Informasi Kesehatan

Benarkah Kulit Bersisik Jadi Gejala Awal Psoriasis?

th_(18).jpeg

Faktor Penyebab Tipes pada Anak yang Perlu Diwaspadai

  “Penyakit tipes bisa menyerang siapa saja, termasuk…

Ini Berbagai Penyebab Sesak Napas yang Tak Boleh Disepelekan

“Sesak napas bisa terjadi karena hal-hal yang tidak…

Payudara Sakit saat Ditekan? Hati-Hati Bisa Menandai 10 Kondisi Ini

“Payudara terasa sakit bisa disebabkan oleh berbagai macam…

 “Kulit bersisik ternyata tidak selalu menandakan gejala awal psoriasis. Kulit bersisik bisa saja terjadi karena udara kering atau gangguan lain yang membuat kulit lebih mudah kehilangan kelembapannya.”

 Psoriasis dapat menyebabkan kulit bersisik, namun kulit bersisik belum tentu merupakan gejala awal psoriasis. Kulit bersisik bisa jadi karena kulit kering, udara kering, kulit tidak sehat karena kehilangan kelembapan nutrisi dan banyak lagi penyebabnya.

Psoriasis adalah penyakit kulit yang menyebabkan ruam disertai gatal, bercak bersisik, dan paling sering terdapat pada lutut, siku, badan dan kulit kepala. Psoriasis adalah penyakit jangka panjang kronis yang biasanya terjadi secara genetik. 

Kulit Bersisik Belum Tentu Menjadi Gejala Psoriasis Awal

Psoriasis adalah kondisi yang berbeda dengan kulit bersisik pada umumnya. langkah-langkah kulit bersisik pada umumnya cukup mudah, yakni dengan memberikan losion ataupun pengaturan suhu ruangan. Kulit bersisik pada umumnya juga tidak sampai menyebabkan perubahan warna kulit.

Sementara itu, psoriasis adalah kondisi kulit yang mengganggu yang gejala umumnya adalah kulit bersisik. Kondisi gangguan ini bisa muncul akibat beberapa hal, seperti kondisi genetik, infeksi, adanya luka atau luka bakar, dan konsumsi obat-obatan tertentu.

Psoriasis cenderung berwarna merah muda atau merah pada orang dengan warna kulit terang atau putih. Pada warna kulit sedang, dapat terlihat berwarna salmon dengan sisik putih keperakan.

Psoriasis kerap menjadi masalah sistem kekebalan yang menyebabkan sel kulit tumbuh lebih cepat dari biasanya. Pada jenis psoriasis yang paling umum yaitu psoriasis plak, pergantian sel yang cepat ini menyebabkan bercak kering dan bersisik.

Penyebab Terjadinya Psoriasis

Penyebab psoriasis masih belum pasti. Sejauh ini, psoriasi berkaitan dengan masalah sistem kekebalan di mana sel-sel yang melawan infeksi menyerang sel-sel kulit yang sehat secara tidak sengaja. 

Banyak orang yang tidak mengalami psoriasis tiba-tiba mengalami kondisi ini karena beberapa faktor lingkungan, seperti: 

  • Infeksi, seperti radang tenggorokan atau infeksi kulit.
  • Cuaca, terutama dingin, kondisi kering.
  • Cedera pada kulit, seperti luka goresan atau, gigitan serangga, atau sengatan matahari yang parah.
  • merokok atau terkena paparan asap rokok.
  • Konsumsi alkohol.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti lithium, obat tekanan darah tinggi dan obat antimalaria.
  • Penarikan cepat kortikosteroid oral atau injeksi.

Cara Langka Psoriasis

Penanganan psoriasis bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi dan tingkat keparahannya. Selain penanganan medis, terapi alternatif dapat membantu meringankan gejala.

Misalnya melalui diet khusus, konsumsi vitamin, akupuntur, dan produk herbal yang kamu oleskan ke kulit. 

1.  Krim Ekstrak Lidah Buaya

Krim ekstrak lidah buaya dapat mengurangi kerak, gatal, dan peradangan. Anda mungkin perlu menggunakan krim ini beberapa kali sehari selama sebulan atau lebih untuk melihat perubahan pada kulit yang signifikan. 

2.  Suplemen Minyak Ikan

Menggunakan kombinasi terapi minyak ikan dengan terapi UVB dapat mengurangi luasnya ruam. Mengoleskan minyak ikan ke kulit yang terkena dan menutupinya dengan pembalut selama enam jam sehari selama empat minggu dapat memperbaiki kulit. 

Itulah informasi mengenai kulit bersisik dan gejala awal psoriasis.

 

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna]