Informasi Kesehatan

6 Manfaat Ikan Layur bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

6-manfaat-ikan-layur-bagi-kesehatan-yang-jarang-diketahui-0-alodokter.jpg

Ini Resep Sayur Daun Singkong yang Praktis Dibuat di Rumah

Sayur daun singkong adalah hidangan yang terbuat dari…

Ini 9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

  “Bawang merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan…

Ini 9 Pilihan Finger Food yang Sehat dan Bergizi untuk Bayi

  “Pastikan ibu dan ayah memilih finger food…

Ikan layur tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari memperkuat tulang hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Beragam manfaat ikan layur tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, kalsium, dan berbagai vitamin.  

Ikan layur memiliki bentuk seperti belut, tetapi gepeng. Ikan dengan nama latin Tichiurus leptorus ini merupakan salah satu jenis ikan laut yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena mudah ditemukan di pasar dan harganya terjangkau. Selain harganya yang ekonomis, ikan layur juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beragam Manfaat Ikan Layur untuk Kesehatan

Di dalam 100 gram ikan layur terkandung sekitar 85 kalori. Ikan layur juga mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, kalsium, fosfor, zinc, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Berkat kandungan nutrisi tersebut, ada banyak manfaat ikan layur dapat Anda peroleh, seperti:

1. Memperkuat tulang dan gigi

Dengan kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi di dalamnya, ikan layur dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kandungan kalsium di dalamnya juga dapat menjaga kepadatan tulang sehingga risiko terkena osteoporosis pun akan berkurang.

2. Menurunkan berat badan

Protein merupakan salah satu nutrisi penting untuk menurunkan berat badan. Konsumsi makanan tinggi protein, seperti ikan layur, dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori.

Tidak hanya itu, protein juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah keinginan untuk makan secara berlebihan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tidak hanya menurunkan berat badan, kandungan protein di dalam ikan layur juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena protein digunakan tubuh untuk membentuk antibodi yang mampu melawan kuman penyebab infeksi.

4. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A di dalam ikan layur bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Dengan mencukupi kebutuan nutrisi tersebut, Anda dapat terhindar dari masalah kesehatan mata, seperti rabun senja dan katarak.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Ikan layur juga memiliki manfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat ini berasal dari kandungan zinc yang membantu kulit untuk menghasilkan kolagen, yaitu serat protein yang bisa membuat kulit menjadi lebih kuat dan elastis sehingga luka dapat tertutup lebih cepat.

6. Mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker

Manfaat ikan layur yang tidak kalah penting adalah mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memenuhi asupan vitamin A, misalnya dari ikan layur, dapat menurunkan risiko terjadinya kanker limfoma non-Hodgkin.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas vitamin A dalam mencegah kanker. Pasalnya, penelitian lainnya menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin A dalam dosis yang terlalu tinggi justru meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Itulah beragam manfaat yang bisa diperoleh bila Anda mengonsumsi ikan layur. Untuk memperoleh hasilnya secara maksimal, Anda dapat mengonsumsi ikan jenis ini secara rutin.

Anda bisa mengolah ikan layur dengan berbagai cara, seperti digoreng, dibakar, hingga dikukus. Namun, hindari terlalu sering mengonsumsi ikan layur dengan cara digoreng, karena proses menggoreng dapat mengurangi kandungan nutrisi penting di dalamnya dan menambahkan jumlah kalori serta kandungan lemaknya.

Jika Anda tetap ingin mengonsumsi ikan layur dengan cara digoreng, sebaiknya gunakan minyak yang lebih sehat, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Selain itu, waspadai pula kemungkinan alergi, terutama pada orang yang memiliki alergi terhadap makanan laut.

Bila Anda menunjukkan tanda-tanda alergi setelah makan ikan layur, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

 

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.