Informasi Kesehatan

Inilah Manfaat Laser Hair Removal dan Prosedurnya

inilah-manfaat-laser-hair-removal-dan-prosedurnya-halodoc.jpg

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dalam Waktu Singkat

“Ada beberapa cara menghilangkan komedo secara alami dalam…

Perawatan Kulit Wajah yang Dapat Dilakukan di Rumah

Perawatan kulit wajah tak harus selalu dilakukan di…

Senam Wajah agar Simetris, Inilah Cara Melakukannya

Senam wajah agar simetris menjadi salah satu perawatan…

“Laser hair removal bisa menghilangkan bulu secara efektif dan menghambat pertumbuhannya dalam waktu cukup lama. Meskipun bisa menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman, prosedur kecantikan ini tergolong aman.”

Bagi kebanyakan wanita, pertumbuhan bulu berlebih di beberapa bagian tubuh tertentu bisa menurunkan kepercayaan diri. Untuk mengatasi masalah tersebut, laser hair removal adalah salah satu tindakan yang bisa kamu pilih. 

Laser hair removal adalah prosedur medis yang menggunakan sinar cahaya (laser) terkonsentrasi untuk menghilangkan rambut yang tidak kamu inginkan. Metode menghilangkan bulu dengan laser efektif untuk orang yang memiliki kulit terang dan rambut gelap, tetapi bisa berhasil pada semua jenis kulit.

Jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang manfaat dan prosedur dari perawatan ini, baca di sini!

Manfaat Laser Hair Removal

Tindakan ini memang merupakan metode yang efektif untuk menghilangkan rambut yang tidak kamu inginkan. Penggunaan sinar cahaya atau laser dapat merusak folikel, sehingga berhenti menghasilkan rambut.

Ada beberapa manfaat dari tindakan menghilangkan bulu dengan laser ini, antara lain:

1. Menghilangkan bulu dengan cepat

Tindakan ini dapat menghilangkan bulu dengan waktu persiapan yang singkat dan tingkat efektivitas yang konsisten.

Prosedurnya sangat cepat dengan tiap sesinya membutuhkan waktu hanya 20 menit. Meski begitu, lama tindakan bergantung pada target area.

2. Hasilnya tahan lama

Selain cepat, metode penghilangan bulu dengan laser ini efektif menunda pertumbuhan rambut untuk waktu yang lama, yaitu bisa berbulan-bulan bahkan tahunan. Namun, tindakan ini mungkin tidak bisa menghilangkan rambut secara permanen. Saat rambutnya tumbuh kembali, bulu tersebut pun tidak terlalu kasar dan kurang terlihat. 

3. Tepat sasaran

Prosedur kecantikan ini juga dilakukan dengan menggunakan laser yang terkonsentrasi, sehingga dapat memberikan hasil yang presisi untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan. Bahkan, laser hair removal tidak akan merusak kulit sedikit pun selama prosedur. Dengan begitu, kulit tetap sehat dan mulus tanpa bulu.

4. Tidak terlalu sakit

Salah satu manfaat dan keunggulan lainnya dari perawatan ini adalah tidak terlalu menimbulkan rasa sakit. Banyak pasien mengatakan, denyut laser terasa seperti tusukan peniti hangat atau karet gelang yang dijepret ke kulit. Rasanya tidak nyaman tapi masih tertahankan.

Hal ini jauh berbeda dengan metode waxing yang dilakukan untuk mencabut rambut hingga ke akarnya. Bahkan, rasa sakitnya bisa membuat orang enggan melakukannya lagi. Bila kamu ingin melakukan waxing, ketahui dulu Waxing Ketiak Vs Cukur Ketiak, Mana yang Lebih Aman?.

Prosedur Dilakukannya Laser Hair Removal

Berikut hal-hal yang dilakukan sebelum, selama dan setelah prosedur dilakukan:

1. Sebelum prosedur

Sebelum perawatan, rambut yang ingin dihilangkan akan dipotong beberapa milimeter pada permukaan kulit.

Biasanya, ahli kecantikan akan menerapkan anestesi topikal untuk membuat mati rasa 30 menit sebelum tindakan laser. Anestesi bermanfaat bila area yang dirawat kecil dan kulit sangat sensitif. 

Setelah itu, area yang akan mendapatkan tindakan laser diberikan gel dingin atau alat khusus. Dengan begitu, sinar laser tersebut dapat menembus kulit, sehingga rambut tersebut hilang hingga ke akarnya. Laser akan menyesuaikan dengan warna, ketebalan, dan lokasi.

2. Selama prosedur

Tindakan ini dilakukan di ruangan yang disiapkan khusus untuk perawatan laser. Semua orang di ruangan tersebut harus memakai kacamata pelindung selama prosedur. Dokter akan menekan alat laser genggam ke kulit kamu. 

Tergantung jenis lasernya, perangkat pendingin di ujung instrumen atau gel dingin dapat melindungi kulit kamu dan mengurangi risiko efek samping. Saat dokter mengaktifkan laser, sinar laser akan melewati kulit hingga ke folikel rambut.

Panas yang intens dari sinar laser merusak folikel rambut, yang menghambat pertumbuhan rambut. Kamu mungkin akan merasa tidak nyaman, seperti ditusuk-tusuk oleh peniti yang hangat, selama prosedur.

Berapa lama perawatan berlangsung tergantung pada ukuran area yang dirawat. Menghilangkan rambut di area yang kecil, seperti bibir atas, mungkin hanya memakan waktu beberapa menit. Namun, bila kamu melakukan perawatan laser ini pada area yang luas, seperti punggung atau kaki, perawatan mungkin akan berlangsung lebih dari satu jam.

3. Setelah prosedur

Kulit mungkin akan terlihat kemerahan dan bengkak selama beberapa jam pertama setelah prosedur. Untuk mengurangi ketidaknyamanan, kamu bisa mengaplikasikan kompres es ke area tersebut.

Jika kamu mengalami reaksi kulit segera setelah penghilangan bulu dengan laser, dokter mungkin akan mengoleskan krim steroid ke area yang terkena.

Selain itu, untuk mencegah efek samping, kamu perlu melindungi kulit dari sinar matahari. Setelah melakukannya, kamu sebaiknya tidak menggunakan tanning bed selama enam minggu atau seperti yang arahan dokter. Gunakan juga tabir surya SPF 30 spektrum luas setiap hari.

Adakah Risikonya?

Sama seperti prosedur laser pada umumnya, tindakan ini juga memiliki risiko efek samping. Efek sampingnya bisa berbeda-beda tergantung jenis kulit, warna rambut, rencana perawatan, dan kepatuhan terhadap perawatan sebelum dan sesudah perawatan.

Efek samping yang paling umum dari laser hair removal meliputi:

  • Iritasi kulit. Ketidaknyamanan sementara, kemerahan dan bengkak mungkin akan kamu alami setelah tindakan laser tersebut. Namun, efek samping ini biasanya bisa menghilang dalam beberapa jam.
  • Perubahan pigmen. Penghilangan bulu dengan laser dapat menggelapkan atau mencerahkan kulit yang terkena. Perubahan ini mungkin bersifat sementara atau permanen. Meningkatnya kecerahan kulit bisa terjadi, terutama pada mereka yang tidak menghindari paparan sinar matahari sebelum atau sesudah perawatan dan mereka yang memiliki kulit lebih gelap.

Pada kasus yang jarang terjadi, penghilangan bulu dengan laser bisa menyebabkan lepuh, pengerasan kulit, jaringan parut, atau perubahan tekstur kulit lainnya. Efek samping langka lainnya termasuk uban pada rambut yang dirawat atau pertumbuhan rambut yang berlebihan di sekitar area yang dirawat, terutama pada kulit yang lebih gelap.

Perlu kamu ingat, laser hair removal tidak disarankan untuk dilakukan pada kelopak mata, alis, atau area sekitarnya, karena kemungkinan cedera mata yang parah.

Di Mana Tempat Melakukan & Biaya Laser Hair Removal

Bila kamu tertarik mencoba metode menghilangkan bulu yang satu ini, kamu bisa melakukan tindakan ini di klinik kecantikan atau rumah sakit yang menyediakan fasilitas perawatan laser tersebut. Biayanya mulai dari Rp 250.000 hingga jutaan rupiah. Harga tersebut bisa berbeda-beda tergantung area bulu yang ingin dihilangkan dan tempat yang kamu pilih.

Itulah manfaat dan prosedur laser hair removal untuk menghilangkan bulu yang tidak kamu inginkan. Selain dengan perawatan laser, kamu juga bisa menggunakan krim perontok bulu untuk menghilangkan bulu tanpa rasa sakit.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna