Informasi Kesehatan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape Singkong? Ini Faktanya

images7.jpg

10 Daftar Barang yang Ada dalam Tas Persiapan Melahirkan

"Persiapan menjelang melahirkan adalah hal penting yang perlu…

5 Tips Sehat Sahur untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

“Sahur untuk ibu hamil juga tidak bisa sembarangan,…

Apa Itu Plasenta Bayi? Ketahui Fungsi dan Gangguan yang Bisa Terjadi

“Plasenta merupakan organ sementara yang berkembang selama kehamilan…

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape Singkong? Ini Faktanya

Banyak yang masih meragukan mengenai bolehkah ibu hamil makan tape singkong atau tidak. Pasalnya, tape singkong bersifat asam dan mengandung sedikit alkohol, sehingga sering disebut bisa berbahaya untuk janin. Namun di sisi lain, makanan fermentasi ini menawarkan probiotik dan aneka nutrisi yang juga baik untuk kehamilan. 

Tape singkong atau peuyeum adalah makanan hasil fermentasi singkong dengan ragi. Pengolahan singkong dengan cara ini menciptakan tekstur tape yang lembut serta rasa manis dan asam. Nah, karena melalui proses fermentasi, tape singkong menghasilkan sedikit alkohol dengan aroma yang ringan.Selain rasa yang unik, fermentasi tape juga menghasilkan probiotik yang baik untuk kesehatan saluran cerna. Kendati bermanfaat untuk tubuh, bolehkah ibu hamil makan tape singkong?   

Keamanan Makan Tape Saat Hamil 

Ketika hamil, ada masanya Bumil mengalami ngidam atau ingin mengonsumsi makanan tertentu secara tiba-tiba. Nah, Bumil mungkin saat ini sedang ngidam makan tape dan masih ragu mengenai bolehkah ibu hamil makan tape singkong.

Ada beberapa faktor yang mungkin membuat Bumil tidak berani makan tape, salah satunya adalah kadar gula yang tinggi dan kandungan alkohol pada tape yang dianggap tidak baik bagi kandungan. Belum lagi, hasil fermentasi tape singkong katanya bisa menghasilkan kuman, sehingga nggak baik bagi kehamilan. 

Ada yang bilang juga sifat asam pada tape singkong dapat memicu gejala asam lambung bagi ibu hamil yang menderita penyakit asam lambung (GERD).

Namun, di tengah kekhawatiran bolehkah ibu hamil makan tape, ada jawaban yang bisa melegakan para Bumil, nih. Makan tape saat hamil boleh-boleh saja, kok, asalkan makanan ini secara tidak berlebihan dan tidak setiap hari.

Untuk menambah asupan gizi selama hamil, Bumil boleh makan tape sebanyak 2–3 porsi kecil saja dalam seminggu. Kadar alkohol pada tape juga tergolong rendah, jadi tidak akan membahayakan janin dan kandungan.

Lagi pula, banyak manfaat yang ditawarkan oleh tape singkong. Kudapan ini mengandung probiotik sebagai hasil dari proses fermentasi. Berbeda dengan bakteri jahat penyebab infeksi, probiotik merupakan bakteri baik yang bisa memberikan berbagai manfaat bagi kehamilan Bumil, seperti:

  • Menurunkan risiko terjadinya diabetes gestasional
  • Mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare
  • Memperkuat imunitas tubuh dan membangun imunitas tubuh janin
  • Mengatasi mual (morning sickness)
  • Menurunkan risiko janin terlahir prematur           

Selain dari probiotik, singkong sendiri juga kaya akan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh Bumil, folat untuk mencegah cacat lahir pada bayi, serta kalium untuk menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi selama kehamilan.   

Banyak, kan, manfaat dari tape singkong untuk ibu hamil? Supaya rasanya tidak membosankan, Bumil bisa, lho, mengolah tape singkong menjadi kudapan lezat, seperti bolu tape, es doger, atau es podeng. Namun perlu diingat, pastikan mengonsumsi tape singkong secara bijak agar manfaatnya lebih maksimal. 

Pasalnya, jika terlalu banyak makan tape singkong, bukan manfaat yang Bumil dapatkan, melainkan efek samping berupa perut kembung. Hal ini karena makanan yang mengandung probiotik akan menghasilkan gas. Bila dikonsumsi terlalu banyak, gas tersebut akan menumpuk dan menyebabkan perut kembung. 

Tips Mengonsumsi Tape Singkong Selama Hamil

Selain membatasi makan tape singkong saat hamil, ada hal lain yang perlu Bumil perhatikan sebelum mengonsumsinya, nih. Saat membeli tape singkong, pastikan tape dalam kondisi segar atau masih baru. Tape singkong yang masih baru memiliki tingkat keasaman lebih rendah sehingga bisa mencegah munculnya gejala asam lambung. 

Tak hanya itu, membeli tape singkong yang masih baru juga lebih aman karena tape tersebut mungkin masih segar dan belum terkontaminasi bakteri jahat. Mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bisa menyebabkan Bumil keracunan, yang ditandai dengan sakit perut, muntah, diare, hingga dehidrasi.  

Agar efek samping ini tidak menyerang Bumil, pastikan untuk mengikuti tips-tips tersebut, ya. Jika saat makan tape singkong tiba-tiba gejala GERD kambuh atau Bumil mengalami perut kembung, mual, dan muntah, segera hentikan konsumsinya dan jangan dilanjutkan di kemudian hari.   

Itulah penjelasan tentang bolehkah ibu hamil makan tape singkong atau tidak. Faktanya, Bumil boleh, ya, makan tape singkong asalkan tidak berlebihan.

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna