Informasi Kesehatan

Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini 15 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

6167d3e634b58.jpg

Ini Manfaat Cascara atau Kulit Buah Kopi untuk Kesehatan

“Beragam manfaat cascara atau kulit buah kopi untuk…

Tempe Gembus, Inilah 6 Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Tempe gembus adalah makanan olahan yang terbuat dari…

Kelapa Muda untuk Ibu Hamil, Ketahui Ragam Manfaatnya

Kelapa muda untuk ibu hamil tidak hanya bermanfaat…

“Susu kedelai tak kalah bergizi dengan susu sapi. Beberapa manfaat susu kedelai adalah menyehatkan otak, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kadar kolesterol, hingga memperkuat tulang.”

Dulunya susu kedelai merupakan limbah dalam proses pembuatan tahu. Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, minuman ini dijual sebagai pengganti susu bebas laktosa yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Bagi kamu yang memiliki gaya hidup vegetarian atau memiliki alergi laktosa, susu kedelai adalah pilihan yang baik. Melihat banyak manfaat kedelai yang ditawarkan, banyak yang beralih dari susu sapi ke susu nabati ini.

Kandungan Nutrisi Susu Kedelai

Segelas susu kedelai ukuran sedang (244 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 105.
  • Protein: 7 gram.
  • Lemak: 4 gram.
  • Serat: 1 gram.
  • Gula: 8,9 gram.
  • Natrium: 115 miligram.
  • Karbohidrat: 12 gram.
  • Vitamin D:  2,7 mikrogram.
  • Kalsium: 300 mg 23 
  • Zat besi: 1 miligram.
  • Kalium:  298 miligram.

Apa Saja Manfaat Susu Kedelai?

Dengan kandungan nutrisi yang sudah disebutkan di atas, susu ini mengandung banyak manfaat. Berikut manfaatnya:

1. Baik untuk kesehatan otak

Susu kedelai kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan lemak sehat. Asam lemak omega-3 bermanfaat untuk menurunkan risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Hanya saja untuk manfaat ini, masih diperlukan banyak penelitian. Manfaat kedelai secara umum salah satunya sebagai sumber asam lemak omega-3 non-hewani. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Susu kedelai juga dapat mendukung sistem kardiovaskular. Minuman ini juga sumber potasium yang sangat baik, baik yang telah diperkaya atau belum. Kalium bermanfaat untuk menjaga tekanan darah rendah dan denyut nadi tetap teratur.

Susu kedelai juga dapat mendukung sistem kardiovaskular. Minuman ini juga sumber potasium yang sangat baik, baik yang telah diperkaya atau belum. Kalium bermanfaat untuk menjaga tekanan darah rendah dan denyut nadi tetap teratur. 

Selain itu, dengan minum susu kedelai kamu dapat menjaga kadar kolesterol tetap rendah. Terutama bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi. 

3. Menjaga kadar kolesterol

Selain itu, susu yang sering dikonsumsi para vegan ini juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol. Kalau kamu memiliki kadar kolesterol tinggi, sangat disarankan untuk memasukkan minuman sehat ini dalam pola dietmu.

4. Mengurangi gejala menopause

Isoflavon salah satu senyawa yang terkandung dalam kedelai. Bahan kimia ini juga dikenal sebagai “fitoestrogen”. Isoflavon ini bereaksi dalam tubuh seperti bentuk estrogen yang lemak. Mengonsumsi susu kedelai dan produk kedelai lainnya dapat membantu mengurangi gejala menopause. Contohnya gejala hot flashes.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh The Warner College of Dairy Technology, komposisi nutrisi pada susu kedelai memberikan bermacam manfaat kesehatan. Contohnya termasuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, serta gejala pascamenopause. Mau tahu lebih jauh mengenai gejala menopause? Baca penjelasan selengkapnya di artikel “Ketahui 6 Gejala Menopause pada Wanita”.

5. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Jika dikombinasikan dengan pola makan kaya protein, meminum susu kedelai akan berdampak baik pada rambut. Kandungan susu kedelai mampu merangsang pertumbuhan rambut yang lebih baik untuk meningkatkan penampilan. Susu ini juga bermanfaat untuk orang dengan rambut keriting dan sulit diatur.

6. Memperkuat tulang

Susu kedelai kaya akan kalsium, sehingga bermanfaat untuk kekuatan tulang. Kandungan kalsium dalam produk nabati ini mampu meningkatkan kesehatan tulang. Membuatnya lebih kuat, menjaga struktur tulang tetap utuh, sehingga mengurangi risiko patah tulang. 

7. Sebagai antidepresan

Konsumsi susu kedelai juga bisa meningkatkan mood atau suasana hari. Hal ini berkat kandungan vitamin B6 dan vitamin B kompleks yang  bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati. 

Selain itu, susu kedelai juga kaya akan magnesium yang melepaskan hormon serotonin dalam tubuh. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antidepresan untuk pikiran.

Hal ini seperti dijelaskan oleh jurnal ilmiah berjudul Soy product consumption and the risk of major depressive disorder in older adults: Evidence from a cohort study yang dipublikasikan oleh Frontiers Media.

Menurut jurnal tersebut, makanan memainkan peranan penting dalam perkembangan depresi. Salah satunya adalah kedelai. Konsumsi kacang-kacangan atau produk kacang-kacangan membantu mengelola gejala depresi. 

Isoflavon pada kedelai dapat memengaruhi neurotransmitter monoamine. Ini membentuk kembali struktur mikrobiota usus, sehingga mengurangi gejala yang biasa dialami pengidap depresi.

8. Membantu menurunkan berat badan

Susu ini kaya serat sehingga memiliki efek cukup besar pada manajemen berat badan yang baik. Minuman ini dikenal dapat membantu mengatasi obesitas dan tekanan darah tinggi. Menggabungkan susu kedelai dengan diet rendah lemak dan beberapa protein kedelai, dapat membantu menurunkan berat badan serta mempertahankan massa otot.

9. Mengatasi masalah kulit

Jika kamu sering mengalami wabah jerawat, cobalah untuk beralih ke pola makan kaya kedelai. Terkadang, makanan dari hewani lebih sering memicu masalah kulit ketimbang makanan nabati. Tak hanya itu, produk nabati cukup baik untuk mengurangi hiperpigmentasi (kondisi penggelapan kulit). 

10. Mempercepat pemulihan sehabis olahraga

Olahraga dapat membantu tubuh memangkas lemak dan membakar kalori. Itulah yang terkadang membuat kamu mengalami kelelahan yang amat sangat sehabis olahraga. Riboflavin dalam susu ini dapat membantu memulihkan semua energi yang hilang setelah berolahraga.

11. Menurunkan risiko kanker

Kedelai memiliki sifat antikanker karena adanya isoflavon. Isoflavon dapat memodifikasi atau mengubah siklus sel sehingga menyebabkan kematian sel (apoptosis). Inilah penjelasan mengapa susu kedelai dapat mengurangi risiko kanker prostat, payudara, perut, paru-paru, dan usus besar. 

Namun, pastinya, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seberapa efektif kerja nutrisi pada kedelai untuk mematikan sel kanker. 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna