Informasi Kesehatan

Catat, Ini 5 Cara Ampuh untuk Membantu Mengatasi Meriang

4-obat-meriang-paling-ampuh-yang-tersedia-di-apotek1.jpg

Makan Ceker Ayam, Sehat atau Tidak?

Kandungan Nutrisi Ceker Ayam Dalam 100 gram ceker…

6 Tips Tahan Emosi saat Terjebak Macet di Jalan

“Ada beberapa tips tahan emosi jika kamu sering…

Mampu Atasi Nyeri Haid, Ini 5 Manfaat Jamu Kunyit Asam

“Selain membantu mengatasi nyeri menstruasi, manfaat jamu kunyit…

“Ketika penyakit atau infeksi menyerang tubuh merespon dalam berbagai hal, salah satunya perubahan suhu yang menyebabkan meriang. Beberapa cara untuk mengatasinya adalah dengan konsumsi obat, perbanyak minum, hangatkan diri, gunakan kompres hangat, dan perbanyak istirahat.”“Ketika penyakit atau infeksi menyerang tubuh merespon dalam berbagai hal, salah satunya perubahan suhu yang menyebabkan meriang. Beberapa cara untuk mengatasinya adalah dengan konsumsi obat, perbanyak minum, hangatkan diri, gunakan kompres hangat, dan perbanyak istirahat.”

Meriang bisa jadi tanda bahwa tubuh seseorang sedang melawan penyakit, infeksi, atau masalah kesehatan lainnya. Biasanya ketika meriang, kita mengalami gemetar, merinding, dan gigi gemeretak. Sebenarnya ini adalah respon tubuh yang tidak disengaja agar membuat otot berkontraksi sehingga tubuh bisa menghangat. 

Selain karena penyakit, seseorang bisa meriang ketika mendapat anestesi untuk operasi. Penyebab lainnya adalah karena lonjakan adrenalin saat mengalami peristiwa traumatis. Trauma psikologis seperti post traumatic stress disorder (PTSD) juga bisa membuat seseorang gemetar meriang. 

Cara-Cara Ampuh untuk Mengatasi Meriang

Penting untuk setiap orang memahami penanganan meriang, baik untuk diri sendiri atau orang-orang tersayang. Mau tahu apa saja cara-cara untuk mengatasi meriang?

1. Minum obat 

Ada beberapa obat yang sebaiknya dikonsumsi saat meriang, seperti tylenol (acetaminophen) atau motrin (ibuprofen). Walaupun memerlukan waktu kurang lebih satu jam atau lebih bekerja, obat-obatan sejenis ini bisa membantu orang yang meriang jadi lebih nyaman dan meredakan rasa menggigil. 

Maka dari itu, siapkan stoknya di tempat yang mudah ditemukan untuk penanganan cepat saat meriang. Jangan lupa untuk ikuti dosis dan aturan pemakaian di label kemasan. 

Cari tahu rekomendasi obat meriang lainnya di sini: “Ini 5 Pilihan Obat Panas Dingin yang Manjur di Apotek”. 

2. Perbanyak minum

Seseorang bisa jadi kurang makan dan minum karena kehilangan selera ketika mengalami meriang. Hal ini bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan dehidrasi, sehingga membuat kondisi semakin memburuk. 

Kurangnya cairan juga bisa menurunkan tekanan darah, lalu menghalangi aliran darah yang mengantar oksigen ke jantung dan organ tubuh lainnya. Maka dari itu, tetap usahakan minum yang banyak agar kebutuhan cairan dan elektrolit terpenuhi, sehingga tubuh bisa melawan penyakit yang sedang dirasakan. 

3. Hangatkan diri dengan selimut atau pakaian tebal

Pakai selimut dan pakaian yang tebal sampai tubuh cukup sampai merasa hangat dan menggigil mereda. Tapi perlu diingat agar tidak berlebihan, setelah merasa lebih baik, lepas selimut atau pakaiannya agar terhindar untuk panas yang mengganggu. 

Terlalu panas bisa meningkatkan suhu tubuh, dan malah akan menimbulkan rasa tidak nyaman, atau bahkan menyebabkan dehidrasi. 

4. Gunakan kompres hangat

Seka kulit dengan kompres atau waslap yang telah direndam di air hangat sekitar 21 derajat Celsius. Perlu diingat juga untuk menyiapkan air yang lebih hangat daripada suhu ruangan. 

Cara ini bisa mengembalikan suhu tubuh lebih baik daripada menggunakan air biasa atau dingin yang malah bisa memperparah meriang dan juga menggigil.

Mau tahu kenapa meriang bisa membuat tubuh dingin? Yuk cek di sini: “5 Alasan Meriang Sebabkan Tubuh Dingin Meski Tidak Demam”.

5. Perbanyak istirahat 

Biasanya, tubuh akan terasa lelah ketika meriang. Maka dari itu, jangan memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan berat atau menyelesaikan tugas. Sebab, ketika kita beraktivitas, suhu tubuh bisa meningkat dan malah mengganggu upaya tubuh melawan penyakit. 

Ketika kamu tidur, tubuh akan mengeluarkan cytokines, protein yang bertugas melawan infeksi. Artinya, dengan kamu tidur, kamu bisa membuat tubuh merespon terhadap penyakit.

sumber: Halodoc . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna