Informasi Kesehatan

Atasi Berat Badan Naik setelah Lebaran dengan 6 Olahraga Ini

lemak-bertambah-setelah-lebaran-atasi-dengan-x-olahraga-ini.jpg

Ini Penyebab Kadas pada Kulit dan Cara Ampuh Mengatasinya

“Kadas pada kulit dapat terjadi akibat kontak langsung…

Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan, Kenali Penyebab dan Penanganannya

Telapak kaki sakit saat berjalan umumnya tidak berbahaya…

6 Cara Alami Menaikkan Trombosit saat Terkena Demam Berdarah

“Trombosit termasuk sel darah yang berperan penting dalam…

“Saat Hari Raya Idul Fitri, salah satu tradisi yang orang tunggu-tunggu adalah menyantap banyak hidangan lezat yang dapat menyebabkan berat badan untuk bertambah. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan berolahraga.”

Hari Raya Idul Fitri adalah waktu yang kental dengan nuansa liburan dan kumpul bersama keluarga. Dalam perayaan ini, salah satu tradisi yang orang tunggu-tunggu adalah menyantap banyak hidangan lezat dan minuman manis.

Dengan banyaknya hidangan yang kamu santap selama kumpul keluarga, tidak heran kalau selama libur lebaran lemak-lemak di tubuh selalu bertambah. Nah, kalau kamu tidak ingin berat badan naik setelah lebaran, kamu bisa mengatasinya dengan berolahraga.

Olahraga untuk Jaga Berat Badan setelah Lebaran

Dengan bertambahnya lemak dalam tubuh setelah makan banyak, berat badan sudah pasti ikut meningkat. Nah, setelah lebaran adalah waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan dengan olahraga berikut:

1. Jogging

Jogging merupakan olahraga yang mudah untuk siapapun lakukan. Kamu bisa membakar lemak dan menurunkan berat dengan berjalan cepat di jalanan komplek atau lapangan dekat tempat kamu tinggal. Olahraga ini juga dapat membakar 550 hingga 900 kalori dalam tubuh kamu. 

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari olahraga ini, atur jarak tertentu yang bisa kamu tempuh dan jaga kecepatan tetap stabil. Kalau masih pemula, lakukan sebisamu saja dan jangan memaksakan diri. Jika sudah terbiasa, kamu akan ketagihan dengan olahraga satu ini.

2. Berenang

Olahraga lain yang bisa mengatasi berat badan naik dengan cara yang menyenangkan adalah. Olahraga ini tidak hanya dapat membakar 500 hingga 800 kalori dalam tubuh kamu, tetapi juga merupakan salah satu olahraga terbaik guna membentuk sendi dan bentuk tubuhmu.

Poin plusnya, kamu tidak perlu merasa takut keringat dan bau badan saat berolahraga karena berenang akan tetap membuat suhu tubuh kamu sejuk dan dingin. 

3. Sepak bola

Masih dalam suasana berkumpul dan berinteraksi dengan keluarga, kamu juga bisa melakukan olahraga sepak bola. Karena membutuhkan banyak orang, kamu bisa mengajak teman-teman atau keluargamu.

Dengan melakukan olahraga ini, tubuh menjadi banyak bergerak dan otomatis kalori dalam tubuh juga ikut terbakar. Sepak bola sendiri dapat membakar 600 hingga 900 kalori dalam tubuhmu. 

4. Lompat tali

Meski terlihat sederhana, lompat tali sangat efektif, karena membuat seluruh tubuhmu bergerak. Dengan begitu kamu bisa membakar 700 hingga 1.100 kalori dalam tubuh kamu. Dengan olahraga ini, kamu dituntut untuk bisa berkoordinasi antara mata dan tangan. Kamu bisa menggunakan banyak gerakan variasi untuk lompat tali.  

5. Lari

Kalau kamu ingin olahraga yang mirip dengan jogging namun dengan intensitas yang lebih tinggi, kamu bisa memilih olahraga lari untuk mengatasi berat badan naik.

Berbeda dengan jogging dan jalan kaki, lari akan lebih menuntut kecepatan. Dengan lari, kalori yang akan terbakar pun akan semakin besar. Olahraga ini dapat membakar 900 hingga 1.500 kalori. Lari sangat efektif guna membentuk bagian tubuhmu, mulai dari betis, paha depan hingga perut.

6. Bersepeda

Terakhir, bersepeda adalah olahraga yang cocok untuk segala level, dari pemula hingga atlet. Olahraga ini termasuk olahraga low-impact sehingga tidak terlalu menekan sendi.

Selain bagus untuk menurunkan berat badan, bersepeda juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan risiko penyakit jantung. Bukan Cuman Menyehatkan Jantung, Ada Juga Manfaat Bersepeda yang harus kamu tahu lebih lanjut.

Itulah enam olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi berat badan naik setelah lebaran. Kamu cukup mencoba dan memilih mana yang paling cocok. Jika kamu terlalu malas untuk melakukannya, kamu perlu berkomitmen dengan dirimu sendiri, serta membuat jadwal teratur.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna