Informasi Kesehatan

Ini Alasan Pentingnya Mengenal Gejala Kanker Serviks Sejak Dini

2209_20-gejala-kanker-serviks.jpg

Ini Berbagai Fakta Tes Pendengaran yang Perlu Diketahui

“Tes pendengaran bertujuan untuk mengetahui kondisi sistem pendengaran.…

Bayi Kerokan, Ini Bahaya dari Sisi Medis

“Kerokan pada bayi tidak disarankan karena dapat memiliki…

Sakit Gigi

Pemahaman Sakit Gigi Sakit gigi adalah kondisi ketika…

“Mengenal gejala kanker serviks penting bagi wanita. Hal itu bisa membantu mendeteksi penyakit lebih dini, sehingga pengobatan pun bisa diberikan secara efektif dan tingkat kesembuhan menjadi lebih tinggi."

Kanker serviks adalah jenis kanker yang muncul pada serviks atau leher rahim, bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Kanker ini seringkali tidak menunjukkan gejala pada tahap awalnya, sehingga sulit untuk terdeteksi. 

Namun, penting bagi setiap wanita untuk mengenal gejalanya sejak awal. Dengan begitu, langkah-langkah pencegahan dan pengobatan yang tepat bisa diberikan secara lebih efektif. Simak ulasannya di sini!

Alasan Mengenal Gejala Kanker Serviks Penting

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering menyerang wanita. Namun, penyakit ini biasanya tidak menimbulkan gejala pada awalnya. Itulah mengapa kanker ini seringkali baru terdeteksi ketika sudah dalam stadium lanjut.

Meski begitu, penyakit berbahaya ini bisa dideteksi awal dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Pemeriksaan untuk kanker serviks adalah tes HPV dan tes Pap.

Pemeriksaan ini penting terutama bagi kamu yang memiliki risiko tinggi untuk terkena penyakit tersebut. Agar lebih jelas, Proses Pap Smear yang Dapat Mendeteksi Kanker Serviks.

Selain itu, mengenali gejala kanker serviks juga penting untuk membantu diagnosis dini. Berikut alasan mengenal gejala penyakit ini penting untuk wanita:

1. Meningkatkan peluang kesembuhan

Ketika kanker serviks terdeteksi pada tahap awal, kemungkinan sembuh lebih tinggi. Pada tahap awal, penyakit reproduksi ini umumnya masih terlokalisasi pada serviks dan belum menyebar ke jaringan atau organ lain.

Dengan mengenali gejalanya sejak dini, wanita bisa segera mencari perawatan medis yang diperlukan untuk mencegah penyebaran penyakit ke tahap yang lebih lanjut.

2. Mengurangi risiko komplikasi

Kanker serviks yang tidak terdeteksi atau terlambat terdiagnosis bisa menyebabkan komplikasi serius. Ketika penyakit tersebut sudah mencapai tahap lanjut, perawatan yang diperlukan biasanya lebih invasif dan memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi. 

Itulah mengapa mengenali gejala penyakit ini sejak dini penting agar bisa terhindar dari risiko komplikasi berbahaya.

3. Memungkinkan pengobatan yang lebih efektif

Pengobatan kanker serviks biasanya lebih efektif bila diberikan pada tahap awal. Hal itu lebih mungkin untuk menghilangkan sel kanker sepenuhnya dan mencegah kembalinya kanker.

Namun, pengobatan yang lebih kompleks dan intensif mungkin diperlukan jika kanker serviks sudah mencapai tahap lanjut. Dengan mengenali gejala penyakit tersebut sejak dini, wanita dapat memulai pengobatan dengan cepat dan meningkatkan peluang kesembuhan.

Perkembangan Kanker Serviks

Kanker serviks berawal ketika sel sehat di leher rahim mengalami perubahan (mutasi) pada DNA mereka. DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus mereka lakukan.

Sel-sel yang sehat tumbuh dan berkembang biak dengan kecepatan tertentu, dan pada akhirnya akan mati pada waktu tertentu. Namun, sel yang sudah bermutasi tumbuh dan berkembang biak di luar kendali, dan mereka tidak mati.

Akhirnya, sel-sel abnormal yang terakumulasi membentuk massa (tumor). Sel-sel kanker menyerang jaringan terdekat dan dapat terlepas dari tumor untuk menyebar (bermetastasis) ke tempat lain di dalam tubuh.

Lantas, apa yang menyebabkan kanker serviks? Sebenarnya penyebabnya belum diketahui secara pasti, tapi yang pasti human papillomavirus (HPV) merupakan berperan dalam munculnya penyakit tersebut.

HPV merupakan infeksi menular seksual yang sangat umum, dan kebanyakan pengidap tidak pernah mengembangkan kanker. Hal ini berarti faktor lain, seperti lingkungan atau pilihan gaya hidup, juga berperan dalam munculnya kanker serviks.

Gejala Kanker Serviks

Kamu tidak akan menemukan ciri-ciri kanker serviks di stadium awal. Ketika penyakit sudah berkembang lebih jauh, gejala atau tanda-tanda akan muncul. Berikut gejalanya:

  • Perdarahan vagina yang tidak biasa. Bila kamu mengalami perdarahan selama atau setelah berhubungan seks, antara menstruasi atau setelah menopause, atau mengalami menstruasi yang lebih berat dari biasanya, hati-hati. Hal itu bisa menjadi pertanda kanker serviks. Warna darah yang bisa menjadi pertanda penyakit tersebut umumnya berwarna cokelat kehitaman.
  • Perubahan pada keputihan. Selain perdarahan yang tidak biasa, perubahan pada keputihan juga bisa menjadi gejala kanker serviks. Keputihan yang tidak berhenti, dan mungkin pucat, berair, berwarna merah muda, coklat, berdarah, atau berbau busuk perlu kamu waspadai.
  • Rasa sakit saat berhubungan seks.
  • Nyeri di punggung bagian bawah, di antara tulang pinggul (panggul), atau di perut bagian bawah.

Bila kamu mengalami salah satu gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Itulah penjelasan mengenai pentingnya mengenali gejala kanker serviks.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.