Informasi Kesehatan

Ini Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi saat Mudik

Gangguan_yang_Sering_Muncul_Saat_Mudik_Lebaran.jpg

Capgras Syndrome, Kondisi Saat Tidak Mengenali Wajah Orang Terdekat

Capgras syndrome adalah kondisi langka yang membuat penderitanya…

Wajib Tahu, Ini 4 Teknik Lari Jarak Pendek

“Sprint membutuhkan lebih banyak kekuatan dan kecepatan tinggi.…

6 Cara Mengatasi Kencing Sedikit dan Sering

Cara mengatasi kencing sedikit dan sering dapat dilakukan…

Ini Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi saat Mudik

 

“Mabuk perjalanan, kelelahan, hingga diare, merupakan masalah kesehatan saat mudik yang kerap terjadi. Oleh karena itu, penting bagi pemudik untuk waspada dan tetap menjaga kesehatan selama di perjalanan.”

Idul fitri adalah waktu yang identik dengan kegiatan mudik. Tentu saja, mayoritas orang telah menantikan waktu berkumpul bersama keluarga setelah melaksanakan puasa satu bulan lamanya. 

Meski begitu, terkadang kegiatan mudik yang melelahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan di perjalanan. Pakar ilmu kesehatan telah menyampaikan bahwa gangguan kesehatan seperti kelelahan dan gangguan pencernaan adalah masalah kesehatan saat mudik yang paling banyak terjadi, terutama pada anak-anak dan bayi. Simak berbagai penyakit lain saat mudik berikut untuk kamu waspadai!

Masalah Kesehatan saat Mudik yang Perlu Diwaspadai

Sebelum mudik, ada beberapa masalah kesehatan yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa meminimalisir terjadinya kondisi-kondisi ini ketika di perjalanan nanti.

1. Mabuk perjalanan dan kelelahan

Perjalanan mudik seringkali membuat energi dalam tubuh terkuras dengan cepat. Hal tersebut tentu dapat memicu kelelahan hingga pegal-pegal. Saat daya tahan tubuh menurun, kamu akan lebih mudah mengalami mabuk perjalanan atau motion sickness. Mabuk perjalanan memiliki gejala pusing, mual, dan muntah selama perjalanan. 

Kondisi ini juga dapat terjadi karena bercampurnya sinyal yang masuk ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Ketika berada di dalam kendaraan yang sedang melaju, tubuh berada dalam posisi diam di tempat. Tetapi, mata dan telinga tetap melihat ke sekitar selama perjalanan sehingga menyebabkan motion sickness.

2. Diare

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan saat mudik yang kerap terjadi. Penyebabnya bisa karena kamu asal membeli makanan saat di perjalanan. Padahal, makan sembarangan yang belum tentu bersih penyimpanannya bisa menjadi sumber penularan diare. Makanan yang kamu beli bisa saja sudah terpapar debu atau lalat, sehingga kuman yang menyebabkan diare akan menumpuk. 

Selain itu, diare bisa semakin parah jika kamu tidak mencuci tangan sebelum makan. Maka dari itu, sebaiknya berhati-hatilah saat membeli makanan atau minuman di tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Penting untuk memperhatikan kondisi makanan, pastikan bersih dan tidak tidak ada lalat atau debu yang memicu diare. 

3. Gangguan pencernaan

Orang yang sedang mudik seringkali mengalami diare atau sembelit. Kondisi ini bisa terjadi akibat terlalu lama duduk. Masalah kesehatan saat mudik yang satu ini bisa teratasi dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan tinggi serat. Cara ini akan membantu melunakkan feses yang mengeras akibat sembelit, dengan begitu sistem pencernaan pun akan lancar. Hindari juga kebiasaan menahan buang air kecil dan buang air besar, agar sembelit tidak semakin parah. 

4. Flu

Flu termasuk masalah kesehatan saat mudik yang banyak terjadi. Penyakit terjadi karena daya tahan tubuh cenderung menurun selama perjalanan mudik, sehingga rentan terserang virus.  Selain itu, kamu mungkin bisa saja bertemu dengan orang lain yang sedang flu selama perjalanan, sehingga bisa tertular. 

Untuk mencegah flu saat mudik, sebaiknya dapatkan vaksin flu atau meminum vitamin sebelum berangkat. Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mengurangi risiko penularan flu dari benda-benda di sekitar.

5. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

Kamu tentu bisa membayangkan atau pernah mengalami situasi di perjalanan saat mudik yang ramai oleh kendaraan, debu, dan polusi bertebaran di mana-mana. Situasi ini rentan menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) saat mudik. Terlebih jika kamu mudik dengan menggunakan sepeda motor, maka risikonya pun akan meningkat.

Di samping itu, suasana ramai arus mudik dapat menyebabkan penularan penyakit lewat udara semakin mudah. Jika daya tahan tubuh sedang menurun, kelelahan yang kamu rasakan selama perjalanan juga akan membuat tubuh semakin rentan terkena masalah kesehatan saat mudik.

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai masalah kesehatan saat mudik yang kerap terjadi. Untuk mencegah berbagai penyakit ini, kamu bisa mencari tahu tentang Tips Mudik Sehat dan Selamat Sampai Tujuan. 

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna