Informasi Kesehatan

Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Suntik Putih dengan Suntik Vitamin C

ketahui-hal-hal-yang-berkaitan-dengan-infus-vitamin-c.jpg

6 Perawatan Kecantikan dengan Minyak Almond yang Perlu Dicoba

Kacang almond kaya akan antioksidan dan beragam nutrisi,…

6 Manfaat Pepaya untuk Wajah Bercahaya

Manfaat pepaya untuk wajah ternyata cukup banyak. Kandungan…

Mengenal Penjelasan Anatomi Gigi, Jenis, dan Fungsinya

“Anatomi gigi secara utama terdiri atas akar, leher…

“Walaupun suntik putih dan suntik vitamin C sama sama dapat mencerahkan wajah, namun terdapat beberapa aspek yang membedakan keduanya. Terdapat perbedaan dari manfaat, dosis, cara kerja, serta efek samping dari keduanya.”

Memiliki kulit cerah tentu menjadi impian sebagian besar orang. Untuk mencapainya, perlu beberapa prosedur, seperti rutin mengaplikasikan skincare

Selain menggunakan skincare secara rutin, untuk mendapatkan wajah yang lebih cerah, terdapat beberapa opsi. Salah satunya dengan suntik putih atau suntik vitamin C.

Meskipun suntik putih dan suntik vitamin C dapat mencerahkan wajah, ternyata terdapat beberapa perbedaan dari keduanya, lho!

Perbedaan Suntik Putih dengan Suntik Vitamin C

Agar tahu perbedaan antara suntik putih dengan suntik vitamin C, yuk, simak ulasannya dulu.

1. Manfaat

Suntik putih

Perbedaan yang pertama antara suntik putih dan suntik vitamin C yaitu dari segi manfaatnya. Suntik putih merupakan metode untuk menjadikan kulit menjadi lebih cerah dari tone kulit sebelumnya. 

Selain itu, perawatan ini membantu kulit yang kusam, keriput, dan berpigmen dengan mengembalikan warna kulit.

Meskipun dapat memberikan manfaat pada wajah untuk menjadi lebih cerah, ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan suntik putih.

Suntik vitamin C

Sedangkan untuk vitamin C, tidak hanya membantu kulit menjadi lebih cerah, membantu proses pemulihan pada luka, dan mengurangi tanda penuaan. Namun, dengan suntik vitamin C kamu bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Jadi, tidak hanya berfokus pada kulit, namun vitamin C juga bisa memberikan manfaat pada tubuh kamu.

2. Cara kerja

Suntik putih

Suntik putih glutathione bekerja dengan menghalangi produksi melanin dengan menempel pada enzim tirosinase dalam melanosit, yaitu sel yang memproduksi pigmen melanin yang menyebabkan penggelapan pada kulit. 

Suntik putih juga bekerja dengan cara menetralkan stres oksidatif yang terjadi akibat tingginya jumlah radikal bebas dalam tubuh.

Biasanya, kamu akan menjalani prosedur ini 3 kali dalam seminggu. Namun seiring berjalannya waktu bisa menurun jadi satu kali dalam seminggu. 

Kamu bisa melihat hasilnya dalam waktu 6 hingga 8 minggu setelah melakukan perawatan kulit dengan suntik putih  

Suntik vitamin C

Injeksi vitamin C memberikan vitamin C murni secara langsung ke aliran darah melalui suntikan intramuskular. Vitamin C dapat mengembalikan kulit cantik dan cerah dengan meningkatkan produksi kolagen dan juga sebagai inhibitor tirosinase yang berfungsi menghambat pembentukan pigmen melanin.

Dalam perawatan awal, kamu bisa menerima suntikan vitamin C sekali dalam seminggu untuk 2 minggu. Selanjutnya, setiap 2 minggu sekali, selama 4 minggu. 

Untuk tahap berikutnya, kamu bisa menerima suntikan vitamin C satu kali dalam sebulan saja.

3. Dosis yang Digunakan

Suntik putih

Pada umumnya, dokter akan merekomendasikan dosis dalam suntik putih sebanyak 600 mg – 1200 mg dalam seminggu untuk mencerahkan wajah. Ini sama juga untuk penggunaan 1 atau 2 bulan pada awal perawatan. 

Namun, dosisnya bergantung pada berat badan, tinggi badan, dan tingkat metabolisme. Sehingga setiap orang mungkin akan menerima dosis yang berbeda-beda. 

Suntik vitamin C

Dalam suntik vitamin C, setiap pasien akan menerima dosis sebanyak 500 mg – 1000 mg. Dosis dalam media suntik ini bisa terbilang lebih banyak ketimbang dengan vitamin C yang bisa kamu dapatkan melalui konsumsi buah atau sayuran. 

4. Efek samping

Suntik putih

Apabila kamu menggunakan suntik putih untuk mencerahkan wajah, kamu mungkin akan mengalami beberapa efek samping. Adapun, potensi yang mungkin terjadi dari menerima suntik putih yaitu:

  • Mual.
  • Diare.
  • Masalah pernapasan.
  • Berat badan naik.
  • Rambut rontok.
  • Nyeri pada bagian dada.
  • Ruam pada kulit.

Suntik vitamin C

Efek samping yang biasa terasa setelah menerima suntik vitamin C adalah nyeri serta bengkak pada area yang disuntik. Namun, apabila kamu menerima dosis yang cukup tinggi, mungkin kamu akan mengalami mual.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.