Informasi Kesehatan

5 Jenis Manicure yang Bisa Dipilih sesuai Kebutuhan

824-original.jpg

Ingin Punya Wajah Mulus dan Tirus? Ini Caranya

Tidak semua orang memiliki wajah mulus dan tirus.…

5 Urutan Skincare untuk Remaja yang Tepat

Penggunaan skincare untuk remaja diperlukan, sebab kelenjar minyak lebih aktif…

4 Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami

Begini Cara Mengencangkan Kulit Wajah Anda Jika Anda…

“Ada lima jenis manicure yaitu basic, french, gel, acrylic, dan dip powder. Jenis manicure tersebut bisa dipilih berdasarkan preferensi, gaya hidup, dan juga budget.”

 Selain menjaga kuku tetap rapi dan cantik, melakukan manicure atau perawatan kuku juga bisa menjadi pilihan kegiatan ‘me time’ yang baik untuk melepaskan penat dan stres. Kegiatan membentuk dan memoles kuku ini juga semakin populer dan sudah semakin berkembang, sehingga ada banyak jenis manicure yang tersedia.

Nah, memilih jenis manicure bukan cuma soal memilih warna cat kuku atau bentuk kuku yang diinginkan. Kamu juga perlu mempertimbangkan kecocokan dengan gaya hidup kamu, berapa lama waktu yang bisa kamu habiskan di salon, dan tentu saja, budget kamu. Yuk, ketahui apa saja jenis manicure, sehingga kamu bisa mengira-ngira mana yang tepat untuk dirimu.

Berbagai Pilihan Jenis Manicure

Jenis manicure yang utama, antara lain basic, akrilik, gel, French, dan bubuk celup. Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangannya, sehingga kamu bisa memilih yang tepat:

1. Basic manicure

Basic manicure adalah manicure standar yang mungkin sudah kamu tahu. Kuku kamu akan dipotong, dibentuk, dan digosok. Kutikula kamu juga akan dibersihkan dan minyak akan dioleskan di sekitar kuku. Biasanya, kamu juga akan menikmati pijat tangan yang sangat menenangkan. Terakhir, cat kuku standar bisa diaplikasikan.

Nah, basic manicure merupakan pilihan yang baik bagi kamu yang lebih suka perawatan kuku yang sederhana, agar kamu bisa tetap melakukan berbagai aktivitasmu dengan nyaman. Pengerjaan jenis manicure ini juga cukup singkat dan harganya terjangkau, serta cat bisa dihilangkan dengan mudah. Namun, basic manicure lebih mudah untuk terkelupas dan warnanya lebih cepat kehilangan kilaunya.

2. French manicure

French manicure adalah jenis yang sangat populer di awal tahun 2000-an dan kembali digemari lagi karena desainnya yang sederhana. Manicure klasik ini memberi kuku kamu warna bening yang tipis yang diakhiri dengan ujung putih yang cerah.

French manicure bisa membuat tampilan kuku sangat cantik dan jari terlihat lebih panjang, serta cocok dengan pakaian apa pun yang kamu kenakan. Namun, hasilnya biasanya tergantung pada bentuk dan kekuatan kuku alami kamu.

3. Gel manicure

Jenis manicure ini diterapkan dengan cara yang sama seperti memoles cat kuku biasa, hanya alih-alih cat kuku tradisional, gel manicure menggunakan cat kuku gel yang lebih tebal. Cat kuku ini perlu dikeringkan di bawah lampu khusus.

Karena tebal dan keras, gel manicure tidak akan mudah terkelupas seperti cat tradisional. Selain itu, warnanya biasanya juga lebih pekat, sehingga membuat penampilan kuku lebih berbeda. Namun, gel manicure lebih mahal daripada basic manicure. Selain itu, menghapus cat kuku gel lebih sulit, sehingga perlu dilakukan oleh profesional.

4. Acrylic manicure

Pertama-tama, mari ketahui dulu apa itu kuku akrilik. Jadi, untuk membuat jenis kuku tersebut, teknisi kuku mencampur cairan (monomer) dan bubuk (polimer), serta bekerja untuk membuat lapisan kuku yang solid, atau perangkat tambahan yang berada di atas kuku. 

Lapisan kuku tersebut bisa dalam bentuk kuku tradisional atau bisa juga dalam berbagai bentuk. Hal ini tergantung pada keterampilan dan kreativitas teknisi kuku tersebut.  Kuku akrilik juga sering kali dipoles dan menggunakan nail art. Nah, inilah yang kamu kenal dengan kuku palsu.

Dengan kuku akrilik, kamu bisa memiliki bentuk kuku yang luar biasa, tidak peduli bentuk kuku aslimu. Jenis manicure ini juga bisa menambah panjang kuku dan menjadi kanvas yang sangat enak bagi teknisi kuku untuk berkreasi. Namun sayangnya, kuku akrilik mudah lepas ketika digunakan sehari-hari.

5. Dip powder manicure

Ini adalah jenis manicure yang baru dan cukup populer. Jadi, setiap warna kuku hadir dalam bentuk bubuk berpigmen yang dicelupkan ke kuku setelah dioleskan formula cairan bening. Dip powder manicure diklaim lebih baik untuk kuku daripada cat kuku tahan lama, seperti gel manicure.

Namun, tidak seperti gel manicure yang terasa halus dan mulus, dip powder memiliki tekstur yang sedikit berbeda akibat bubuk tersebut, sehingga beberapa orang tidak menyukainya.

Itulah beberapa jenis manicure yang bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi dan pertimbangan lainnya. Bila kamu melihat tanda-tanda mencurigakan pada kuku kamu, bisa jadi itu jamur kuku. 

 

Sumber: halodoc. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.