Informasi Kesehatan

6 Masker Mata Panda yang Efektif Hilangkan Lingkar Hitam di Bawah Mata

shutterstock_1936960030.jpg

Kerja Shift Malam? Ini Tips yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan

Kerja shift malam bisa memicu masalah kesehatan karena…

Mengenal White Noise dan Manfaatnya untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

  "White noise adalah suara yang bisa memberikan…

Cara Merawat Kulit Wajah yang Baik dan Benar

Cara merawat kulit wajah yang tepat tidak harus…

Masker mata panda mengandung bahan tertentu yang bersifat mencerahkan. Dengan menggunakan masker ini secara rutin, lingkar hitam di bawah mata dapat hilang atau tersamarkan sehingga wajah pun tampak lebih segar dan cerah.

Mata panda merupakan istilah untuk menggambarkan adanya lingkaran hitam di bawah mata. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, karena sering kali disebabkan oleh penuaan, kurang tidur, atau perubahan warna kulit akibat paparan sinar matahari.

 

Meski begitu, adanya lingkaran hitam di bawah mata dianggap dapat mengganggu penampilan sehingga banyak yang menutupinya dengan make up, seperti concealer. Akan tetapi, cara ini hanya bersifat sementara.

Sebagai solusinya, Anda dapat melakukan perawatan tertentu yang mampu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, salah satunya menggunakan masker mata panda.

Pilihan Masker Mata Panda Berdasarkan Kandungannya

Untuk mengatasi mata panda, ada beragam pilihan masker mata panda yang bisa Anda gunakan berdasarkan kandungannya, yaitu:

1. Niacinamide

Guna menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, Anda dianjurkan untuk memakai masker mata panda yang mengandung niacimamide. Kandungan ini telah terbukti mampu mencerahkan kulit, sehingga pemakaiannya dapat menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Niacinamide juga dapat meningkatkan kelembapan kulit di area sekitar mata. Artinya, pemakaian masker mata dengan kandungan ini turut mencegah kulit dari dehidrasi sehingga bisa mengatasi atau mencegah munculnya mata panda.

2 Vitamin C

Penggunaan masker mata panda yang mengandung vitamin C juga dapat menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata dan mencerahkan kulit dengan baik. Vitamin ini juga dapat merangsang produksi kolagen di kulit, sehingga turut meminimalkan munculnya kerutan atau garis halus di bawah mata.

3. Asam hialuronat

Efek melembapkan yang dimiliki asam hialuronat dapat mencegah kulit dari dehidrasi sekaligus mengurangi risiko munculnya mata panda. Dengan kelembapan kulit yang terjaga, tidak hanya lingkaran hitam di bawah mata saja yang dapat teratasi, kerutan atau garis halus di area mata pun bisa diminimalkan.

4. Kojic acid

Sama halnya dengan vitamin C, kojic acid juga dapat mencerahkan kulit di area sekitar mata. Hal ini membuat banyak produk masker mata panda yang memasukkan kandungan ini ke dalam produknya.

Manfaat kojic acid dalam mencerahkan kulit di area sekitar mata ini berasal dari kemampuannya dalam menghambat produksi melanin. Melanin merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit. Makin banyak melanin yang diproduksi oleh kulit, makin gelap pula warna kulit.

5. Kolagen

Bila lingkaran hitam di bawah mata muncul karena kulit tidak terhidrasi dengan baik, masker mata panda yang mengandung kolagen dapat Anda gunakan. Kolagen mampu melembapkan kulit, sehingga masalah dehidrasi kulit bisa teratasi.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kolagen juga bisa menyamarkan garis halus di sekitar mata.

6. Vitamin K

Produk perawatan kulit yang digunakan di area sekitar mata, seperti krim mata atau masker mata, banyak yang menambahkan kandungan vitamin K di dalamnya.

Manfaat vitamin K untuk kulit ini bisa diperoleh berkat sifat antiradang dan kemampuannya dalam membekukan darah. Efeknya, masker mata panda dengan kandungan ini mampu membuat lingkaran hitam di bawah mata hilang.

Selain semua kandungan di atas, masker mata panda juga mengandung bahan lain, seperti vitamin E, kafein, shea butter, dan squalene. Bahan-bahan ini juga diketahui efektif dalam mengatasi lingkaran hitam di bawah mata.

Aturan Penggunaan Masker Mata Panda dan Cara Lain untuk Mengatasinya

Kulit di sekitar mata terbilang lebih tipis dan sensitif dibandingkan area kulit lainnya. Hal ini membuat Anda perlu lebih hati-hati dalam memakai masker mata panda agar iritasi kulit terhindarkan. Jadi, gunakan masker ini sesuai anjuran yang tertera pada kemasan agar tetap aman.

Bila Anda sudah mengikuti anjuran pemakaian, tetapi kulit mengalami iritasi yang ditandai dengan kulit memerah, gatal, atau seperti terbakar, sebaiknya segera hentikan penggunaan.

Anda dapat beralih ke masker mata panda dengan kandungan lain yang cenderung lebih ramah di kulit atau terapkan cara mengatasi mata panda berikut ini:

  • Mengompres mata dengan kompres dingin selama 20 menit
  • Tidur yang cukup untuk mencegah sekaligus menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.
  • Mengonsumsi air putih yang cukup agar kulit terhidrasi dengan baik
  • Menggunakan krim mata yang bersifat melembapkan dan menghaluskan kulit di sekitar mata

Bila Anda sudah memakai masker mata panda dan menjalani semua cara di atas, tetapi mata panda tidak kunjung teratasi, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Apalagi jika mata menghitam disertai gejala lain, seperti mata tampak cekung, badan cepat lelah, sakit kepala terus-menerus, dan bibir pucat.

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan perawatan yang tepat. Bila pemeriksaan menunjukkan bahwa mata panda yang Anda miliki disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti anemia, penanganan akan diberikan sesuai penyebabnya.

 

Sumber: alodokter.com