Informasi Kesehatan

Ini 5 Pilihan Antiseptik yang Ampuh Membasmi Kuman

Ini 5 Penyebab Bibir Bengkak dan Cara Ampuh Mengatasinya

“Bibir bengkak bisa disebabkan oleh alergi, digigit serangga,…

5 Rekomendasi Obat Gatal karena Alergi dengan Resep Dokter

“Gatal-gatal karena alergi bisa diatasi dengan obat alergi…

5 Cara Alami Mengatasi Batuk Kering dengan Cepat

“Batuk kering terjadi tanpa lendir dan dapat dipicu…

Ada berbagai antiseptik yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan tangan hingga mengobati infeksi kulit. Contoh produknya seperti Dettol Antiseptik, Polixide Cairan Antiseptik, Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka, hingga Lukajel Antiseptic Wound Gel.”

Sudah tak asing kan dengan antiseptik? Produk ini merupakan zat kimia yang mampu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme pada permukaan luar tubuh dan membantu mencegah infeksi. Antiseptik umumnya digunakan  di rumah sakit untuk mengurangi risiko infeksi selama operasi atau prosedur lainnya.

Namun, ada berbagai manfaat antiseptik lainnya. Contohnya untuk membersihkan tangan, mengobati infeksi kulit, tenggorokan, dan mulut. Nah, mau tahu apa saja rekomendasi antiseptik yang bagus? 

Berbagai Rekomendasi Antiseptik yang Bagus

Berikut beberapa rekomendasi produk yang baik untuk kamu gunakan:

1. Dettol Antiseptik Cair 95 ml

Ini merupakan salah satu pilihan yang bisa kamu gunakan untuk melindungi diri dari kuman penyakit. Antiseptik berbentuk Cairan ini juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, lecet, gigitan, sengatan serangga, membunuh kuman pada pakaian kotor dan sebagai disinfektan pada peralatan rumah tangga.

Kisaran harga: dari Rp28.000 per botol.

Dapatkan Dettol Antiseptik Cair 95 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Polidine Cairan Antiseptik 500 ml

Pilihan produk lainnya yang juga efektif membunuh kuman adalah Polidine Cairan Antiseptik. Produk ini mampu membersihkan kulit secara umum dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Kisaran harga: Rp91.300 per botol.

Dapatkan Polidine Cairan Antiseptik 500 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Mau tahu apa perbedaan antiseptik dan disinfektan? Baca di artikel ini: “Ini Beda Antiseptik dengan Disinfektan dan Cara Aman Menggunakannya“.

3. Polixide Cairan Antiseptik 500 ml

Produk ini adalah hand sanitizer atau cairan pembersih tangan yang digunakan untuk membunuh kuman secara cepat tanpa dibilas dengan air. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Tuangkan pada telapak tangan, kemudian gosok tangan hingga sela-sela jari. Biarkan cairan antiseptik ini mengering  di tangan tanpa perlu dibilas.

Kisaran harga: Rp 44.000 per botol. 

Dapatkan Polixide Cairan Antiseptik 500 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka 20 ml

Salah satu produk yang juga direkomendasikan adalah Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka. Selain ampuh membunuh kuman dan mencegah infeksi pada luka, produk pembersih luka ini juga praktis dibawa ke mana-mana dengan kemasan yang modern.

Cara menggunakannya pun simple. Berikan cairan antiseptik pada area luka atau yang mengalami infeksi. Ulangi pemakaiannya bila di rasa perlu.

Kisaran harga: Rp15.200 per botol.

Dapatkan Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka 20 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Lukajel Antiseptic Wound Gel 10 g

Produk ini merupakan obat topikal antiseptik berbentuk gel yang efektif untuk mencegah infeksi pada beragam jenis luka pada kulit. Contohnya akibat luka bakar, luka potong, lecet, dan luka sunat. Antiseptik ini mengandung octenidine HCl (0,15%), allantoin (0,2%) dan provitamin B5 (3%).

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu:

  • Bersihkan area luka terlebih dahulu.
  • Setelah kering, oleskan gel secara merata pada area luka 2-3 kali sehari.
  • Tutup kembali tube untuk menghindari kontaminasi.

Kisaran harga: Rp20.000 – Rp26.900 per tube.

sumber: halodoc . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna