Informasi Kesehatan

Bukan Radang, Ini Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

5fe07b7cda0861.jpg

6 Penyebab Gangguan Libido Wanita

Gangguan libido wanita bisa disebabkan oleh beberapa faktor,…

Ketombe Basah, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain ketombe kering, ketombe basah juga cukup sering…

Ketahui 6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

“Bukan hanya buahnya, daun sirsak juga baik untuk…

“Kebanyakan orang berpikiran bahwa tenggorokan yang terasa sakit saat menelan disebabkan oleh adanya peradangan. Namun, hal tersebut belum tentu menjadi penyebab utamanya. Sebab, selain radang ada berbagai penyebab lain yang membuat tenggorokan terasa sakit saat menelan. Misalnya seperti luka pada tenggorokan, penyakit asam lambung, infeksi yang menyebabkan flu dan sinus, hingga adanya infeksi bakteri.”

Kamu pasti pernah merasa tidak nyaman saat mengalami sakit tenggorokan. Gangguan tersebut menyebabkan kamu sakit saat menelan dan aktivitas juga menjadi terganggu karena rasa tidak nyaman yang timbul. Maka dari itu, sakit tenggorokan yang terjadi harus segera diatasi.

Umumnya, penyebab sakit saat menelan disebabkan oleh radang. Padahal, tidak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh hal tersebut. Maka dari itu, kamu harus tahu hal lainnya yang dapat menyebabkan tenggorokan sakit. 

Sakit Tenggorokan Jadi Penyebab Sakit saat Menelan

Terdapat banyak alasan kenapa seseorang mengalami sakit saat menelan. Hal tersebut mungkin saja disebabkan oleh infeksi atau pil yang tertelan melalui jalur yang salah. Walau begitu, kamu mungkin mengalami gangguan yang lebih serius dari dua hal tersebut.

Kamu mungkin merasakan sakit di banyak bagian pada mulut, seperti tenggorokan, sepanjang kerongkongan, hingga bagian tengah dada. Untuk mengetahui gangguan tersebut secara pasti, kamu dapat menemui dokter, terutama jika gangguan tidak kunjung sembuh. Memastikan gangguan yang terjadi secara dini dapat mempercepat penyembuhan yang dilakukan.

Walau begitu, kamu mungkin mengalami sakit tenggorokan yang tidak disebabkan oleh radang. Memang kebanyakan orang mengidentikkan gangguan pada tenggorokan dengan terjadinya peradangan, padahal belum tentu benar adanya. Selain radang, ini penyebab sakit saat tenggorokan yang sebabkan kesulitan menelan, antara lain:

1. Infeksi Bakteri

Penyebab sakit menelan yang pertama adalah disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini menyebabkan kamu mengalami sakit tenggorokan. Ketika terjadi, amandel mengalami bengkak. Seseorang yang mengalami infeksi bakteri pada tenggorokannya harus mendapat pengobatan antibiotik. Jika tidak segera diobati, kamu bisa mengalami komplikasi serius, seperti kerusakan jantung atau ginjal.

2. Luka pada Tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan lainnya adalah terjadinya luka pada bagian tersebut. Salah satu penyebab sakit menelan ini disebabkan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu tajam sehingga menimbulkan luka. Maka dari itu, kamu dapat mencegah gangguan ini terjadi dengan memastikan makanan telah halus saat akan melewati tenggorokan agar tidak menyebabkan luka.

3. Penyakit Asam Lambung

Kamu juga bisa mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penyakit asam lambung. Hal ini umumnya disebabkan gangguan asam lambung yang kronis. Ketika terjadi, kamu dapat mengalami asam lambung naik ke kerongkongan sehingga terjadi iritasi pada dinding di area tersebut. Sebagai dampaknya, kamu akan mengalami rasa sakit ketika menelan.

4. Infeksi yang Menyebabkan Flu atau Sinus

Sakit tenggorokan menyebabkan sulit untuk menelan. Salah satu penyebab dari sakit tenggorokan adalah infeksi yang menyebabkan kamu mengalami flu atau sinus. Hal ini terjadi sehari sebelum kamu mengalami gejala lain, seperti pilek dan batuk. Untuk mengatasi gangguan tersebut, kamu dapat lebih banyak istirahat dan mengonsumsi cairan lebih.

5. Kekeringan

Tenggorokan yang kering juga dapat membuat tenggorokan terasa sakit saat menelan. Pasalnya, udara yang kering membuat tenggorokan kamu akan terasa kasar dan gatal sehingga tidak nyaman ketika menelan. Selain itu, bernapas melalui mulut karena hidung tersumbat juga bisa menyebabkan tenggorokan kamu kering dan sakit.

Berikut adalah penyebab sakit saat menelan selain radang yang dapat menyerang bagian tenggorokan. Beberapa gangguan dapat menyebabkan kelainan yang parah. Maka dari itu, kamu harus senantiasa menjaga bagian tersebut dengan memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi sesuatu yang lembut agar tenggorokan tidak terluka.

Cara Mencegah Sakit Tenggorokan 

Dilansir dari WebMD, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit tenggorokan. Salah satunya adalah berhenti merokok (bagi perokok) dan menghindari asap rokok (bagi yang tidak merokok) agar tidak menjadi perokok pasif. Selain itu, salah satu penyebab dari sakit tenggorokan adalah infeksi akibat mengalami flu atau sinus. Oleh sebab itu, beberapa langkah untuk menghindari penyakit tersebut juga perlu dilakukan, antara lain: 

  1. Hindari bertemu orang yang sedang sakit. 
  2. Cucilah tangan secara rutin menggunakan air dan sabun.
  3. Jangan berbagi makanan, minuman, atau peralatan makan.
  4. Hindari menyentuh wajah bila belum mencuci tangan. 
  5. Mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang. 
  6. Pastikan waktu istirahat cukup. 
  7. Pastikan hidrasi tubuh terjaga (minum banyak cairan).

Bila kamu atau orang terdekatmu merasakan sakit tenggorokan yang tidak kunjung membaik, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.