Informasi Kesehatan

Catat, Ini Cara Sederhana Atasi Gusi Bengkak pada Anak

cara-mengobati-gusi-bengkak-pada-anak.jpg

Amankah Memberikan Ubi untuk Anak?

Ubi digemari oleh semua kalangan, tak terkecuali anak-anak,…

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi di Malam Hari

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam…

Ketahui Cara Pijat Bayi yang Benar

Pijat bayi dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya…

“Gusi bengkak bisa menimbulkan rasa nyeri yang membuat anak tidak nyaman. Untuk meredakannya, ada beberapa cara sederhana yang bisa ibu lakukan, seperti meminta anak berkumur air garam, memberikan kompres es batu, dan lain-lain.”

Gusi bengkak merupakan masalah mulut dan gigi yang juga umum terjadi pada anak-anak. Biasanya, penyebabnya adalah infeksi bakteri akibat mengonsumsi makanan manis.

Masalahnya, kondisi tersebut bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, seperti nyeri bahkan demam. Namun, jangan khawatir, bila Si Kecil mengalami kondisi tersebut, ada beberapa cara sederhana yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi gusi bengkak pada anak.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak pada Anak

Berikut beberapa cara sederhana yang bisa ibu coba di rumah untuk mengatasi gusi bengkak pada anak.

1. Kumur air garam

Cara pertama yang bisa ibu coba untuk mengatasi gusi bengkak pada anak adalah minta ia untuk berkumur air garam. Larutan ini mampu meredakan peradangan yang menjadi pemicu gusi bengkak. 

Garam sendiri bersifat antiseptik yang mampu membunuh bakteri jahat dalam mulut. Untuk mendapatkan manfaatnya, ibu dapat mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. 

Mintalah anak berkumur dengan air garam sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang maksimal. Namun, hati-hati, pastikan anak tidak menelan larutan tersebut. 

2. Kompres dengan es batu

Kompres es batu juga efektif dalam meredakan pembengkakan gusi pada anak. Rasa dingin pada es batu mampu mengurangi nyeri yang muncul, karena saraf pembuat rasa nyeri menjadi mati rasa. 

Untuk menggunakan cara ini. ibu dapat mengambil es batu, kemudian bungkus dengan handuk kecil. Lalu, tempatkan pada area wajah anak yang mengalami pembengkakan.

3. Jaga kesehatan gigi dan mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut harus ibu ajarkan sejak dini kepada anak. Tujuannya untuk mencegah terjadinya masalah mulut dan gigi, salah satunya gusi bengkak. 

Terkadang anak mungkin malas untuk melakukannya. Oleh karena itu, ibu bisa membuat aktivitas tersebut senyaman dan semenyenangkan mungkin.

Caranya, ibu dapat melakukan kegiatan menyikat gigi bersama, dengan memilih pasta gigi sesuai dengan keinginan anak.

Dengan kegiatan tersebut, ibu dapat mengajarkan bagaimana cara menyikat gigi dengan benar. 

Saat anak mengalami gusi bengkak, penting untuk tetap melakukan kebiasaan ini. Ibu bisa membantu Si Kecil menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang, tapi lakukan dengan lembut. Jangan sampai mengenai gusi yang bengkak.

Selain malas sikat gigi, ada Berbagai Penyebab Gusi Bengkak yang Perlu Diketahui agar ibu bisa membantu anak mencegah masalah mulut dan gigi tersebut.

4. Hindari makanan tertentu

Menghindari makanan manis menjadi salah satu tips mengatasi gusi bengkak. Pasalnya, plak pada gigi terbentuk akibat konsumsi gula berlebihan. 

Jika gigi tidak kamu bersihkan dengan baik, plak tersebut bisa memperparah pembengkakan gusi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari dulu memberikan anak makanan manis. Ibu bisa memberikan makanan yang lembut dan mudah dikunyah pada anak saat sedang sakit gigi.

5. Berikan obat pereda nyeri

Bila anak tidak bisa beristirahat karena rasa nyerinya mengganggu, ibu bisa memberinya obat pereda nyeri.

Obat ini berfungsi untuk menghilangkan nyeri, serta menghentikan penyebaran infeksi. 

6. Berikan banyak cairan

Hal yang terakhir, pastikan Si Kecil minum cukup air karena hal ini bisa meningkatkan produksi air liur, yang membantu mengurangi kuman di mulut.

Hubungi Dokter Gigi Jika Mengidap Gusi Bengkak

Jika gusi bengkak yang Si Kecil alami tak kunjung sembuh, kamu bisa menghubungi dokter gigi terlebih dahulu untuk mengetahui cara mengatasinya. 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.