Informasi Kesehatan

Ibu, Ini Berbagai Manfaat Baby Spa yang Perlu Diketahui

download_(2).jpeg

Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua Baru

Menjadi orang tua memang bukanlah hal yang mudah,…

Aturan Memberikan Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

Susu formula adalah pilihan susu yang bisa diberikan…

Serba-serbi Kuret dan Prosedurnya yang Perlu Dipahami

“Kuret merupakan prosedur yang dokter rekomendasikan setelah wanita…

“Baby spa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bayi. Mulai dari menciptakan mood yang lebih positif, membentuk postur anak, meningkatkan rasa percaya diri, serta mendukung pencernaan lebih baik.”

Baby spa atau yang biasa juga orang kenal baby massage adalah perawatan pijat untuk bayi, untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan yang lebih baik. Dewasa ini, baby spa masuk kategori perawatan modern. Padahal, sebelum dimodernisasikan, beberapa budaya tradisional sudah mengembangkan pijat bayi. 

Misalnya di Indonesia, ada beberapa suku seperti Batak dan Jawa yang menerapkan pijat bayi supaya bayi tidak gampang masuk angin. Di negara lain seperti di India, Afrika, China, juga melakukan hal yang sama. Lantas, seperti apa itu baby spa? Apa saja manfaatnya dan hal-hal apa saja yang perlu ibu ketahui terkait ini? Baca selengkapnya di sini!

Manfaat dan Fakta Mengenai Baby Spa

Ada beberapa manfaat baby spa yang perlu diketahui orang tua sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan perawatan ini:

1. Membantu mendukung kesehatan dan perkembangan bayi

Baby spa dapat membantu mendukung kesehatan perkembangan bayi dengan cara memperkuat jantung dan paru-paru anak. Selain itu, latihan fisik pada baby spa dapat juga membantu perkembangan otak dan merangsang kelima indra (rasa, penciuman, sentuhan, penglihatan, dan suara).

2. Membangun rasa percaya diri anak sejak bayi

Memperkenalkan anak-anak dengan air pada usia yang sangat muda dapat membantu mencegah rasa takut akan air berkembang di kemudian hari. Latihan yang melibatkan bergerak secara mandiri di dalam air, sangat bagus untuk kepercayaan diri bayi. 

3. Mengembangkan koordinasi bayi

Berada di dalam air membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan anak. Anak yang belajar berenang sejak dini, kelak akan tumbuh sebagai anak yang memiliki keseimbangan lebih baik, termasuk juga dapat menggenggam benda dengan lebih kuat.

4. Membangun kekuatan anak

Lewat aktivitas di dalam air yang dilakukan pada sesi baby spa,  ini dapat melatih banyak otot bayi bekerja lebih efektif, ketika beraktivitas di lingkungan non-air. Penelitian mengenai ini termuat dalam jurnal Effects of Baby Swimming on Motor and Cognitive Development: A Pilot Trial yang dipublikasikan dalam Sage Journals.

Pada jurnal tersebut dijelaskan, kontak dengan air setelah kelahiran, menjadi pengalaman penting bagi perkembangan bayi. Ini dapat menunjang perkembangan kognitif, termasuk memori kerja, pengambilan objek, termasuk juga menurunkan hambatan pada kinerja otot. 

5. Meningkatkan mood positif anak 

Air hangat di sesi baby spa dapat membuat bayi rileks sekaligus merangsang nafsu makannya. Singkatnya, baby spa membuat suasana hati anak menjadi lebih positif, lebih tenang, tidak gampang menangis, sekaligus memperbaiki pola tidur anak. 

Namun ingat, Ibu tidak boleh membiarkan anak Keseringan Mandi Air Panas, Karena Kulit Bisa Rusak.

6. Meningkatkan keseimbangan otot

Manfaat lain dari baby spa adalah meningkatkan keseimbangan otot. Maksudnya, baby spa membantu menempatkan tulang berada di tempat yang tepat. Otot yang terlalu kencang dapat menarik tulang anak keluar dari posisi sejajar. Dengan pijat, maka ini akan memperbaiki postur bayi sejak dini, sehingga tumbuh kembangnya menjadi lebih baik, seiring dengan pertambahan usia.

7. Mendukung sistem pencernaan lebih sehat 

Baby spa juga dapat membantu pencernaan anak lebih sehat, meredakan sembelit dengan membantu mengeluarkan gas dan feses. Pijat bayi ini juga dapat mengurangi stres dan menurunkan risiko  sindrom iritasi usus besar.

Kapan Baby Spa Boleh Dilakukan?

Baby spa merupakan bentuk perawatan dan terapi untuk bayi yang boleh dilakukan saat usia Si Kecil sudah 6 bulan hingga lebih dari satu tahun. Jenis perawatan yang bisa kamu berikan ada dua. Pertama adalah hidroterapi, yaitu bayi duduk di dalam kolam selama 20 menit dengan pelampung khusus yang diletakkan di leher Si Kecil untuk menjaga kepalanya tetap di atas air. Kemudian, yang kedua adalah memberikan pijatan ringan pada bayi. 

Sementara itu, waktu yang tepat untuk melakukan baby spa pada bayi yaitu setidaknya 45 menit setelah ia menyusui. Memberikan treatment ini terlalu cepat setelah ia menyusui akan menyebabkannya muntah. 

Bagaimana Cara Melakukannya?

Dalam perkembangannya, aktivitas spa tidak hanya perawatan mandi saja, tapi juga termasuk perawatan lain, seperti pemijatan tubuh. Begitu juga dengan spa untuk bayi. Idealnya, treatment untuk bayi ini dilakukan di bawah pengawasan terapis terlatih. 

Berikut ini cara melakukan baby spa, yang perlu kamu ketahui:

  1. Sesi hidroterapi. Siapkan bak yang dalam kemudian isi dengan air, pasangkan pelampung yang sesuai dengan bayi untuk menopang lehernya, sehingga memungkinkan Si Kecil mengapung bebas. Lakukan sesi hidroterapi ini selama 20-25 menit, lalu keluarkan dan keringkan dengan handuk.
  2. Memandikan bayi. Gunakan sampo dan sabun mandi yang sangat lembut untuk memandikan Si Kecil. Kemudian gunakan air yang sedikit hangat untuk membersihkan sampo dan sabun mandi secara perlahan, lalu keringkan dengan handuk.
  3. Balut dengan handuk hangat. Membalut Si Kecil dengan handuk hangat juga sangat menenangkan. Hangatkan handuk lembut, kemudian baluti ke tubuh bayi dan biarkan selama sekitar 15 menit.
  4. Pijat dengan minyak essential dan lotion. Terakhir, pijat bayi dengan gerakan yang sangat lembut. Gunakan minyak essential atau baby lotion, yang bagus untuk melembapkan kulitnya. Lakukan pijatan selama 10-12 menit untuk membuat Si Kecil rileks. Setelah selesai, oleskan body lotion dan kenakan pakaiannya. 

Memberikan pijatan pada bayi memang bermanfaat.  Biasanya, setelah menjalani baby spa, Si Kecil akan beristirahat bahkan tertidur nyenyak. 

Adakah Bahaya Melakukan Baby Spa?

Secara umum, jenis perawatan bayi ini memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil. Meski begitu, baby spa tidak terlepas dari pro dan kontra. Di balik manfaatnya, ada yang berpendapat bahwa treatment ini dapat membahayakan bayi.

Beberapa bahaya yang orang khawatirkan yaitu:

  • Membiarkan bayi mengapung dengan pelampung leher dapat membuat Si Kecil merasa terisolasi.
  • Pelampung yang terpasang di leher bayi dapat membuat lehernya tegang atau cedera. 

Maka itu, penting untuk melakukan perawatan apapun di bawah pengawasan profesional dan pengawasan ayah dan ibu. Jika, Si Kecil terlihat tidak nyaman, sebaiknya segera hentikan perawatan.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna