Informasi Kesehatan

Ketahui 6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

610b719e91f3f.jpg

Menilik Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Kulit

Tak hanya untuk diminum, susu kambing juga bisa…

Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Pertanda Apa?

“Ada beberapa kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan…

6 Penyebab Terjadinya Mimisan pada Orang Dewasa

“Mimisan tidak selalu menandakan kondisi serius. Ini adalah…

“Bukan hanya buahnya, daun sirsak juga baik untuk kesehatan. Contohnya menangani insomnia, mengelola diabetes, sampai menstabilkan tekanan darah.”

Apa Khasiat dari Daun Sirsak?

Daun sirsak memiliki sifat antipiretik, antimikroba, antidiabetes, kardioprotektif, dan anti-parasit, sehingga sudah jelas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Apa saja manfaat daun buah dengan nama latin Annona muricata ini? 

1. Mengobati insomnia

Secara tradisional, daun sirsak mampu mengobati insomnia. Daun sirsak memiliki kandungan yang bersifat relaksan otot polos, sehingga dapat bertindak sebagai obat penenang. Minum segelas teh daun buah berdaging putih ini juga dapat membantu meredakan stres.

2. Membantu mengelola diabetes

Daun sirsak juga dapat membantu mengelola diabetes karena menurunkan kadar gula darah.

Menurut jurnal ilmiah berjudul The Effect of Soursop Leaf Extract on Pancreatic Beta Cell Count and Fasting Blood Glucose in Male Wistar Rats Exposed to a High-Fat Diet and Streptozotocin, ekstrak daun sirsak dapat meningkatkan jumlah sel beta pankreas dan menurunkan glukosa darah puasa.

Selain itu, mekanisme di balik sistem kerja ekstrak daun sirsak adalah menghambat enzim yang membantu memecah karbohidrat kompleks, menjadi glukosa atau menghalangi penyerapannya. 

3. Membantu pengobatan kanker

Menurut jurnal ilmiah berjudul Anticancer Properties of Graviola (Annona muricata): A Comprehensive Mechanistic Review dari National Institutes of Health, efek antiproliferatif dan sitotoksik dari ekstrak tanaman sirsak dapat membantu mengobati kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit. 

Bahan bio aktif yang bernama annonaceous acetogenins (AGEs) ini memiliki beberapa sifat antikanker. AGEs dapat membunuh sel kanker dengan menghambat pertumbuhan protein sel kanker.

Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait pengobatan herbal menggunakan daun sirsak dengan penyakit kanker.

4. Pengobatan rematik

Daun sirsak dapat mengobati penyakit rematik yang umumnya dialami oleh lansia. Cara menggunakannya gampang. Tumbuk daunnya hingga menjadi halus dan oleskan pada bagian tubuh yang sakit akibat radang sendi dan eksim. Lakukan ini secara teratur setidaknya dua kali sehari.

5. Mengobati mag

Daun sirsak adalah obat yang sangat baik untuk mag, karena zat dalam daun sirsak mampu mengurangi peradangan dan juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. 

Selain itu, daun buah ini juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, proses penyembuhan maag yang biasanya lambat bisa menjadi lebih cepat karena sistem imun yang aktif.

6. Menstabilkan tekanan darah

Sirsak kaya akan potasium dan zat besi. Kedua bahan ini dapat menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Kalium meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik sementara zat besi membantu mengatur detak jantung. Itulah sebabnya minum air rebusan daun sirsak direkomendasikan untuk pengidap tekanan darah tinggi.

Apa Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirsak?

Untuk mendapatkan manfaat dari konsumsi daun sirsak, kamu cukup merebusnya. Ambil beberapa lembar daun sirsak yang cukup tua, kemudian cuci bersih, lalu rebus hingga mendidih. Setelahnya, kamu dapat meminumnya.

Air rebusan daun sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain menurunkan gula darah, mengatasi asam urat, kolesterol tinggi dan terapi untuk kanker. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, air rebusan daun sirsak idealnya kamu konsumsi satu kali sehari setiap pagi. Kamu harus mengonsumsinya secara rutin, selama kurun waktu tertentu. Atau kamu dapat menjadikannya sebagai rutinitas sehat, layaknya konsumsi minuman kesehatan lainnya. 

Kenali Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Sirsak kaya akan vitamin C. Vitamin ini memperkuat sistem kekebalan dan meningkatkan kemampuannya untuk bertahan melawan patogen. 

Tidak hanya vitamin C, beberapa nutrisi pada buah ini bisa membawa manfaat untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak di sini, apa saja manfaat dari buah sirsak!

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Satu buah sirsak utuh mengandung sekitar 83 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan. Ini membuat buah ini baik untuk mendukung pencernaan sehat. Meningkatkan keteraturan buang air besar dan mencegah sembelit adalah manfaat dari mengonsumsinya.

2. Melawan peradangan

Antioksidan pada buah yang bernama durian Belanda ini mengurangi kerusakan sel yang biasanya akibat stres oksidatif. Salah satu efek samping dari stres oksidatif adalah peradangan. Oleh karena itu, antioksidan dalam sirsak dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

3. Memiliki sifat antibakteri 

Sirsak dapat memberikan efek antibakteri. Ekstrak buah asam manis ini dapat membunuh berbagai jenis bakteri. Salah satunya adalah strain yang menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang. Selain itu, sirsak juga dapat membantu melawan bakteri kolera dan Staphylococcus

4. Meningkatkan imun tubuh

Sirsak kaya akan vitamin C. Vitamin ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan patogen. Itulah sebabnya, buah ini juga bekerja meningkatkan imun tubuh.

5. Menjaga kesehatan mata

Vitamin C dan E, seng, dan beta-karoten, pada sirsak dapat menjaga kesehatan mata. Antioksidan dapat berperan dalam hal mengurangi stres oksidatif, yang dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula terkait pertambahan usia.

6. Meningkatkan kesehatan pernapasan

Sirsak dapat meningkatkan kesehatan pernapasan. Bisa jadi karena kandungan antibakterinya. Makanya baik untuk orang dengan gangguan tenggorokan, peradangan hidung, dan infeksi paru. 

7. Membantu meredakan stres

Menurut data penelitian oleh tim dari University of Connecticut, sirsak dapat membantu mengobati stres dan masalah depresi. Hal ini dikuatkan oleh penelitian di Journal of Animal Science and Technology. Menurut studi tersebut, buah sirsak dapat mengatasi stres akibat lingkungan ataupun cuaca panas.

Efek Samping Konsumsi Buah Sirsak

Walaupun memiliki banyak manfaat, mengonsumsi buah dan daunnya secara berlebihan dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit parkinson, seperti: 

  • Otot kaku.
  • Perubahan kepribadian.
  • Kegontaian.
  • Masalah dengan gerakan mata.
  • Masalah dengan gaya berjalan dan keseimbangan.

Selain itu, buah ini juga dapat berinteraksi dengan obat tekanan darah tinggi atau obat untuk diabetes. Senyawa dalam buah dapat memperkuat efek obat tersebut, menyebabkan penurunan tekanan darah atau kadar gula darah yang berbahaya.

Biji sirsak juga tidak direkomendasikan untuk dimakan. Sebab, bijinya dapat memiliki senyawa beracun dan menyebabkan efek samping yang berbahaya.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna