Informasi Kesehatan

Ketahui Manfaat Bersepeda untuk Mengatasi Depresi

inilah-5-langkah-sepeda-sehat-yang-perlu-dilakukan-semua-pesepeda.jpg

Kenali Pola Tidur yang Baik untuk Kesehatan

“Agar tidur berkualitas dan memberikan manfaat bagi kesehatan…

Ini Rekomendasi Obat Batuk Kering yang Bisa Dicoba

“Batuk kering terjadi karena berbagai penyebab, mulai dari…

Catat, Ini 5 Hal yang Bisa Memperparah Radang Tenggorokan

"Ada beberapa hal yang dapat membuat radang tenggorokan…

“Selain bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik, bersepeda juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Olahraga satu ini bisa mengurangi depresi dengan cara mengatasi ketidakseimbangan kimiawi yang menyebabkan masalah mental tersebut.”

Bersepeda menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup digemari. Olahraga satu ini juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik tubuh, terutama jantung dan otot-otot. 

Selain kesehatan fisik, manfaat bersepeda juga baik untuk kesehatan mental, lho. Mengapa demikian? Simak penjelasannya di sini! 

Ketahui Dulu Manfaat Umum Bersepeda bagi Kesehatan

Bagi kesehatan fisik, ada sejumlah manfaat yang bisa kamu peroleh dari bersepeda, yaitu: 

1. Bersepeda dapat membantu menurunkan berat badan

Kebiasaan bersepeda, terutama dengan intensitas tinggi, dapat membantu menurunkan kadar lemak tubuh, sehingga mendorong pengelolaan berat badan yang sehat.  

Studi tambahan menunjukkan bahwa kombinasi latihan lari cepat dan kekuatan dengan bersepeda secara teratur dapat meningkatkan metabolisme dan membentuk otot untuk sementara. Hal ini memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.

2. Bersepeda akan membantu memperkuat kaki

Bersepeda meningkatkan fungsi tubuh bagian bawah secara keseluruhan dan memperkuat otot-otot kaki tanpa membebani sendi secara berlebihan. Olahraga ini dapat memperkuat otot paha depan, bokong, paha belakang, dan betis.

3. Bersepeda dapat menurunkan kolesterol

Efek bersepeda yang meningkatkan kesehatan dapat juga membantu meningkatkan kadar kolesterol. Manfaat ini berkaitan dengan peningkatan kesehatan jantung dan penurunan risiko stroke dan serangan jantung.

Manfaat Bersepeda untuk Mengatasi Depresi

Selain bermanfaat bagi fisik tubuh, bersepeda juga dapat meningkatkan kesehatan mental terutama dalam mengatasi depresi. Sebab, mengayuh sepeda bisa membantu tubuh melepaskan keringat dan hormon tertentu, termasuk hormon yang berhubungan dengan stres.

Olahraga, seperti bersepeda, sudah terbukti bisa memicu pelepasan neurotransmitter yang mengurangi rasa sakit, baik fisik maupun mental. Depresi berhubungan dengan rendahnya tingkat neurotransmitter, seperti serotonin dan norepinefrin. 

Kedua hormon ini bisa dirangsang dengan bersepeda. Menariknya lagi, olahraga jenis aerobik, seperti bersepeda, juga bisa melepaskan endorfin. Endorfin merupakan hormon atau zat kimia yang tubuh lepaskan oleh kelenjar pituitari. 

Tubuh melepaskan hormon ini sebagai respons terhadap stres atau rasa sakit, untuk menghambat rasa sakit dan meningkatkan perasaan euforia di otak.

Bersepeda juga Dapat Memicu Proses Neurogenesis

Manfaat bersepeda untuk kesehatan mental lainnya adalah memicu proses neurogenesis. Adapun, neurogenesis adalah proses pembentukan sel-sel saraf baru atau neuron dalam otak. Proses ini terjadi terutama di dalam daerah tertentu dalam otak yaitu “hippocampus” dan “ventrikular zona subgranular“. 

Proses ini dipercaya bisa membantu depresi. Oleh karena itu, bersepeda bisa membantu melawan ketidakseimbangan kimiawi yang menyebabkan depresi yaitu penyakit mental serius yang bisa membuat seseorang tidak berdaya. 

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Mental Lainnya

Ada sejumlah manfaat bersepeda lainnya yang juga baik untuk kesehatan mental, yaitu: 

1. Membantu tidur lebih nyenyak

Bersepeda secara teratur membantu menyinkronkan ritme sirkadian. Kondisi ini dapat membantu mengurangi kadar hormon stres sehingga tidur menjadi lebih nyenyak, sehingga mental menjadi lebih terjaga. Sebab, orang yang memiliki kualitas tidur yang kurang baik cenderung merasa cemas dan depresi. 

2. Meningkatkan pemikiran kreatif

Gerakan bersepeda yang teratur dan seragam memiliki efek relaksasi pada otak, menstabilkan fungsi fisik dan mental. Selain itu, mengayuh sepeda dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan terfokus. Hal ini membuat seseorang akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu merasa tertekan.

Tips Bersepeda untuk Kesehatan

Agar bisa mendapat manfaat bersepeda yang maksimal, coba terapkan tips sehat berikut. Kamu perlu rutin bersepeda sedikitnya 150 menit per minggu. Jika  terbatas, bagi  waktu tersebut menjadi 30 menit tiap sesi dan lakukan sebanyak 5 hari dalam seminggu. 

Selain itu, kamu bisa mencoba pola bersepeda selama 50 menit dan dilakukan sebanyak 3 hari dalam seminggu. Namun, bagi kamu yang baru pertama kali mencoba bersepeda, sebaiknya jangan berlebihan. Pasalnya, olahraga yang intens berisiko menyebabkan kelelahan dan perasaan sedih.

Itulah penjelasan mengenai bersepeda bisa membantu mengatasi depresi. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Pastikan untuk selalu menjaga kebugaran fisik sekaligus kesehatan mental kamu dan keluargamu. 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.