Informasi Kesehatan

Ingin Suntik Vitamin C? Kenali Dulu Manfaat dan Bahayanya

suntik-vitamin-c-harus-banyak-minum-air-putih-benarkah.jpg

Alasan Jerawat di Wajah Sering Muncul secara Berulang

“Ada banyak alasan kenapa jerawat muncul terus di…

Manfaat Lidah Buaya untuk Flek Wajah Hitam, Ini Faktanya

Manfaat lidah buaya untuk flek wajah hitam sayang…

4 Ciri-Ciri Wajah Kusam yang Perlu Dikenali

Ciri-ciri wajah kusam biasanya dikenali dari kulit yang…

"Infus vitamin C punya manfaat dan potensi bahaya. Oleh sebab itu, perawatan ini perlu dilakukan secara tepat agar efeknya maksimal dan terhindar dari efek samping."

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas. 

Kamu bisa memenuhi asupan vitamin C melalui konsumsi makanan, suplemen, atau juga infus vitamin C. Nah, pemberian lewat infusan diklaim lebih terasa efeknya. Kendati begitu, tetap ada bahaya yang mengintai. Supaya lebih waspada, kenali manfaat dan bahayanya berikut ini: 

 

Manfaat Infus Vitamin C

Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari infus vitamin C:

 

1. Mengobati defisiensi vitamin C

Pada umumnya, infus vitamin C dianjurkan untuk seseorang yang kekurangan senyawa ini. Hal ini dilakukan karena tubuhnya tidak dapat menyerap vitamin C dari makanan secara optimal. Kekurangan vitamin C bisa menimbulkan sederetan gejala, mulai dari gusi berdarah, radang gusi, sampai terhambatnya perkembangan tulang dan gigi dapat terjadi. 

Cairan vitamin C diinfuskan ke dalam tubuh dengan dua cara, yaitu intramuskular (dengan menyuntikkan di bawah kulit melalui otot) dan subkutan (menyuntikkan lewat pembuluh darah atau intravena). Dosis untuk mengatasi kekurangan vitamin C yang disarankan adalah 300 miligram sampai 1 gram setiap hari.

 

2 . Merawat kulit

Infus vitamin C manfaatnya sama seperti penggunaan vitamin C yang dioleskan ke kulit. Untuk perawatan kulit, Senyawa ini bisa mencegah dan mengatasi kulit keriput atau pun kulit kemerahan (eritema). Meski begitu, belum ada bukti secara medis akan hal tersebut.

Infus vitamin C tidak dapat dilakukan sembarangan. Tindakan ini harus dilakukan di klinik atau rumah sakit setelah melalui rangkaian pemeriksaan. Nah, pemeriksaan bertujuan untuk memastikan apakah tubuh kamu benar-benar membutuhkan perawatan ini.

 

3. Membantu pembentukan kolagen

Infus vitamin C mengandung asam askorbat yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen serta perbaikan jaringan. Kolagen adalah protein pada tubuh yang dapat menguatkan struktur tubuh. 

Protein alami tersebut terdapat pada kulit, otot, tendon, dan tulang. Kekurangan vitamin C dapat berisiko pada struktur kolagen, sehingga dapat menyebabkan kelainan pada tulang dan juga pembuluh darah.

 

4. Menghambat sel kanker

Penyuntikan vitamin C dosis tinggi disinyalir bisa dapat menghalangi perkembangan sel kanker. Perawatan tersebut diklaim juga bisa mengurangi perkembangan tumor otak, tumor pada indung telur atau ovarium, dan tumor pankreas. Walau sampai saat ini belum teruji secara klinis hal tersebut dapat efektif pada manusia.

 

5 . Membantu menurunkan berat badan

Tindakan ini terkadang digunakan untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak memenuhi asupan vitamin C tidak dapat membakar lemak secara optimal.

Artinya, penting untuk memastikan asupan vitamin C yang cukup. Namun, tidak ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C secara oral atau infus vitamin C menyebabkan penurunan berat badan.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut seputar prosedur infus vitamin C, baca artikel berikut ini Inilah Prosedur saat Melakukan Injeksi Vitamin C.

 

Efek Samping Infus Vitamin C

Mayoritas menganggap infus vitamin C adalah tindakan yang aman sehingga selalu ingin menggunakannya. Padahal, tetap ada dampak buruk atau efek samping dari infus vitamin C yang mengintai. Berikut adalah beberapa efek samping yang perlu diwaspadai:

 

1. Diabetes

Menyuntikkan vitamin C ke dalam tubuh dapat membuat tekanan gula darah naik, sehingga menyebabkan diabetes. Pasalnya, senyawa ini memang dapat meningkatkan glukosa darah di dalam tubuh. Itu sebabnya, perawatan ini tidak disarankan untuk wanita yang memiliki penyakit diabetes

 

2. Menopause dini

infusan vitamin C dapat membuat kulit lebih cerah dan memberikan efek putih secara instan. Namun, efek ini ternyata berdampak buruk di masa depan, lho

Biasanya menopause terjadi ketika wanita mulai masuk pada usia 50 tahun. Namun, zat cairan ini dapat membuat proses menopause menjadi lebih cepat. Wanita yang rutin melakukan infus vitamin C kemungkinan bisa menopause pada usia 40 tahun.

 

3 . Membebani ginjal

Seseorang yang menyuntikkan vitamin C setara berlebihan akan membuat ginjal tidak bekerja secara optimal. Melakukannya terlalu sering juga dapat membuat fungsi ginjal menurun dan dapat menyebabkan penyakit ginjal.

 

4 . Bisa memicu interaksi obat

Kamu juga perlu berhati-hati minum obat apabila telah melakukan tindakan ini. Sebab vitamin C bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Pasalnya, senyawa ini dapat membuat urin lebih asam. 

Dalam beberapa kasus, hal tersebut dapat mengubah cara tubuh dalam membuang obat tertentu. Pada gilirannya, efek tersebut bisa menurunkan kadar beberapa obat dalam tubuh sehingga pengobatan menjadi kurang efektif. 

Contoh obat-obatan yang diklaim berinteraksi dengan vitamin C, yaitu flufenazin, magnesium salisilat, mexiletine, salsalate. Ada beberapa kekhawatiran bahwa vitamin C dosis tinggi juga dapat membuat terapi radiasi dan beberapa obat kemoterapi menjadi kurang efektif. 

Ada pun beberapa hal yang perlu kamu lakukan setelah menjalani perawatan ini untuk meminimalisir efek samping. Salah satunya dengan minum air putih. Kamu bisa membaca artikel berikut untuk info selengkapnya Suntik Vitamin C Harus Banyak Minum Air Putih, Benarkah?

 

Hubungi dokter ahli terlebih dahulu sebelum melakukan infus vitamin C untuk mengetahui efek samping selengkapnya. Sampaikan juga riwayat alergi maupun penyakit sebelum melakukan prosedur.

 

Tempat Melakukan dan Biaya Infus Vitamin C

infus vitamin C bisa dilakukan di klinik kecantikan atau rumah sakit. Pastikan fasilitas kesehatan yang kamu kunjungi terpercaya dan berpengalaman dalam memberikan perawatan ini.

Jangan tergiur harga murah yang biasanya ditawarkan oleh klinik tertentu. Hal ini untuk mencegah potensi keamanan dan efek sampingnya. Untuk biayanya sendiri cukup bervariasi, tergantung fasilitas kesehatan dan paket perawatan yang kamu pilih. Namun, umumnya biaya tindakan ini dibanderol mulai dari Rp.85.000-Rp.1,5 juta. 

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna]