Informasi Kesehatan

Ini Pengobatan Bintitan yang Bisa Dilakukan

5f1b1dd6f14fa1.jpg

Ketahui 6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

“Bukan hanya buahnya, daun sirsak juga baik untuk…

Ketahui 6 Daftar Buah yang Mengandung Vitamin B

“Ada banyak pilihan buah yang mengandung vitamin B.…

Sering Ngemil Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

“Jangan ngemil kebanyakan, nanti gemuk, lho!” Mungkin kamu…

“Bintitan sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk meredakan ketidaknyamanannya, seperti menggunakan kompres hangat hingga mengonsumsi obat pereda nyeri.”

Bintitan merupakan masalah pada mata yang umum terjadi. Benjolan yang muncul di kelopak mata ini tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga terasa nyeri dan bernanah.

Bintitan sebenarnya bisa pecah dan hilang dengan sendirinya. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan ketidaknyamanan dan membantu pemulihannya. Simak pengobatan bintitan di sini!

Pengobatan Bintitan

Pada kebanyakan kasus, bintitan sebenarnya tidak memerlukan pengobatan khusus. 

Benjolan yang muncul di mata ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam satu hingga dua minggu.

Namun, agar bisa pulih lebih cepat dan mengurangi rasa sakit dan bengkaknya, kamu bisa melakukan perawatan secara mandiri di rumah.

Berikut pengobatan bintitan di rumah yang bisa kamu lakukan:

1. Gunakan kompres hangat 

Coba kompres kelopak mata dengan waslap hangat selama 10 hingga 15 menit, tiga sampai lima kali sehari.

Hangatkan kembali kain lap dengan merendamnya dalam air hangat, peras dan ulangi. 

Banyak orang percaya bahwa menggunakan kantong teh hijau yang dibasahi air hangat sebagai kompres mata akan membantu penyembuhan karena sifat antibakteri dalam teh.

Beberapa ilmuwan juga telah membuktikan bahwa antioksidan alami dalam teh hijau mampu menghancurkan dinding sel bakteri, sehingga ini akan membunuhnya. 

Meskipun masih ada perdebatan mengenai hal ini di kalangan ahli mata, tapi tidak ada salahnya mencoba mengompres mata dengan kantong teh hijau.

2. Bersihkan kelopak mata 

Bersihkan kotoran dari kelopak mata dengan cara menyekanya secara perlahan dengan sabun lembut yang terbuat dari campuran sampo bayi dan air.

Kamu juga bisa menggunakan tisu khusus untuk mata yang tersedia di sebagian besar toko obat.

Selain menjaga kebersihan mata, kamu sebaiknya tidak menggunakan riasan mata untuk sementara sampai bintitan sembuh.

3. Konsumsi obat pereda nyeri

Kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri tanpa resep untuk meredakan rasa nyeri pada bintitan.

Pastikan kamu mengonsumsinya sesuai dosis yang tertera pada label kemasan.

4. Hindari penggunaan lensa kontak

Bagi kamu yang mengenakan lensa kontak, sebaiknya hindari dulu mengenakannya hingga bintitan sembuh. Kamu bisa mengenakan kacamata sebagai gantinya.

5. Pijat mata dengan lembut

Kamu juga bisa memijat area mata untuk membantu menghilangkan cairan di dalam bintitan. Pijat area tersebut dengan tisu basah dan tangan yang bersih. 

Namun, segera berhenti memijat bila terasa sakit dan jangan pernah mencoba untuk memecahkan bisul sendiri, karena bisa membuat infeksi menyebar.

6. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa meningkatkan kesehatan mata.

Bahan alami ini bisa membantu mengatasi bintitan dengan cara mengurangi peradangan.

Selain memiliki efek anti inflamasi, minyak kelapa bersifat antibakteri dan antijamur. Bahan alami ini juga sepenuhnya aman untuk digunakan di sekitar mata.

Untuk menggunakan obat bintitan alami ini, tuangkan sedikit minyak kelapa ke kapas atau jari kamu yang bersih, lalu gosokkan perlahan ke kelopak mata yang terkena.

Tunggu 15 menit sebelum membilas minyak dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, ulangi proses ini 3 hingga 5 kali sehari.

Namun, bila bintitan tidak kunjung sembuh, dokter mungkin akan merekomendasikan perawatan, seperti:

  • Antibiotik. Dokter mungkin akan meresepkan obat tetes mata atau krim antibiotik topikal untuk dioleskan pada kelopak mata kamu. Jika infeksi kelopak mata kamu berlanjut atau menyebar ke luar kelopak mata, dokter mungkin akan merekomendasikan antibiotik dalam bentuk tablet atau pil.
  • Operasi untuk menghilangkan tekanan. Jika benjolan tersebut tidak kunjung hilang, dokter mungkin akan membuat sayatan kecil untuk mengeluarkan nanah.

Itulah pengobatan untuk mata bintitan.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.