Informasi Kesehatan

Cara Sederhana Meningkatkan Kualitas Tidur yang Baik

istock-1310212547jpg-20211116120153.jpg

Kerja Shift Malam? Ini Tips yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan

Kerja shift malam bisa memicu masalah kesehatan karena…

Mengenal White Noise dan Manfaatnya untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

  "White noise adalah suara yang bisa memberikan…

Cara Merawat Kulit Wajah yang Baik dan Benar

Cara merawat kulit wajah yang tepat tidak harus…

“Kualitas tidur yang baik memiliki banyak keistimewaan pada kesehatan fisik maupun mental. Ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya, mulai dari cermat memilih makanan hingga dengan memanfaat gadget tertentu.”

Kualitas tidur yang baik adalah kondisi ketika kamu bisa tidur dengan nyenyak dalam durasi atau waktu yang cukup. Keesokan paginya, kamu terbangun dengan suasana hati yang baik dan badan yang bugar.

Kebutuhan durasi tidur pada masing-masing individu akan berbeda, tergantung pada usia dan aktivitas yang mereka lakukan. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur malam sekitar 7-9 jam.

Masalahnya, tak sedikit orang yang mengalami susah tidur, atau terbangun secara berulang kali di malam hari. Nah, pertanyaannya bagaimana sih cara meningkatkan kualitas tidur agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga?

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

Ada banyak sekali faktor penyebab susah tidur di malam hari. Mulai dari stres akibat pekerjaan, mengidap penyakit tertentu, hingga konsumsi alkohol atau kopi sebelum tidur.

Nah, kabar baiknya kamu bisa menerapkan beberapa kebiasaan yang dapat membantumu untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Penasaran? Berikut ulasannya. 

1. Rutin berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan suhu inti tubuh. Selanjutnya, tubuh akan memberi sinyal pada ritme sirkadian bahwa sudah waktunya untuk tidur. Ritme ini merupakan pola perubahan fisik, mental, dan perilaku secara alami.

Jadi, kamu bisa berolahraga ringan sebelum tidur. Dalam waktu 30 hingga 90 menit setelah berolahraga, suhu inti tubuh mulai turun. Di sinilah akan terjadi rasa kantuk alami yang diatur oleh ritme sirkadian. 

2. Cermat dalam memilih makanan

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi menjelang waktu tidur. Misalnya, makanan dan minuman berkafein serta yang mengandung tinggi gula. 

Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan memengaruhi reseptor adenosin. Adenosin adalah zat dalam tubuh yang menyebabkan kantuk. Nah, kafein memblokir reseptor adenosin agar tidak merasa mengantuk.

Sementara itu, makanan tinggi gula menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan.

Pola makan tinggi glikemik juga memicu respons peradangan dalam tubuh dan menciptakan ketidakseimbangan bakteri baik dalam usus, hal ini juga yang dapat memengaruhi kualitas tidur.

3. Membuat kebiasaan dan jadwal tidur yang rutin 

Ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa kantuk di malam hari. Di antaranya, membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Kamu juga perlu membuat jadwal tidur yang rutin guna meningkatkan kualitas tidur. Lama-kelamaan, ritme sirkadian akan merekam kebiasaan ini dan memberikan signal di jam-jam tertentu, bahwa saat sudah memasuki waktu tidur.

4. Manfaatkan produk atau gadget tertentu 

Ada banyak teknologi dengan inovasi menarik yang dirancang untuk meningkatkan kualitas tidur. Mulai dari smart beds hingga sleep apps yang bisa diunggah dalam smartphones

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.