Informasi Kesehatan

Kerap Diabaikan, Ini 5 Tanda-Tanda Hamil Muda

1138566708.jpg

Takut Melahirkan? Ini Tips agar Bumil Bisa Mengatasinya

Rasa takut seiring mendekatnya waktu persalinan adalah hal…

Sering Berkeringat di Malam Hari Setelah Melahirkan? Ini Alasan dan Solusinya

Sering berkeringat di malam hari kerap kali dialami…

Ini Jenis Pil KB Beserta Cara Kerja dan Manfaatnya untuk Tubuh

“Pil KB adalah pil yang mengandung hormon estrogen…

“Banyak tanda-tanda hamil muda yang bisa dikenali. Mulai dari keluarnya flek hingga perubahan suasana hati.”

Cara termudah dan tercepat untuk mengetahui kehamilan adalah dengan menggunakan tespack. Namun, sebenarnya ada banyak tanda-tanda hamil muda yang bisa diperhatikan, lho. Apa saja? Yuk simak!

Tanda-Tanda Hamil Muda yang Bisa Dikenali

Selain tidak menstruasi, ada beberapa tanda awal kehamilan lainnya yang bisa dikenali, yaitu:

1. Kram perut dan keluar flek

Dari minggu 1 hingga 4, sel telur yang dibuahi menciptakan blastokista (kelompok sel berisi cairan) yang akan berkembang menjadi organ dan bagian tubuh janin.

Sekitar 10-14 hari setelah pembuahan, blastokista akan berimplantasi di endometrium atau lapisan rahim. Ini dapat menyebabkan kram perut mirip menstruasi dan pendarahan implantasi, yang mungkin disalahartikan sebagai flek biasa.

2. Peningkatan suhu tubuh

Suhu tubuh basal yang lebih tinggi mungkin merupakan tanda-tanda hamil muda. Suhu inti tubuh juga dapat meningkat lebih mudah saat olahraga atau dalam cuaca panas. Selama waktu ini, pastikan untuk minum lebih banyak air dan berolahraga dengan hati-hati.

3. Kelelahan

Kelelahan dapat berkembang kapan saja selama kehamilan. Gejala ini biasa terjadi pada awal kehamilan. Tingkat progesteron akan melonjak, yang dapat membuat kamu merasa mengantuk. Minggu-minggu awal kehamilan bisa membuat kamu merasa lelah. Cobalah untuk cukup tidur setiap harinya.

4. Perubahan suasana hati

Tingkat estrogen dan progesteron akan tinggi selama kehamilan. Peningkatan ini dapat memengaruhi suasana hati dan membuat kamu lebih emosional atau reaktif dari biasanya. 

5. Morning sickness

Mual dan morning sickness biasanya berkembang sekitar minggu ke 4 sampai 6 dan memuncak sekitar minggu ke 9. Meski disebut morning sickness, gejalanya bisa terjadi kapan saja di siang atau malam hari. 

Tidak jelas persis apa yang menyebabkan mual dan mual di pagi hari, tetapi hormon mungkin berperan. Selama trimester pertama kehamilan, banyak wanita mengalami morning sickness ringan hingga berat. 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.