Informasi Kesehatan

Ibu, Ini Aturan Pakai Bra saat Menyusui

best-bra-for-breast-shape-2000-dd92c89fe5894e528c8466b54b8504c2.jpg

5 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Manfaat minum air putih sebelum tidur dipercaya baik…

Segudang Manfaat Bawang Hitam bagi Kesehatan

Kebanyakan dari kita mungkin masih asing dengan bawang…

Mengenal Art Therapy untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Art therapy atau terapi seni adalah salah satu jenis…

“Bra menyusui harus mendukung payudara tetapi tidak terlalu ketat. Bra menyusui yang aman tidak meninggalkan lekukan atau bekas pada kulit.” Untuk ibu menyusui, pemilihan dan penggunaan bra yang tepat sangat penting untuk menunjang kenyamanan ibu dan anak. Pasalnya, bra yang terlalu sesak dapat mengganggu kenyamanan busui.

etelah melahirkan payudara akan terisi dengan ASI yang membuatnya menjadi berat dan membutuhkan perawatan suportif. Bra yang baik akan menopang ligamen di dalam dan di sekitar payudara untuk bekerja menahan beban ekstra dari payudara yang lebih penuh dan lebih berat. Yuk, baca selengkapnya aturan pemilihan dan penggunaan bra saat menyusui di sini!

Cara Memilih Bra yang Tepat untuk Menyusui

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa penggunaan bra yang tepat dapat membantu proses menyusui dan memberikan kenyamanan kepada ibu.  Untuk itu, ibu perlu mengetahui aturan penggunaan bra yang baik selama menyusui.

Nah, berikut hal yang perlu diperhatikan:

1. Bra yang Dengan Mudah Bisa Diakses

Ada baiknya ibu memilih bra menyusui yang dirancang dengan penutup atau panel agar mudah dibuka dan memberi bayi akses ke payudara tanpa harus melepas seluruh bra. 

2. Bahan yang Aman dan Nyaman

Bra menyusui harus mendukung payudara tetapi tidak terlalu ketat. Bra menyusui yang aman tidak meninggalkan lekukan atau bekas pada kulit. Jika bra terlalu ketat, itu bisa menyebabkan saluran susu tersumbat, mastitis atau penurunan suplai ASI. 

3. Melakukan Pengukuran saat Hendak Membeli Bra

Lakukan pengukuran bra di toko pakaian dalam baru atau minta spesialis bra di pakaian dalam atau toko bersalin untuk melakukannya. Penjual bra khusus busui dapat memberikan rekomendasi bra yang tepat dan sesuai. 

4. Menjaga Kebersihan Bra

Akan lebih baik bila busui memiliki setidaknya beberapa bra untuk ganti. Jangan pernah menggunakan bra yang sudah kotor ataupun sudah basah. Ini karena kelembapannya akan membuat kulit payudara mengalami iritasi. 

5. Memilih Cup Bra yang Tepat

Bentuk payudara dapat berubah saat ibu menyusui sehingga ibu membutuhkan bra dengan cup yang melar. Idealnya, cup bra haruslah dilapisi dengan kapas atau kain penyerap kelembapan sehingga tidak mengiritasi kulit payudara maupun puting. 

Tetapkan rutinitas memeriksa payudara dan puting secara teratur. Mempelajari cara mengidentifikasi, mencegah, dan mengobati kondisi yang dapat terjadi selama menyusui dapat membantu menghindari masalah dan mengatasi ketidaknyamanan lebih cepat.

Perawatan Payudara saat Menyusui

Selain memilih bra yang tepat, ada beberapa hal lain yang bisa busui lakukan dalam rangka merawat payudara saat menyusui, yaitu:

1. Mandi Setiap Hari

Gunakan air bersih untuk membasuh payudara dan puting. Pilihlah sabun yang lembut membersihkan kulit payudara dan puting. 

2. Kompres Puting

Saluran susu dapat tersumbat dan menyebabkan rasa sakit pada payudara. Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan, seperti:

  • Oleskan kompres hangat ke area yang terkena sebelum menyusui.
  • Membiarkan bayi sesering mungkin untuk menyusu. 
  • Saat menyusui, pijat area yang mengeras, gerakkan jari-jari dari dada ke arah puting susu.
  • Gunakan jemari tangan atau pompa untuk memeras ASI yang tertinggal di payudara yang tersumbat setelah menyusui.
  • Oleskan kompres dingin setelah menyusui untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak.
  • Jangan lupa untuk meluangkan lebih banyak waktu untuk istirahat, makan makanan yang sehat, dan minum cukup cairan.

 

Sumber: Halodoc.com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.