Informasi Kesehatan

Ini 6 Hal yang Membuat Bayi Menendang dalam Perut?

032505700_1524221009-Cara-Menghitung-Berat-Badan-Ideal-Saat-Hamil-By-Africa-Studio-shutterstock.jpg

Manfaat Vitamin K untuk Bayi Baru Lahir

Setiap bayi baru lahir perlu mendapatkan vitamin K…

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dengan Aman

Dahak atau lendir biasanya muncul ketika bayi menderita…

Ini Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi yang Ibu Wajib Tahu

“Penyebab umum lidah putih pada bayi adalah sisa…

Selain pernikahan, kehamilan menjadi momen yang membahagiakan bagi wanita. Salah satu hal yang ditunggu-tunggu selama masa kehamilan adalah pergerakan bayi dalam kandungan. Meski gerakan yang dibuat terkadang tidak terasa nyaman, tetapi hal tersebut menjadi momen yang membahagiakan. Lincahnya gerakan janin menjadi pertanda jika ia memiliki kondisi yang sehat. Apa saja yang menjadi penyebab bayi menendang dalam perut? Berikut ini penyebabnya:

1.Makan Pisang

Makan pisang menjadi salah satu penyebab bayi menendang dalam perut. Hal tersebut dikarenakan kandungan potasium atau gula alami dalam pisang yang membuat bayi menjadi lebih aktif bergerak.

2.Menyenteri Perut

Saat menginjak trimester ketiga kehamilan, bayi sudah dapat membuka mata dan mulai mengembangkan kemampuan melihatnya. Ia juga sudah bereaksi terhadap cahaya yang menyinari perut. Jika ibu ingin melihat pergerakannya, menyenteri perut bisa menjadi salah satu penyebab bayi menendang dalam perut.

3.Makan Permen

Makan permen membuat janin dalam kandungan mengalami sugar rush, sehingga lebih aktif bergerak dan bersemangat. Hal tersebut terjadi karena permen mengandung gula yang memberikan energi lebih pada tubuh ibu, energi tersebut ikut ditransfer pada janin dalam kandungan, sehingga membuatnya bergerak aktif.

4.Posisi Berbaring

Saat ibu berbaring, Si Kecil dalam kandungan biasanya akan lebih sering menendang dalam perut. Jika ibu terlalu aktif bergerak, janin akan merasakan pergerakan dari dalam perut, sehingga membuatnya tidur. Jika ibu berhenti bergerak dan berbaring, janin dalam perut akan menyadarinya. Ia akan terbangun dan membuat gerakan menendang dari dalam perut.

5.Lakukan Hal yang Memicu Adrenalin

Penyebab bayi menendang dalam perut selanjutnya adalah ibu melakukan hal yang memicu naiknya adrenalin. Jika ibu ingin melihat reaksinya, cobalah untuk melakukan hal-hal yang membuat ibu gugup atau bersemangat. Meskipun begitu, ibu dilarang untuk melakukan hal-hal yang membahayakan janin, ya. Memicu adrenalin dapat dilakukan dengan menonton film horor atau action, bahkan bisa dilakukan dengan memikirkan saat proses persalinan.

6.Mandi Air Hangat

Mandi air hangat menjadi penyebab bayi menendang dalam perut yang terakhir. Kehamilan memang begitu melelahkan. Apalagi saat memasuki trimester ketiga. Tidak ada salahnya sesekali memanjakan diri dengan mandi atau berendam air hangat. Dengan cara ini, bukan hanya ibu saja yang merasakan rileks, janin dalam kandungan pun merasakannya. Nah, tendangan yang dilakukan bayi adalah refleks ia merasa bahagia karena rasa nyaman yang ibu berikan.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab bayi menendang dalam perut. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan diri secara rutin di rumah sakit terdekat selama masa kehamilan ya, bu. 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurn