Informasi Kesehatan

Harus Dihindari agar Cepat Sembuh, Ini 9 Pantangan Sakit Tipes

0f8fbaf2e652bde447be59d002029afb.png

Awas Bahaya Obat Nyamuk Bakar bagi Kesehatan

Obat nyamuk bakar dapat digunakan untuk mencegah gigitan…

Ini Hal yang Perlu Dilakukan Bila Sakit

“Apakah kamu sedang merasa sakit dan tidak enak…

Ini 7 Penyebab Keputihan Setelah Haid dan Cara Mengatasinya

“Keputihan setelah haid adalah proses alami tubuh untuk…

“Makanan yang tinggi serat, pedas, dan tinggi lemak adalah makanan pantangan sakit tipes yang sebaiknya dihindari selama proses penyembuhan. Ini karena mereka bisa memperparah gejala.”

Tipes adalah penyakit yang dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, kelelahan, sakit perut, dan diare. Penanganan tipes biasanya dilakukan dengan menggunakan antibiotik, ataupun modifikasi perubahan pola makan untuk membantu meringankan gejala. 

Perubahan pada pola makan ataupun gaya hidup tidak dapat menyembuhkan tipes, namun ini akan sangat membantu kamu untuk mengatasi gejalanya. 

Simak berbagai hal yang harus dihindari agar cepat sembuh dari tipes!

Makanan Pantangan Sakit Tipes

Makanan yang tinggi serat, pedas, dan tinggi lemak sebaiknya dihindari selama proses penyembuhan tipes. Lantas, apa saja makanan pantangan sakit tipes yang harus dihindari agar bisa cepat sembuh? Ini jenisnya:

  • Sayuran mentah, seperti brokoli, kangkung, kembang kol, kol, dan bawang.
  • Buah-buahan,  seperti buah yang dikeringkan, beri mentah, nanas, dan kiwi.
  • Biji-bijian utuh, seperti quinoa, couscous, barley, soba, dan beras merah.
  • Kacang-kacangan, seperti  almond, pistachio, kacang macadamia, dan kenari.
  • Biji-bijian, seperti biji labu, biji rami, dan biji chia.
  • Legum, seperti kacang hitam, kacang merah, lentil, dan buncis.
  • Makanan pedas, seperti cabai, jalapeno, paprika, dan cabai rawit.
  • Makanan berlemak, seperti donat, stik mozzarella, ayam goreng, keripik kentang, dan bawang goreng. 

Walaupun  makanan berserat pada umumnya baik, namun pada kondisi tipes, sebaiknya jenis makanan ini harus dihindari, atau setidaknya dibatasi.

Pasalnya, tak jarang tipes akan diiringi dengan kondisi sindrom iritasi usus besar. Gejalanya ini seperti perut bergas, kembung, dan diare.

Untuk situasi ini, konsumsi makanan berserat harus kamu batasi. Coba lakukan diet khusus seperti dengan makan makanan yang mudah dicerna seperti pisang, nasi putih, saus apel, dan roti panggang dapat membantu mengatasi diare .

Menghindari makanan pedas juga akan membantu proses penyembuhan tipes. Pasalnya, mengonsumsi makanan pedas dapat memperburuk sakit perut dan rasa terbakar pada orang dengan gangguan pencernaan.

Pada dasarnya, makanan yang dihindari selama proses penyembuhan tipes ini dilakukan untuk sementara saja. Ketika kondisi kian membaik, kamu bisa kembali ke pola makan biasa. 

Meningkatkan asupan makanan berserat dapat menyebabkan efek samping yang merugikan, seperti gas dan kembung pada perut dan pencernaan. Mempraktikkan pengolahan kebersihan makanan yang tepat juga dapat mencegah kontaminasi pemicu tipes.

Nah, jika kondisi memburuk, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu penanganan yang tepat bisa diberikan.

Fakta Lain Mengenai Tipes

Selain menghindari pantangan tadi, penting bagi orang yang dirawat karena tipes untuk melakukan beberapa hal berikut: 

  • Minum antibiotik yang diresepkan dokter.
  • Mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan kamar mandi, dan jangan menyiapkan atau menyajikan makanan untuk orang lain. Ini akan menurunkan kemungkinan menularkan infeksi ke orang lain.
  • Melakukan tes untuk memastikan tidak ada bakteri Salmonella Typhi yang tersisa di tubuh.
  • Tipes kerap terjadi di tempat-tempat dengan sanitasi yang buruk dan kekurangan air minum yang aman. Jika kamu tinggal di area berisiko demikian, pastikan kamu mendapatkan vaksin. 
  • Ketika keamanan air minum dipertanyakan, didihkan atau jika tidak memungkinkan, disinfeksi dengan bahan disinfektan yang tersedia di apotek).

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.