Informasi Kesehatan

Alasan Jerawat di Wajah Sering Muncul secara Berulang

2719527496_(1).jpg

Mempercantik Diri Melalui Operasi Kelopak Mata? Begini Prosedurnya

“Operasi kelopak mata atau blepharoplasty bisa memperbaiki kelopak…

7 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah yang Lebih Sehat dan Awet Muda

Manfaat teh hijau untuk wajah ada banyak, antara…

Ini 7 Manfaat Face Serum untuk Kecantikan Kulit

Cell power serum merupakan inovasi face serum terbaru…

“Ada banyak alasan kenapa jerawat muncul terus di wajah, mulai dari perubahan hormonal hingga faktor genetik. Dengan mengetahui alasan tersebut, kamu bisa menentukan langkah-langkah untuk mencegahnya.”

Jerawat adalah masalah kulit yang banyak orang mengalaminya. Namun, kamu mungkin bertanya-tanya kenapa jerawat muncul terus, terutama di wajah?

Sebenarnya masalah kulit satu ini berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Namun, memang ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang lebih berisiko mengalami muka jerawatan berulang.

Karena itu, simak penjelasannya di sini!

Alasan Kenapa Jerawat Muncul Terus di Wajah

Berikut adalah beberapa alasan mengapa jerawat pada wajah dapat muncul secara berulang, antara lain:

1. Perubahan Hormon

Kebanyakan jerawat terjadi akibat perubahan hormonal. Terutama hormon androgen yang biasanya menjadi aktif selama masa remaja dan orang yang baru dewasa.

Perlu kamu ketahui bahwa androgen merupakan hormon yang produksinya meningkat ketika laki-laki dan perempuan mengalami masa pubertas. 

Peningkatan hormon tersebut menyebabkan kelenjar sebaceous pada kulit membesar dan memproduksi lebih banyak sebum atau minyak.

Selain pada masa pubertas, perubahan hormon juga terjadi pada wanita yang sedang mengalami menstruasi atau sudah berusia paruh baya.

2. Efek samping konsumsi obat tertentu

Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat memicu timbulnya muka jerawatan secara berulang pada wajah.

Misalnya, obat-obatan yang mengandung kortikosteroid, testosteron, atau lithium. 

Alasannya, obat-obatan tersebut dapat memengaruhi kadar hormon pada tubuh, sehingga menimbulkan jerawat.

3. Pola makan yang tidak sehat

Penelitian berjudul Association Between Adult Acne and Dietary Behaviors: Findings From the NutriNet-Santé Prospective Cohort Study menemukan bahwa seringnya konsumsi makanan tinggi gula atau lemak berkaitan dengan risiko jerawat 54 persen lebih tinggi. 

Sedangkan, konsumsi minuman manis berlebihan berkaitan dengan risiko jerawat 18 persen lebih tinggi. Selain itu, beberapa makanan lain seperti makanan siap saji atau fast food juga berkaitan dengan peningkatan risiko pengembangan jerawat. 

Akan tetapi, hingga saat ini masih belum jelas apakah makanan siap saji hanya meningkatkan risiko pengembangan jerawat, atau memang menyebabkan jerawat. 

4. Stres yang tidak terkendali

Alasan kenapa jerawat muncul terus pada wajah juga bisa karena stres.

Hal ini karena tingkat stres yang tak terkendali dan berkepanjangan dapat menimbulkan perubahan pada otak dan keseimbangan kimia pada tubuh.

Nah, kondisi tersebut dapat menyebabkan timbulnya jerawat. 

Di samping itu, stres juga dapat membuat kulit menjadi lebih berminyak, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan muka jerawatan berulang kali. 

Hal ini lantaran kadar stres yang tinggi membuat tubuh melepaskan sejumlah besar hormon kortisol ke aliran darah, untuk memperingatkan tubuh mengeluarkan lebih banyak minyak dari kelenjar sebaceous.

5. Kulit sensitif

Biasanya orang yang memiliki kulit sensitif lebih cenderung mengalami jerawat. Sebab, jenis kulit sensitif rentan akan iritasi atau ketidakcocokan produk perawatan kulit tertentu. Kondisi ini pada akhirnya menimbulkan muka jerawatan berulang. 

Terutama akibat penggunaan produk perawatan kulit yang berminyak, seperti losion dan krim kental. Selain itu, penggunaan produk rambut seperti pomade juga berisiko sebabkan muka jerawatan pada kulit sensitif. 

Sebab, produk tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya ketika kulit berkeringat.

6. Riwayat keluarga

Tahukah kamu bahwa masalah kulit yang umum ini juga bisa terjadi karena faktor genetik.

Bila kamu atau ada anggota keluarga yang memiliki muka jerawatan, riwayat keluarga bisa menjadi alasan kenapa jerawat muncul.

7. Kebiasaan merokok

Bahan kimia dalam asap rokok dapat merusak kulit seperti halnya organ tubuh lainnya. Parahnya lagi, racun yang terkandung dalam rokok juga dapat mengubah komposisi dan kepadatan minyak kulit atau sebum. 

Terganggunya komposisi dan kepadatan sebum menyebabkan pori-pori tersumbat yang memicu jerawat sekaligus komedo hitam dan putih.

Bisakah Jerawat yang Muncul Berulang Dicegah?

Jerawat yang terjadi akibat perubahan hormonal dan faktor genetik mungkin akan sulit untuk kamu cegah. Meski begitu, ada beberapa cara untuk menurunkan risiko jerawat, yaitu:

  • Mencuci wajah setiap hari dengan air hangat dan pembersih wajah ringan, lalu keringkan dengan menggunakan handuk bersih atau tisu wajah.
  • Rutin menggunakan pelembap kulit. Pastikan kamu menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Bagi para wanita, cobalah untuk menggunakan produk makeup yang bersifat non-comedogenic, dan jangan lupa untuk menghapus riasan sebelum tidur.
  • Hindari menyentuh wajah, terutama jika kamu belum mencuci tangan.
  • Kelola stres dengan baik dengan melakukan meditasi atau hobi yang kamu minati. 

Nah, itulah penjelasan mengenai alasan kenapa jerawat muncul terus di wajah.

Bila kamu atau anggota keluargamu masih memiliki pertanyaan seputar jerawat, kamu bisa tanya dokter spesialis kulit.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.