Informasi Kesehatan

Mudah Menangis Saat Hamil, Normalkah?

hati-hati-ini-dampak-ibu-hamil-stres-dan-menangis-pada-janin.jpg

Gigi Berlubang saat Hamil Picu Keguguran, Apa Sebabnya?

Terdapat beragam keluhan yang mesti dihadapi oleh para…

Benarkah Ibu Hamil Dilarang Tidur di Pagi Hari?

Ada beragam celana yang konon harus dihindari oleh…

Takut Melahirkan? Ini Tips agar Bumil Bisa Mengatasinya

Rasa takut seiring mendekatnya waktu persalinan adalah hal…

Mudah menangis saat hamil dapat dialami oleh sebagian ibu. Bumil bisa saja tiba-tiba menangis karena masalah kecil, misalnya ketika suami belum pulang kerja saat hari sudah larut. Perasaan ini tentu membuat ibu hamil cemas dan bertanya-tanya, kondisi ini normal nggak, sih?

Beberapa ibu hamil mengeluh jadi lebih sensitif dan mudah menangis saat hamil. Perasaan ini biasanya muncul secara tiba-tiba dan umumnya bukan disebabkan oleh alasan yang besar. Nah, bisa dikatakan bahwa saat hamil, Bumil cenderung lebih cengeng dari biasanya.

Mudah Menangis Saat Hamil Adalah Hal yang Normal

Mudah menangis saat hamil disebabkan oleh perubahan kadar hormon estrogen dan hormon progesteron dalam tubuh. Jumlah kedua hormon ini bisa melonjak hampir 100 kali lipat, khususnya saat trimester pertama.

Selain itu, beberapa ibu hamil juga mengalami morning sickness yang membuat rasa lelah memuncak akibat sulit tidur, tidak nafsu makan, dan rasa lemas karena muntah yang terus-menerus terjadi.

Ini menjadi alasan juga kenapa Bumil jadi lebih sensitif, mudah menangis, uring-uringan, dan mood swing. Intinya, semua perubahan yang terjadi selama kehamilan bisa membuat suasana hati Bumil cepat berubah, termasuk jadi mudah menangis.

Nah, kalau dilihat dari penyebabnya, mudah menangis saat hamil sebenarnya adalah hal yang normal dan bisa dialami oleh banyak ibu hamil. Tidak hanya jadi lebih mudah menangis, beberapa ibu hamil juga ada yang jadi mudah tertawa atau terlihat lebih bahagia untuk hal-hal sederhana yang ia lihat atau rasakan.

Tips Mengatasi Mudah Menangis Saat Hamil

Meski mudah menangis saat hamil merupakan hal yang wajar, Bumil bisa saja merasa kurang nyaman karena sebelumnya Bumil justru sulit menangis. Jika Bumil terganggu dengan perubahan suasana hati tersebut, ada beberapa tips yang bisa Bumil lakukan, yaitu:

  • Curhat dengan suami, keluarga, atau sahabat.
  • Ikut komunitas ibu hamil agar bisa saling berbagi keluhan dan merasa tidak sendiri menjalani kehamilan ini.
  • Jika Bumil tidak nyaman untuk bercerita dengan orang lain, cobalah untuk menuliskan keluh kesah dalam buku harian
  • Lakukan olahraga ringan yang bisa membuat pikiran tenang, seperti yoga.
  • Lakukan aktivitas yang disukai, misalnya menonton film, menyanyi, atau melukis.
  • Luangkan waktu untuk membaca buku kehamilan guna mengetahui segala perubahan yang terjadi pada ibu hamil.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa mudah menangis saat hamil adalah hal yang normal. Jika mengalaminya, Bumil tidak perlu panik, ya. Namun, ada baiknya bila Bumil tetap memantau mood yang naik dan turun selama hamil.

Soalnya, perasaan sedih yang Bumil alami tersebut bisa berubah menjadi depresi jika tidak dikelola dengan cara yang tepat. Depresi saat hamil adalah masalah mental yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Jika perasaan sedih yang Bumil alami terus berlangsung lebih dari 2 minggu meski sudah menerapkan tips-tips di atas atau Bumil jadi tidak semangat menjalani kehamilan, segera konsultasikan ke dokter atau psikolog untuk mendapatkan solusi dan penanganan yang tepat.

 

Sumber : alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.