Informasi Kesehatan

Waspada Risiko Terjadinya Heatstroke Saat Cuaca Panas Ekstrem

heatstroke2b.jpg

Cegah Stres, Ini 7 Cara Menyikapi Pasangan yang Selingkuh

“Selingkuh adalah masalah besar yang dapat berujung pada…

Waspadai Jamur Kuku Yang Bisa Merusak Penampilanmu

  “Infeksi jamur kuku dapat berkembang pada usia…

Mengenal Gelombang Panas dan Tips Mencegah Bahayanya

Fenomena gelombang panas atau heat waves biasanya melanda beberapa negara Asia setiap pertengahan tahun.…

“Mewaspadai risiko heat stroke pada cuaca yang sangat ekstrem sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan tindakan pencegahan yang tepat, kita dapat mengurangi risiko kondisi serius ini.”

 Panas ekstrem adalah fenomena yang semakin umum terjadi di seluruh dunia akibat perubahan iklim global. Temperatur yang sangat tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk heatstroke.

Heatstroke adalah kondisi serius dan dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan baik. Karenanya, sangat penting untuk mewaspadai risiko paparan suhu tinggi pada cuaca yang sangat panas. 

Apa itu Heatstroke?

Heatstroke terjadi ketika suhu tubuh terjadi peningkatan secara drastis, sehingga mengakibatkan sistem pengaturan suhu tubuh tidak bekerja dengan baik. Ini terjadi ketika suhu sekitar sangat tinggi atau ketika tubuh terpapar suhu yang sangat tinggi dalam waktu yang lama. 

Heatstroke terbagi menjadi dua jenis yakni heatstroke klasik dan heatstroke terkontrol. Serangan panas yang klasik terjadi pada orang yang tidak dapat beradaptasi dengan suhu panas, sedangkan serangan panas adaptif terjadi pada orang yang terpapar suhu panas secara terus menerus dalam waktu yang lama dan tubuh berusaha untuk beradaptasi.

Gejala Heatstroke yang Mesti Diwaspadai

Gejalanya sangat bervariasi, tetapi beberapa gejala umum yang perlu kamu waspadai.

  1. Suhu tubuh yang sangat tinggi (di atas 40 derajat Celsius).
  2. Kulit kemerahan, panas, dan kering.
  3. Kepala terasa pusing, bahkan bisa menyebabkan pingsan.
  4. Denyut nadi cepat dan lemah.
  5. Pernapasan yang cepat dan dangkal.
  6. Mual dan muntah.
  7. Kehilangan kesadaran atau kebingungan mental.

Langkah Pencegahan Heatstroke Saat Cuaca Panas Ekstrem

1. Minum banyak air

Penting untuk minum air dengan cukup terutama saat cuaca panas. Air membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu mengatur suhu tubuh agar tetap normal. Hindari minuman beralkohol atau berkafein karena dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Hindari kegiatan fisik berlebihan

Dalam cuaca yang sangat panas, hindari aktivitas fisik yang berlebihan atau berat. Jika hendak berolahraga, lakukanlah pada pagi atau sore hari saat suhu lebih rendah.

3. Gunakan pakaian yang tepat

Gunakan pakaian yang longgar, ringan, dan berwarna terang. Hindari pakaian yang terbuat dari bahan sintetis karena bisa lebih mudah berkeringat.

4. Lindungi diri dengan tabir surya

Gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari yang berlebih. Untuk mengetahui terkait dengan gelombang panas bagi tubuh dan kulit.

Tindakan Ketika Terjadi Heatstroke

Jika kamu atau melihat seseorang mengalami gejala heatstroke, segera lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pindah ke tempat yang teduh dan sejuk.
  2. Lepaskan pakaian yang tidak perlu.
  3. Dinginkan tubuh dengan menggunakan air dingin atau kompres es di area leher, ketiak, dan selangkangan.
  4. Segera cari bantuan medis.

Cuaca yang sangat ekstrem bisa meningkatkan risiko heatstroke. Penting untuk menyadari gejala dan tindakan pencegahan saat terjadi cuaca panas. Dengan langkah-langkah yang tepat, kita dapat mengurangi risiko serangan panas dan menjaga kesehatan kita di cuaca yang sangat panas.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.