Informasi Kesehatan

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan

61e787ad3872a.jpg

Tips Mengontrol Gula Darah Saat Puasa bagi Penderita Diabetes

Selain menahan lapar dan haus, mengontrol gula darah…

Nyeri Leher Bagian Belakang? Begini Cara Mengatasinya

Nyeri leher atau sakit leher pada bagian belakang…

Sering Ngemil Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

“Jangan ngemil kebanyakan, nanti gemuk, lho!” Mungkin kamu…

Manfaat Lada Hitam

Lada hitam memiliki manfaat signifikan untuk kesehatan, yaitu: 

1. Mengontrol Gula Darah

Piperin dapat membantu meningkatkan metabolisme gula darah. Mengonsumsi lada hitam dapat menurunkan lonjakan kadar gula darah secara signifikan. Selain itu, mengonsumsi suplemen yang mengandung piperin dapat mengalami peningkatan sensitivitas insulin yang signifikan.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol dan tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Ekstrak lada hitam ini ternyata berpotensinya untuk mengurangi kadar kolesterol. Selain itu, lada hitam dan piperin diyakini dapat meningkatkan penyerapan suplemen makanan yang memiliki potensi efek penurun kolesterol seperti kunyit dan beras ragi merah.

3. Anti-Kanker

Senyawa aktif dalam lada hitam piperin memiliki sifat melawan kanker. Piperin memperlambat replikasi sel kanker payudara, prostat, dan usus besar. Ini karena piperin mampu menginduksi kematian sel kanker.

4. Menjaga Imun Tubuh

Sistem kekebalan yang kuat penting untuk membantu melawan penyakit, dan lada hitam berperan penting dalam mendukung imun tubuh. Senyawa aktif pada lada hitam dapat meningkatkan sel darah putih, yang digunakan tubuh untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang.

5. Aktif Melawan Patogen

Rempah-rempah bisa menjadi bahan yang kuat untuk melawan penyakit menular dan patogen bawaan makanan. Lada hitam dapat meningkatkan kesehatan usus. Susunan bakteri usus telah dikaitkan dengan fungsi kekebalan tubuh, suasana hati, penyakit kronis, dan banyak manfaat lain untuk kesehatan. 

Pada dasarnya lada hitam dianggap aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang biasa digunakan dalam makanan dan masakan. Namun, makan lada hitam dalam jumlah besar atau mengonsumsi suplemen dosis tinggi dapat menyebabkan efek samping seperti sensasi terbakar di tenggorokan atau perut.

Terlebih lagi, lada hitam dapat meningkatkan penyerapan dan ketersediaan beberapa obat, termasuk antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala alergi. Meskipun lada hitam berguna untuk penyerapan obat-obatan, namun ini juga bisa mengakibatkan penyerapan yang berlebihan. 

Sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa lada hitam menyebabkan risiko kesehatan utama dan efek samping. Mengonsumsi lada hitam untuk kesehatan ataupun lada hitam dalam bentuk suplemen bisa dilakukan, tapi ada baiknya konsultasikan dengan dokter. 

Perlu diingat, mengonsumsi terlalu banyak lada hitam dapat menyebabkan gangguan pencernaan, ini berlaku untuk sebagian besar bumbu dan rempah-rempah. Mengonsumsi lada hitam dalam jumlah besar pun dapat menyebabkan sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan.

 

Sumber: Halodoc.com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna