Informasi Kesehatan

4 Manfaat Mengonsumsi Teh Kombucha bagi Kesehatan

yYa0RD2ofm.jpg

Inilah Penyebab Gigi Sensitif dan Penanganannya

Anda mungkin mengalami gigi sensitif jika merasa ngilu…

5 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Beragam Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur Berikut…

Ini Penyebab Kadas pada Kulit dan Cara Ampuh Mengatasinya

“Kadas pada kulit dapat terjadi akibat kontak langsung…

Manfaat Teh Kombucha

Teh yang dikenal juga dengan sebutan teh jamur ini mengandung vitamin B, sedikit alkohol, antioksidan, natrium, gula, dan probiotik.

Berdasarkan hasil penelitian, teh kombucha diketahui memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan antioksidan dan probiotik pada minuman teh kombucha dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, memerangi bakteri jahat penyebab infeksi, mengurangi peradangan, serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Studi penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa kombucha yang kaya antioksidan dan probiotik bermanfaat untuk membantu proses pembuangan zat beracun pada organ hati. Efek ini dianggap baik untuk memelihara kesehatan hati.

2. Mencegah kanker

Teh kombucha diduga dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Ini berkat kandungan antioksidan polifenol di dalamnya. Namun, efek antikanker teh kombucha sebagai pencegahan penyakit kanker sejauh ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Menurunkan kadar gula darah

Pada studi penelitian yang dilakukan terhadap hewan percobaan, diketahui bahwa kombucha dapat memperlambat pencernaan karbohidrat di dalam tubuh. Efek kombucha ini dianggap dapat mengurangi kadar gula darah, sehingga dipercaya baik untuk penderita diabetes.

4. Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan ginjal

Studi penelitian kecil pada hewan percobaan di laboratorium menunujukkan bahwa kombucha bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Bersamaan dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, efek kombucha ini baik untuk kesehatan jantung dan ginjal.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Kombucha

Kepopuleran teh kombucha membuat sebagian orang tertarik untuk membuat teh fermentasi ini sendiri di rumah. Namun sebenarnya, hal tersebut tidak disarankan. Kesalahan dalam proses pembuatan bisa menyebabkan teh kombucha terkontaminasi bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan.

Minuman teh kombucha ini juga memiliki beberapa efek samping, seperti sakit kepala dan mual, jika diminum terlalu banyak. Beberapa efek ini diduga karena kandungan alkohol di dalam teh kombucha yang terbentuk dari proses fermentasi alami.

Selain itu, minuman ini juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, bayi dan anak-anak, pecandu alkohol, penderita penyakit hati, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

 

Sumber: alodokter. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.