Informasi Kesehatan

Apgar Score: Metode untuk Menilai Kondisi Bayi Baru Lahir

pentingnya-pemeriksaan-fisik-bayi-baru-lahir.jpg

Bedak Bayi, Kenali Risiko dan Cara Tepat Menggunakannya

Bedak bayi biasanya digunakan untuk membuat kulit bayi…

Penuhi 8 Nutrisi Penting Ini agar Ibu Hamil dan Bayi Sehat

“Selama masa kehamilan, ada beberapa nutrisi ibu hamil…

5 Cara Mengatasi Bintik Merah pada Kulit Bayi

Bintik merah pada bayi rentan terjadi karena bayi…

“Apgar score adalah pemeriksaan yang dilakukan segera setelah bayi lahir untuk memastikan bayi dalam kondisi sehat. Semakin tinggi nilainya, semakin baik hasil pemeriksaan.”

Apgar score adalah sebuah metode yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kondisi bayi yang baru lahir. Pemeriksaan ini bisa tim medis lakukan pada 1 dan 5 menit setelah bayi lahir.

Skor 1 menit menentukan seberapa baik bayi mentolerir proses persalinan. Skor 5 menit memberi tahu dokter seberapa baik keadaan bayi setelah keluar dari rahim ibu. Yuk, simak lebih jauh mengenai apgar score di sini!

Aspek Penilaian Apgar Score

Kata ‘apgar’ merupakan singkatan dari beberapa aspek, yaitu activity (memantau aktivitas otot), pulse (memantau denyut jantung), grimace (memantau respons dan refleks bayi), appearance (memantau warna tubuh bayi) dan respiration (memantau pernapasan).

Tiap aspek dalam apgar score akan mendapatkan skor 0, 1, atau 2, tergantung pada kondisi kesehatan bayi setelah lahir. Berikut penjelasan masing-masing aspek tersebut:

1. Activity

Aspek ininilai dengan mengamati tonus otot bayi.

  • 2 berarti tonus otot bergerak aktif dan kuat.
  • 1 berarti bergerak, tapi lemah dan kurang aktif.
  • 0 menandakan tidak aktif atau tidak ada gerakan.

2. Pulse

Pulse atau denyut jantung akan dokter evaluasi dengan menggunakan stetoskop atau dengan menggunakan dua jari. Ini merupakan penilaian yang paling penting. 

Dokter akan menghitung denyut jantung bayi selama 15 detik, kemudian mengalikannya dengan 4 sehingga ia mendapatkan jumlah denyut jantung selama 60 detik (1 menit).

  • 2 berarti jantung berdetak lebih dari 100 denyut per menit.
  • 1 berarti jantung berdetak kurang dari 100 denyut per menit.
  • 0 berarti detak jantung tidak terdeteksi.

3. Grimace

Grimace atau respons meringis adalah istilah yang menggambarkan respons terhadap rangsangan kecil, seperti cubitan ringan.

  • Nilai 2 berarti batuk, meringis atau menangis secara spontan. Bayi juga bisa menarik kaki atau tangan saat ia mendapatkan rangsangan seperti cubitan atau sentilan.
  • Nilai 1 berarti hanya meringis atau menangis ketika mendapatkan rangsangan.
  • Nilai 0 berarti tidak menunjukkan respons terhadap rangsangan.

4. Appearance

Penilaian aspek dalam apgar score ini bisa melalui pengamatan warna kulit pada tubuh dan ekstremitas bayi.

  • 2 menandakan warna tubuh bayi kemerahan (normal).
  • 1 berarti warna tubuh normal, tapi kebiruan di bagian tangan atau kaki.
  • 0 berarti seluruh tubuh bayi berwarna pucat, kebiruan atau keabu-abuan.

5. Respiration

Respirasi bisa dokter nilai dengan mengamati pernapasan bayi dan memberikan skor sesuai hasil pemeriksaan.

  • 2 berarti menangis kuat dan bisa bernapas normal.
  • 1 berarti menangis lemah dan napas tidak teratur.
  • 0 berarti tidak bernapas (mati).

Setelah menentukan nilai dari masing-masing aspek di atas, perolehan nilai kemudian dijumlah dan menghasilkan angka 0 sampai 10. Hasilnya menentukan nilai interpretasi dari apgar score.

Semakin tinggi skornya, semakin baik kondisi bayi setelah lahir. Nilai di atas 7 berarti bayi baru lahir berada dalam kondisi sempurna. Namun, skor 10 sangat jarang bayi dapatkan, karena hampir semua bayi baru lahir kehilangan 1 poin untuk tangan dan kaki biru, yang normal setelah lahir.

Bayi yang mendapatkan nilai sempurna tidak membutuhkan perawatan medis. Sebab, tubuh mereka sudah bisa merespon lingkungan sekitar di luar rahim dengan sendirinya.

Sementara skor di bawah 7 menunjukkan bahwa bayi memerlukan perhatian medis. Perlu kamu ketahui, apgar score dinilai pada menit ke-1 dan ke-5 setelah bayi lahir. Namun, bila skor apgar kurang dari 7, pemeriksaan bisa dilanjutkan setiap 5 menit berikutnya sampai menit ke-20.

Selain itu, kamu juga harus tahu 5 Kelainan Bawaan pada Bayi agar bisa segera melakukan perawatan jika bayi mengalaminya.

Ini yang Terjadi Jika Apgar Score Rendah

Bayi baru lahir yang memiliki apgar score yang rendah perlu mendapatkan intervensi medis, karena mereka mungkin memiliki oksigenasi yang tidak cukup selama persalinan. Semakin rendah skor, semakin banyak bantuan yang bayi butuhkan untuk menyesuaikan diri untuk bernapas secara mandiri di luar rahim.

Nilai 5-6 berarti bayi kurang sehat dan memerlukan bantuan pernapasan. Sedangkan nilai di bawah 5 berarti mengindikasikan bayi membutuhkan pertolongan karena kesulitan bernapas akibat kekurangan oksigen.

Pada bayi dengan nilai rendah, 4-6, misalnya, mereka memerlukan bantuan pernapasan untuk membantu menstabilkan kondisinya. Bantuan bisa berupa penyedotan saluran udara atau pemberian oksigen. Dengan begitu, bayi bisa bernapas lebih dalam, sehingga apgar score bisa berada di angka sempurna. 

Jika masalah bukan terletak di bagian pernapasannya, tim medis terkait akan melakukan tindakan agar fungsi organ bisa berjalan optimal. Misalnya, stimulasi fisik untuk membuat jantung berdetak pada tingkat yang sehat.

Ibu tidak perlu khawatir dulu, sebab apgar score yang rendah, terutama 1 menit setelah lahir, mungkin hanya merupakan tanda bahwa bayi mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim. Ini sering terjadi setelah kelahiran yang sulit, kelahiran prematur, atau setelah kehamilan berisiko tinggi. Dalam banyak kasus, skor APGAR bayi bisa meningkat saat pengujian ulang pada menit ke-5.

Apgar score yang lebih rendah juga bukan berarti anak akan mengalami masalah kesehatan serius jangka panjang. Metode pemeriksaan ini tidak dirancang untuk memprediksi kesehatan anak di masa depan.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna