Informasi Kesehatan

Panduan Memilih Produk Perawatan Tubuh yang Aman untuk Bayi

Produk_Lokal_Pilihan_Sebagai_Produk_Bayi_Terbaik.jpg

Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua Baru

Menjadi orang tua memang bukanlah hal yang mudah,…

6 Bahaya Cium Bayi Sembarangan yang Jarang Diketahui

“Mencium atau menyentuh bayi merupakan hal yang biasa…

Memilih Obat Antinyamuk yang Aman untuk Bayi

Obat antinyamuk kerap menjadi pilihan untuk mencegah gigitan…

Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh untuk Bayi

Guna mengetahui produk perawatan kulit yang aman dan bisa memberikan manfaat lebih optimal bagi Si Kecil, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Pilih produk khusus perawatan bayi

Setiap akan membeli produk perawatan tubuh untuk Si Kecil, Bunda disarankan memilih produk yang memang khusus diformulasikan untuk bayi, ya. Sebaliknya, hindari menggunakan produk yang ditujukan bagi orang dewasa karena produk-produk tersebut berpotensi merusak kulit Si Kecil.

2. Cek kandungan produk

Sebelum membeli produk perawatan tubuh Si Kecil, pastikan Bunda membaca label yang tertera pada kemasan produknya. Berikut ini hal-hal yang perlu Bunda perhatikan dalam memilih produk:

  • Bebas pewangi dan pewarna

Hindari membeli produk perawatan kulit bayi yang mengandung zat pewangi dan pewarna. Soalnya, kedua zat ini berpotensi mengiritasi kulit Si Kecil dan mengganggu sistem pernapasannya.

  • Tidak mengandung antibakteri atau antimikroba

Meskipun bisa membunuh kuman, kedua kandungan ini tidak baik untuk kesehatan kulit bayi. Jadi, untuk menjaga kebersihan kulit Si Kecil, Bunda cukup membersihkannya dengan sabun khusus bayi atau tisu basah berbahan lembut yang tanpa alkohol.

  • Bebas paraben dan phthalate

Paraben biasanya dipakai sebagai zat pengawet, sedangkan phthalate digunakan sebagai pelembut pada produk perawatan kulit. Menurut penelitian, bayi yang sering terpapar kedua zat ini lebih berisiko mengalami reaksi alergi, gangguan pada kelenjar endokrin, dan gangguan tumbuh kembang.

  • Berlabel hypoallergenic

Tulisan “hypoallergenic” pada produk perawatan bayi menandakan bahwa produk tersebut memiliki risiko lebih rendah untuk menyebabkan bayi mengalami reaksi alergi.

  • Bebas alkohol

Pada kemasan produk, alkohol sering ditulis dengan nama ethyl alcohol (ethanol). Alkohol jenis ini bisa dengan mudah mengiritasi kulit bayi, jadi sebisa mungkin hindari pemakaiannya ya, Bun. Namun, ada pula produk yang menggunakan jenis alkohol cetearyl alcohol atau fatty alcohol yang tidak menyebabkan kulit kering atau iritasi.

  • Sesuai pH kulit bayi

Tingkat asam basa (pH) kulit bayi sedikit lebih rendah, yaitu sekitar 5,5. Jadi, disarankan untuk memilih produk perawatan kulit Si Kecil dengan pH yang mendekati angka tersebut. Memilih produk dengan pH netral juga tidak masalah, selama kulit Si Kecil sehat dan tidak kering.

  • Berbahan dasar alami

Umumnya, produk-produk perawatan tubuh berbahan dasar alami aman untuk digunakan pada bayi. Akan tetapi, beberapa bahan alami tetap berisiko menyebabkan iritasi dan alergi, terutama jika Si Kecil memiliki riwayat alergi, atau bila ada riwayat alergi dalam keluarga.

3. Cek kondisi kemasan

Setiap membeli produk perawatan tubuh Si Kecil, jangan lupa periksa tanggal kedaluwarsa produk dan berapa lama produk bisa bertahan setelah kemasan dibuka. Pastikan juga kemasan produk tidak rusak dan segelnya masih utuh saat dibeli.

4. Lihat aturan pakai pada label kemasan

Untuk menghindari penggunaan yang salah dan berlebihan, Bunda perlu membaca dan mematuhi aturan pakai serta peringatan yang terdapat pada kemasan produk.

Kemudian, sebelum mengoleskan produk baru pada kulit Si Kecil, sebaiknya Bunda melakukan tes kulit terlebih dahulu. Caranya, oleskan sedikit produk pada kakinya dan tunggu hingga sehari untuk melihat apakah produk tersebut menimbulkan ruam atau tidak.

Selain sabun, sampo, dan bedak, produk perawatan bayi yang perlu Bunda siapkan adalah tabir surya. Jika Si Kecil sudah berusia di atas 6 bulan, Bunda boleh mengoleskan tabir surya ke bagian tubuhnya yang tidak tertutup pakaian, saat ia dibawa keluar rumah pada siang hari.

Pilihlah tabir surya khusus bayi yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide, serta bertuliskan broad-spectrum (bisa memblokir sinar UVA dan UVB). Bila perlu, konsultasikan dengan dokter untuk menentukan produk yang tepat.

 

Sumber: alodokter. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.