Informasi Kesehatan

Waspada, Ini Berbagai Hal Sepele Penyebab Mata Merah

mata_merah2.jpg

Mencegah Bahaya Oksidasi dalam Tubuh dengan Antioksidan

Reaksi oksidasi yang terjadi di dalam tubuh dapat…

Deteksi Kangker Serviks dengan IVA Test

PENGERTIAN IVA IVA Test(inspeksi visual dengan asam asetat)…

ini 6 Komplikasi Luka Borok Diabetes yang Perlu Diwaspadai

“Luka borok karena diabetes perlu segera mendapatkan penanganan.…

“Ada beberapa hal sederhana yang bisa menyebabkan mata merah. Seperti misalnya kemasukan debu, terlalu lama menatap layar laptop, menggosok-gosok mata, dan lain-lain.”

Mata merah adalah kondisi gangguan kesehatan umum yang bisa disebabkan oleh hal sepele. Beberapa hal sederhana yang bisa menyebabkan mata merah adalah kemasukan debu, terlalu lama menatap layar laptop, menggosok-gosok mata, dan lain-lain.

Sebagian besar kondisi mata merah bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, bila tidak segera ditangani, bukan tak mungkin bisa mengakibatkan kondisi yang lebih serius. Kemudian, mata merah juga bisa jadi indikasi kalau kamu memiliki gangguan kesehatan serius.

enyebab Mata Merah yang Sering Diabaikan

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa ada banyak hal sepele yang menyebabkan mata merah. Mata merah dapat mengindikasikan iritasi ringan atau kondisi yang lebih serius, seperti infeksi.

Pada dasarnya mata merah terjadi ketika pembuluh darah kecil di permukaan mata membesar dan tersumbat oleh darah. Mata merah tidak perlu terlalu dikhawatirkan, namun, jika mata sudah berasa sakit, berair, kering, ataupun mengalami gangguan penglihatan lain,  ini bisa mengindikasikan masalah medis yang serius.

Lantas, apa saja berbagai hal sepele penyebab mata merah?

  • Alergi.
  • Goresan pada mata.
  • Mata kering karena AC ataupun cuaca dingin. 
  • Terkena debu karena membawa motor.
  • Berenang tanpa kacamata.
  • Kemasukan bulu mata yang kemudian digosok-gosok.

Penanganan untuk Kondisi Mata Merah karena Hal Sepele

Hal-hal sepele ini yang menyebabkan mata merah ini hanya menyebabkan gejala singkat. Saat kamu sudah tahu cara mengatasi penyebabnya, maka mata merah akan segera sembuh.  Ingat, mata adalah bagian tubuh yang sensitif, sehingga kamu perlu berhati-hati ketika mengusapnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari berbagai hal sepele penyebab mata merah, yaitu:

1. Oleskan Kompres Dingin

Kompreskan handuk dingin pada mata tertutup beberapa kali setiap hari untuk membantu mengurangi gejala seperti kemerahan dan bengkak.

2. Minum Obat yang Dijual Bebas 

Antihistamin atau dekongestan OTC dapat membantu mengurangi mata merah. Obat-obatan seperti ibuprofen dan acetaminophen juga tersedia tanpa resep untuk membantu meredakan ketidaknyamanan atau pembengkakan.

3. Hindari Pemicu Iritasi

Cobalah untuk mengurangi kontak dengan pemicu iritasi seperti serbuk sari, asap, atau asap bahan kimia.

4. Cuci Tangan

Pastikan untuk sering mencuci tangan dan Hindari menyentuh mata atau area sekitarnya jika tangan tidak bersih.

5. Hindari Riasan 

Kalau mata sedang bermasalah, jangan menggunakan riasan sampai mata sembuh. 

6. Batasi Waktu Menatap Layar

Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer, TV, atau layar ponsel dapat menyebabkan kelelahan mata dan mata kering, jadi cobalah untuk mengurangi waktu menatap layar.

 

Sumber: Halodoc. com

 Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.