Informasi Kesehatan

Waspada, Ini Ciri-Ciri Tipes yang Paling Sering Diabaikan

Ini-X-Gejala-Tipes-pada-Orang-Dewasa-yang-Perlu-Diwaspadai-01.jpg

Eksim

Pengertian Eksim Eksim adalah istilah terkait gangguan pembengkakan…

Inilah 5 Penyebab Keputihan Gatal

Ada beragam faktor yang bisa menjadi penyebab keputihan…

10 Jenis Penyakit Jantung Bawaan yang Perlu Diketahui

“Ada banyak jenis penyakit jantung bawaan yang bisa…

“Ada beberapa ciri-ciri tipes yang paling sering diabaikan, seperti kedinginan, sakit kepala, nyeri tubuh dan nyeri otot. Jika tidak ditangani, komplikasi yang tidak diinginkan bisa saja terjadi.”

Tipes adalah penyakit yang ciri-cirinya hampir sama dengan penyakit lain, sehingga sering diabaikan. Ciri-ciri tipes yang umum adalah nafsu makan berkurang, dehidrasi, demam, batu kronis, dan sembelit.

Namun, ada juga beberapa ciri-ciri tipes yang paling sering diabaikan. Ingat, mengabaikan gejala tipes dapat menyebabkan komplikasi dan gangguan kesehatan yang lebih serius. Seperti misalnya pendarahan di usus, radang otot jantung, radang paru-paru, infeksi ginjal, sampai ke infeksi kandung kemih. Yuk, segera tanggapi dengan cepat tiap gejala tipes yang mungkin terjadi berikut ini! 

Ciri-Ciri Tipes yang Paling Sering Diabaikan 

Ciri-ciri tipes yang paling sering diabaikan adalah demam yang dibarengi dengan kedinginan, sakit kepala, nyeri tubuh dan nyeri otot. Pengidapnya bahkan juga bisa mengalami perubahan mental mulai dari kebingungan hingga koma, pembesaran kelenjar getah bening, ruam, sampai kepada kegagalan organ. Ini semua sangat mungkin terjadi jika gejala tidak segera ditangani.

Kebanyakan orang yang terinfeksi tipes akan membaik setelah mendapatkan pengobatan antibiotik. Pemberian vaksin tipes dapat mencegah penyakit memburuk. Biasanya vaksin ini diberikan kepada orang yang akan melakukan perjalanan ke daerah di mana penyakit tipes sering terjadi.

Penyakit tipes masih umum ditemukan di negara-negara Asia Tenggara dan Amerika Selatan. Anak-anak juga lebih berisiko mengalami penyakit tipes ketimbang orang dewasa. Faktor risiko lain untuk seseorang bisa terinfeksi tipes adalah jika melakukan perjalanan ke daerah yang memang masih tinggi infeksi penyakit ini ataupun yang sanitasinya kurang bersih.

Memiliki kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi atau baru saja terinfeksi tipes dan juga minum air yang tercemar oleh limbah yang mengandung Salmonella typhi, juga memperbesar risiko tipes.

Pencegahan Tipes dan Penanganannya

Mengonsumsi air minum bersih, mendapatkan sanitasi yang baik, dan perawatan medis yang memadai dapat membantu mencegah dan mengendalikan tipes. Vaksin dianjurkan jika kamu tinggal atau bepergian ke daerah di mana risiko terkena tipes cukup tinggi. 

Sejauh ini ada dua vaksin tipes yang tersedia, yaitu vaksin pertama diberikan setidaknya satu minggu sebelum perjalanan, dan vaksin yang diberikan dalam bentuk kapsul dan diminum. Namun sayangnya tidak ada vaksin yang 100 persen efektif. Mereka pun membutuhkan imunisasi berulang karena seiring perjalanan waktu efektivitas vaksin bisa berkurang.

Karena keberadaan vaksin tidak akan memberikan perlindungan lengkap, maka kamu perlu mempraktikkan pola hidup bersih, seperti:

1. Mencuci Tangan

Sering mencuci tangan dengan air dan sabun adalah cara terbaik untuk mengendalikan infeksi. Cucilah tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan dan setelah menggunakan toilet. Bawalah pembersih tangan berbasis alkohol untuk saat-saat ketika air tidak tersedia.

2. Hindari Minum Air yang Tidak Diolah

Air minum yang tercemar merupakan masalah khusus di daerah yang memang tinggi risiko infeksi tipes. Kamu disarankan untuk hanya mengonsumsi air yang berada dalam kemasan. 

3. Minta Minuman Tanpa Es

Bila kamu tidak bisa memastikan kebersihan es yang digunakan, maka jangan pernah minta minum dengan es.

4. Hindari Buah dan Sayuran Mentah

Kalau memang ingin makan buah dan sayur, pastikan kalau buah dan sayur tersebut sudah dicuci dengan air bersih.

5. Pilih Makanan Panas

Hindari makanan yang disimpan atau disajikan pada suhu kamar. Memanaskan makanan dapat membantu membunuh kuman dan bakteri.

 

 

Sumber: Halodoc. com

 Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.