Informasi Kesehatan

Catat, Ini 5 Jenis Pengobatan untuk Mengatasi Dwarfisme

th_(9).jpeg

5 Rekomendasi Obat Pereda Sakit Punggung yang Manjur

“Sensasi rasa nyeri karena sakit punggung bisa menghambat…

Ini 5 Rekomendasi Obat Kolesterol di Apotik

  “Pola hidup tidak sehat dan faktor genetik…

Inilah 5 Cara Mengatasi Perut Kembung yang Ampuh

“Perut kembung bisa menjadi gejala dari penyaki tertentu,…

“Dwarfisme adalah kondisi medis yang membutuhkan perhatian khusus dan pengobatan yang tepat. Terdapat beberapa jenis pengobatan untuk mengatasi dwarfisme.”

Dwarfisme adalah kondisi medis yang terjadi karena pertumbuhan yang terhambat dan tinggi badan yang lebih pendek dari rata-rata orang pada usia yang sama. Kondisi ini bisa akibat berbagai faktor, seperti masalah hormonal, kelainan genetik, atau penyakit tertentu. 

Dwarfisme dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, dan dan dapat terjadi karena berbagai macam penyebab yang berbeda. Untuk mengetahui jenis penyebabnya, kamu juga bisa membaca artikel mengenai Jenis Penyebab Dwarfisme Berdasarkan Jenisnya.

Meskipun tidak ada obat untuk menyembuhkan dwarfisme, terdapat beberapa jenis pengobatan yang dapat membantu mengatasi gejala dan meningkatkan kualitas hidup penderita. 

Jenis Pengobatan Dwarfisme

Berikut ini adalah beberapa jenis pengobatan untuk mengatasi dwarfisme.

1. Terapi Hormon Pertumbuhan

Orang dengan dwarfisme terkait dengan defisiensi hormon pertumbuhan dapat diobati dengan hormon pertumbuhan. Terapi hormon pertumbuhan adalah jenis pengobatan yang berasal dari kelenjar pituitari di otak dan membantu mengatur pertumbuhan tulang dan otot. 

Pada beberapa kasus dwarfisme, tubuh tidak menghasilkan cukup hormon pertumbuhan sehingga terapi hormon pertumbuhan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan otot. Terapi ini biasanya bermula pada masa kanak-kanak dan harapannya dapat meningkatkan tinggi badan sebesar beberapa sentimeter.

2. Terapi Hormon Tiroid

Hormon tiroid juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan. Pada kasus tertentu, terapi hormon tiroid dapat membantu mengatasi dwarfisme. Terapi ini dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme, mengatur suhu tubuh, dan mempromosikan pertumbuhan tulang dan otot.

3. Terapi Hormon Seks

Pada beberapa kasus dwarfisme, masalah hormonal yang mempengaruhi pertumbuhan dapat berasal dari ketidakseimbangan hormon seks. Pria dan wanita memiliki hormon seks yang berbeda-beda.

Nah, jika terjadi ketidakseimbangan hormon seks, ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Terapi hormon seks membantu mengatasi masalah hormonal ini dan meningkatkan pertumbuhan.

4. Operasi Tulang

Jika terapi hormon tidak efektif atau tidak memungkinkan, operasi tulang dapat menjadi pilihan pengobatan untuk mengatasi dwarfisme. Operasi ini bertujuan untuk memperpanjang tulang.

Selain itu, operasi ini juga memperbaiki deformitas tulang yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dan mobilitas. Operasi ini biasanya terjadi pada anak-anak dan spesialis bedah ortopedi yang melakukannya.

5. Terapi Psikologis dan Konseling

Selain pengobatan fisik, terapi psikologis dan konseling juga penting untuk membantu penderita dwarfisme mengatasi masalah psikologis dan sosial. Penderita dwarfisme mungkin mengalami stres, depresi, dan masalah sosial karena perbedaan tinggi badan mereka.

Terapi psikologis dan konseling dapat membantu penderita mengatasi masalah ini dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Perawatan lain yang dapat menunjang pengobatan dwarfisme, meliputi:

  • Terapi fisik untuk memperkuat otot dan meningkatkan rentang gerak sendi
  • Penyangga punggung untuk memperbaiki kelengkungan tulang belakang
  • Penempatan tabung drainase di telinga tengah untuk membantu mencegah gangguan pendengaran akibat infeksi telinga berulang
  • Perawatan ortodontik untuk menghilangkan gigi berjejal akibat rahang kecil
  • Bimbingan nutrisi dan olahraga untuk membantu mencegah obesitas, yang dapat memperparah masalah tulang

Itulah beberapa jenis pengobatan untuk pengidap dwarfisme. Jika terjadi gejala dwarfisme, segera untuk konsultasikan kepada dokter. Jika deteksi terjadi secara cepat dan tepat, maka pengobatan yang akan dilakukan akan disesuaikan dengan jenis dan tingkat keparahan dwarfisme sehingga meminimalisir terjadinya komplikasi.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna