Informasi Kesehatan

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi di Malam Hari

2_Nasal_Aspirator.width-1000_.jpg

Cara Merawat Gigi Susu Bayi agar Tetap Sehat

Gigi susu bayi berfungsi untuk membantu bayi mengunyah…

Anak Aktif di Luar Ruangan Rentan Mengalami Batuk Pilek?

Bermain di luar ruangan merupakan kegiatan yang sangat…

Manfaat Bayi Mandi Malam agar Ia Tidur Nyenyak

Memandikan bayi di malam hari dianggap bisa membuatnya…

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari perlu diketahui oleh setiap orang tua. Pasalnya, kondisi hidung tersumbat di malam hari dapat mengganggu waktu tidur bayi dan membuatnya tidak bisa bernapas dengan bebas.

Hidung tersumbat pada bayi disebabkan oleh lendir yang menumpuk di hidung dan saluran napasnya. Lendir ini sebenarnya merupakan mekanisme tubuh bayi untuk mengeluarkan kuman.

Selain disebabkan oleh penumpukan lendir, hidung tersumbat pada bayi juga bisa dikarenakan paparan debu, bulu hewan peliharaan, atau udara kering yang mengiritasi hidungnya.

Meski umumnya tidak berbahaya, hidung tersumbat di malam hari dapat membuat bayi batuk lebih sering. Hal ini tentu dapat mengganggu waktu tidurnya. Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada berbagai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari yang bisa orang tua lakukan.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi di Malam Hari

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari bertujuan untuk mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasannya. Berikut adalah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa orang tua lakukan:

1. Menggendong bayi dalam posisi tegak

Bayi akan sulit bernapas dan menjadi rewel jika tidur dalam posisi telantang ketika mengalami hidung tersumbat. Untuk membuatnya bernapas lebih lega, gendonglah Si Kecil dalam posisi tegak sambil perlahan menidurkannya kembali.

2. Memperbanyak asupan cairan bayi

Tercukupinya asupan cairan tubuh dapat membantu meredakan tenggorokan kering dan mengencerkan lendir penyebab hidung tersumbat pada bayi. Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan cairan Si Kecil sebagai salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari.

Jika Si Kecil masih berusia di bawah 6 bulan, Anda dapat menyusuinya lebih sering. Namun, jika usia Si Kecil sudah cukup untuk mengonsumsi MPASI, Anda bisa memberikannya air putih hangat.

3. Menggunakan pipet karet (rubber bulb)

Rubber bulb adalah pipet karet yang berfungsi untuk menyedot lendir penyebab hidung tersumbat pada bayi. Sebelum menggunakan alat ini pada Si Kecil, Anda dianjurkan untuk melakukan sterilisasi dengan merebus rubber bulb. Setelah itu, diamkan rubber bulb sampai tidak panas.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari menggunakan rubber bulb:

  • Pencet benjolan rubber bulb.
  • Masukkan ujung rubber bulb ke lubang hidung Si Kecil.
  • Lepaskan bulb secara perlahan untuk mengisap lendir.
  • Kosongkan bulb dengan membuang isinya ke mangkuk atau tisu.

Sebelum disimpan kembali, jangan lupa untuk membersihkan alat ini dengan cara memencet dan melepaskan bulb berulang kali di dalam mangkuk berisi air matang. Selain itu, Anda juga bisa merebusnya kembali.

4. Menyemprotkan salin

Salin adalah air larutan garam. Anda bisa membeli produk ini di apotek atau membuatnya sendiri dengan mencampurkan 1 cangkir air suam-suam kuku dan ¼ sendok teh garam.

Untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari, Anda dapat menyemprotkan atau meneteskan salin sebanyak 3–4 tetes pada masing-masing lubang hidung Si Kecil. Hal ini dilakukan untuk mengencerkan lendir agar ia lebih mudah bernapas.

5. Memandikan bayi dengan air hangat

Sebelum Si Kecil tidur, cobalah mandikan ia dengan air hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat dapat mengencerkan lendir sehingga meredakan hidung tersumbat.

Selain memandikan bayi, Anda juga dapat menggunakan baskom berisi air hangat sebagai cara meredakan hidung tersumbat pada bayi di malam hari. Taruhlah baskom tersebut di dekat kaki Anda, lalu dudukkan Si Kecil di pangkuan Anda agar ia lebih mudah menghirup uap yang keluar dari baskom.

6. Menggunakan humidifier

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari menggunakan humidifier bisa dibilang merupakan cara yang paling praktis.

Humidifier adalah alat untuk melembapkan udara. Uap yang dihasilkan dari alat ini dapat membantu mengencerkan lendir penyebab hidung tersumbat. Alat ini cukup mudah untuk digunakan dan bisa dinyalakan selama Si Kecil tidur.

7. Memijat bayi

Memijat area pangkal hidung, dahi, pelipis, dan tulang pipi Si Kecil dapat membantunya bernapas lebih nyaman. Memijat atau menepuk punggungnya dengan lembut juga dapat meredakan rewel dan membuatnya tidur nyenyak.

Hindari mengoleskan balsam pelega hidung tersumbat ke dada Si Kecil. Ini merupakan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari yang tidak boleh dilakukan pada anak berusia di bawah 2 tahun.

Hidung tersumbat pada bayi umumnya bersifat sementara. Namun, segera periksakan Si Kecil ke dokter jika ia berusia kurang dari 3 bulan dan jika hidung tersumbat yang dialami Si Kecil membuatnya sulit bernapas atau menyusu.

Anda juga sebaiknya memeriksakan Si Kecil ke dokter jika ia mengalami hidung tersumbat yang disertai dengan demam, lesu, dan batuk yang tidak kunjung reda meski telah menerapkan berbagai cara di atas.

 

Sumber: Alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.