Informasi Kesehatan

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

uricacid-0e6df102737472e7d15b6c4e19ec25c0-00343209abbb2e203359f9b487ccc116_600x400.jpg

Mengenal Jenis Demam pada Anak dan Cara Mengatasinya

“Demam pada anak bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala…

Makanan untuk Hipertensi yang Sebaiknya Dikonsumsi dan Dihindari

Penderita hipertensi perlu memperhatikan asupan makanannya agar tekanan…

Awas Bahaya Obat Nyamuk Bakar bagi Kesehatan

Obat nyamuk bakar dapat digunakan untuk mencegah gigitan…

“Ada sejumlah makanan yang perlu pengidap asam urat hindari. Salah satunya adalah jeroan yang memiliki kandungan purin tinggi.”

Asam urat atau gout adalah zat sisa yang tubuh hasilkan saat mencerna makanan tertentu. Ketika kadar asam urat naik dan membentuk kristal, maka terjadi penyakit ini. Gejala yang muncul biasanya berupa nyeri tiba-tiba dan pembengkakan pada persendian.

Penyakit ini umumnya mempengaruhi area seperti jari-jari kaki, pergelangan tangan, lutut, dan tumit. Selain faktor genetik, pola makan juga dapat menjadi pemicu gout. Salah satu faktor pemicunya adalah konsumsi makanan yang kaya akan purin. 

Oleh karena itu, ada beberapa jenis makanan pantangan yang sebaiknya pengidap kondisi ini hindari. 

Makanan Pantangan Pengidap Asam Urat 

Berikut adalah makanan pantangan yang pengidap kondisi ini perlu hindari konsumsinya: 

1. Jeroan

Jeroan merupakan organ dalam hewan seperti ayam, bebek, kambing, dan sapi yang lazim dikonsumsi. Organ dalam ini dapat berupa otak, hati, kelenjar timus, pankreas, dan ginjal. Jeroan dapat diolah dengan cara digoreng atau direbus. 

Namun sayangnya, kebiasaan konsumsi jeroan bisa meningkatkan risiko asam urat. Pasalnya jeroan memiliki kandungan zat purin tinggi sehingga meningkatkan risiko asam urat.

2. Daging merah

Meski mengandung protein hewani yang penting bagi tubuh, daging merah seperti kambing dan sapi memiliki kandungan purin yang tinggi. Bagi pengidap gout, sebaiknya menghindari konsumsi daging merah dan menggantinya dengan daging putih seperti ayam. Selain itu, pengidap kondisi ini juga sebaiknya mengonsumsi protein nabati yang berasal dari tempe atau tahu.

3. Makanan laut

Bagi pengidap penyakit asam urat, sebaiknya menghindari konsumsi sejumlah makanan laut. Contohnya seperti ikan sarden, teri, udang, kepiting, dan kerang. Jenis makanan laut ini memiliki kandungan purin yang tinggi dan dapat memicu asam urat.

Jika kamu menyukai makanan laut, lebih baik memilih ikan salmon yang memiliki kadar purin yang tergolong rendah.

4. Alkohol

Memang benar adanya kalau tidak semua minuman beralkohol tinggi purin. Namun, alkohol secara umum dapat menghambat proses ginjal dalam menghilangkan asam urat, menariknya kembali ke tubuh, sehingga menumpuk.

5. Minuman manis

Minuman kemasan yang mengandung kadar gula tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini dikarenakan fruktosa yang terdapat dalam makanan kemasan dapat merangsang produksi asam urat yang berlebihan. Selain minuman kemasan, fruktosa juga terdapat dalam beberapa buah seperti apel, pir, anggur, dan kurma.

Itulah beberapa jenis makanan pantangan yang perlu dihindari oleh pengidap asam urat. Nah, bila penyakit asam urat kambuh atau gejalanya membuatmu sulit beraktivitas, tak ada salahnya untuk mengonsumsi obat-obatan.

sumber: Halodoc . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna