflavin, dan zat besi. 

Mengonsumsi buah nanas dapat menjadi sumber serat harian dan melancarkan pencernaan. Terkhusus buat wanita, nanas memiliki beberapa manfaat spesifik mulai dari mendukung kesehatan tulang, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan organ reproduksi. Simak selengkapnya manfaat buah nanas buat wanita di sini!

Manfaat Buah Nanas untuk Wanita

Berkat kandungan vitamin dan mineral penting di dalamnya, buah ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, berikut ini adalah manfaat buah nanas buat wanita:

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Nanas memiliki kandungan mangan yang tinggi sehingga dapat membantu memperkuat tulang. Buat kamu yang aktif berolahraga, kandungan sehat pada nanas dapat melumasi sendi-sendi, sehingga tidak mudah rusak karena aktivitas fisik.

2. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Nanas memiliki vitamin B1 dan B6 yang membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut. Kandungan vitamin C pada nanas juga berkontribusi pada penampilan rambut yang lebih bersih dan berkilau. Makan nanas setiap hari dapat membantu memperkuat folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

3. Memperkuat otot 

Nanas adalah sumber valin dan leusin yang baik, di mana keduanya merupakan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot. Wanita membutuhkan energi untuk menjaga kesehatan ototnya. Satu gelas jus nanas setiap hari akan membantu mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina. 

4. Meningkatkan kesuburan

Nanas mampu meningkatkan kesuburan karena mengandung bromelain sebagai agen antiinflamasi dan antikoagulasi (pengencer darah) yang dapat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatkan aliran darah ke rahim, ini dapat meningkatkan implantasi (proses menempelnya embrio di dinding rahim).

5. Mengurangi masalah selama periode menstruasi 

Nanas memiliki enzim khusus yang bernama bromelain yang membantu meluruhkan lapisan rahim. Ini meningkatkan aliran menstruasi dan membantu melancarkan menstruasi buat wanita yang kerap mengalami menstruasi tidak teratur.

6. Meningkatkan stamina seksual

Mengonsumsi nanas pada wanita dapat meningkatkan hasrat seksual. Bagi wanita yang susah mengalami orgasme dan rendah libido, makan buah nanas dapat mengelola hasrat seks, serta meningkatkan lubrikasi dan aroma pelumas.

Nanas adalah buah yang baik untuk kamu konsumsi untuk vitalitas dan ketahanan seksual. Buah ini mengandung tiamin dan vitamin C dalam jumlah tinggi. Kedua vitamin ini dapat merangsang sistem kerja hormon kebahagiaan dan meningkatkan energi. 

7. Menurunkan risiko kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Risiko kanker terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Senyawa bromelain pada nanas dapat mengurangi risiko kanker dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya. 

Selain Nanas, Ini Buah Sehat Lain untuk Wanita

Wanita dengan beragam kesibukan, tugas, dan tanggung jawab, membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang spesifik. Belum lagi kondisi menstruasi yang dapat menyebabkan perubahan mood, rasa sakit di panggul, dan nyeri otot. Nah, karena itu para wanita membutuhkan asupan nutrisi yang dapat membantu mengatasi kondisi-kondisi tersebut. 

Menurut penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, asupan vitamin C dan asam linoleat yang tinggi serta asupan lemak dan karbohidrat yang lebih rendah, merupakan komposisi yang sesuai untuk kesehatan wanita. 

Nah, selain nanas, ada beberapa jenis buah lain yang baik untuk kesehatan wanita, yaitu:

1. Ceri

Ceri kaya akan antioksidan antosianin yang dapat meningkatkan energi, sekaligus memerangi beberapa masalah kesehatan yang umum terjadi pada wanita paruh baya, seperti asam urat dan radang sendi. 

2. Tomat

Tomat merupakan sumber antioksidan lycopene yang sangat baik, dan mencegah pembentukan dan penyebaran sel kanker.

3. Pepaya

Pepaya kaya vitamin A, C, folat dan fitokimia. Buah ini juga mengandung papain, senyawa yang dapat menyembuhkan gangguan pencernaan dan penyakit saluran indeks glikemik lainnya. 

Itulah informasi mengenai manfaat buah nanas bagi kesehatan wanita.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.