Informasi Kesehatan

Apakah Benar Kulit Manggis Baik untuk Kesehatan?

kulit_manggis.jpg

Acne Vulgaris, Kenali Penyebab dan Langkah Penanganannya

Acne vulgaris merupakan istilah medis yang merujuk pada…

Hidup Lebih Sehat dengan Menjaga Kesehatan Paru-paru

Paru-paru merupakan organ pada sistem pernafasan yang berhubungan…

5 Pilihan Obat Koreng untuk Penyembuhan Luka Lebih Cepat

Berbagai Macam Obat Koreng yang Bisa Digunakan Untuk…

Berbagai Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Ada beragam manfaat kulit manggis untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengurangi peradangan

Kandungan xanthone dan vitamin C pada kulit manggis dipercaya dapat mengatasi peradangan yang disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti radang sendi atau penyakit autoimun.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas kulit manggis untuk mengurangi kondisi peradangan pada manusia.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Ekstrak kulit manggis memiliki kandungan serat yang diyakini baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah penumpukan kolestrol di dalam pembuluh darah. Dengan demikian, risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke pun akan menurun.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan xanthone pada kulit manggis dipercaya dapat menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker, misalnya kanker payudara dan kanker paru-paru.

Selain itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa efek antikanker pada kulit manggis dapat menghambat perkembangan kanker usus besar. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas kulit manggis untuk mengatasi kanker.

4. Mengontrol gula darah

Manfaat kandungan xanthone yang tidak kalah penting pada kulit manggis adalah mengontrol kadar gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Manfaat ini menjadikan kulit manggis sebagai salah satu obat herbal yang memiliki potensi untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter lebih dulu bila ingin menggunakan kulit manggis sebagai pengobatan diabetes.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Sebuah studi menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak kulit manggis dapat menurunkan gejala peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya.

 

Sumber: Alodokter.com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.