Informasi Kesehatan

4 Manfaat Jamur Enoki bagi Kesehatan

images---2020-06-25t084036.827_copy_800x500_.jpeg

Mengenal 4 Komponen Darah dan Fungsinya bagi Tubuh

Darah terdiri dari empat komponen, yaitu sel darah…

Segala Hal Mengenai Psikologi Kesehatan yang Perlu Diketahui

 Psikologi kesehatan adalah bidang khusus yang berfokus pada…

5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

Rasanya yang manis membuat buah pisang disukai oleh…

Manfaat Jamur Enoki bagi Kesehatan Tubuh

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, jamur enoki tak hanya lezat dijadikan hidangan, tetapi juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah berbagai manfaat jamur enoki bagi tubuh:

1. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Jamur enoki mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah efek buruk radikal bebas. Antioksidan ergothioneine dalam jamur ini diduga mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan hiperpigmentasi.

2. Menurunkan kadar kolesterol darah

Manfaat jamur enoki selanjutnya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini karena jamur enoki mengandung banyak serat yang dapat mempercepat penguraian kolesterol, sehingga mengurangi kadar trigliserida, kolesterol total, lemak jahat atau LDL, dan pengeluaran kolesterol pada feses.

3. Menjaga kesehatan jantung

Tingginya kadar kolesterol dalam darah menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung. Konsumsi jamur enoki diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol darah, sehingga memengaruhi kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam jamur enoki juga dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis, yaitu penumpukan plak lemak di pembuluh darah arteri yang menjadi penyebab umum penyakit jantung.

4. Menghambat perkembangan sel kanker

Jamur enoki memiliki zat antikanker bernama flammulin dan proflamin yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, salah satunya kanker payudara dan kanker serviks.

Efek antikanker pada jamur enoki ini juga terlihat dari kemampuannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan sel kanker.

 

Kandungan Nutrisi dalam Jamur Enoki

Jamur enoki diketahui kaya akan serat dan rendah lemak, sehingga cocok untuk dimasukkan dalam menu diet harian. Selain itu, dalam 65 gram jamur enoki mentah juga terkandung air, protein, karbohidrat, magnesium, selenium, vitamin D, zinc, zat besi, niacin, asam pantotenat, tiamin, riboflavin, folat, dan fosfor.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jamur enoki juga menjadikannya baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa antioksidan yang ditemukan dalam jamur enoki antara lain asam galat, asam ferulat, quercetin, asam klorogenat, pirogalol, dan asam ellagic.

 

Sumber: alodokter. com

 Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.