Informasi Kesehatan

Apa Itu Self Love? Ini Manfaat Penting dan Cara Menerapkannya

pentingnya-self-love-dan-cara-menerapkannya.jpg

Cermat dalam Memilih Rumah Makan yang Tepat

Rumah makan yang baik harus memperhatikan kebersihan tempat,…

Gatal Alergi Makanan, Redakan dengan Berbagai Cara Berikut Ini

Gatal alergi makanan bisa sangat mengganggu. Tidak hanya…

Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis

Ada kalanya kita tidak ingin orang lain mengetahui…

"Self love bisa mendatangkan beragam manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Sebab, dengan konsep ini, kamu bisa menerima, merawat dan menghargai diri sendiri."

Pernah dengar istilah self love? Kalau diterjemahkan langsung, self love artinya mencintai diri sendiri. Konsep ini menggambarkan kalau seseorang perlu memberikan perhatian dan kasih sayang pada dirinya sendiri dengan cara positif. 

Caranya dengan merawat kesehatan fisik dan mental, menerima diri sendiri apa adanya dan memberi penghargaan untuk diri sendiri. Yuk, kenali lebih dalam tentang konsep satu ini!

Apa Itu Self Love?

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, self love mengacu pada perasaan positif terhadap dirinya sendiri. Ini berbeda dengan egoisme atau narsisme yang sangat berlebihan. 

Pada konsep ini, kamu menerima (self acceptance), merawat (self care) dan menghargai (self respect) diri sendiri dengan baik. 

Dalam soal penerimaan diri atau self acceptance, artinya kamu menerima diri sendiri dari segi kelebihan maupun kekuranganmu. Pada tahap ini, kamu mengakui bahwa kamu bukanlah makhluk yang sempurna dan itu adalah wajar. 

Sedangkan dari segi self care, kamu melakukan perawatan dengan tujuan menjaga kesehatan fisik maupun mental. Misalnya dengan berolahraga, mengonsumsi makanan sehat atau melakukan perawatan untuk menjaga penampilan. 

Terakhir adalah self respect yang merupakan cara kamu menghormati diri sedniri dan komitmen pada nilai yang kamu miliki sebagai individu. Dengan kata lain, kamu punya batasan-batasan pribadi yang positif dengan tujuan menjaga diri. 

Manfaat Self Love untuk Kesehatan Mental

Self-love bisa memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan mental seseorang. Contohnya, yaitu: 

1. Menjaga kesejahteraan emosional

Tindakan ini bisa meredakan perasaan-perasaan negatif seperti stres, kecemasan hingga depresi.

Ketika kamu merasa positif tentan dirimu sendiri otomatis kamu merasa lebih puas dan bahagia dalam menjalani hidup. 

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Konsep ini membuat seseorang lebih percaya diri karena menerima dirinya apa adanya.

Namun, bukan berarti bisa membuat kamu terlampau percaya diri alias kepedean”, ya. 

Tetap buat batasan yang menurutmu positif dan negatif supaya orang-orang di sekitar menerimamu dengan cara positif. 

3. Mengurangi kritik atas diri sendiri

Self love juga bisa membantu mengurangi pemikiran negatif tentang diri sendiri. Ketika kamu menyayangi dirimu, kamu bisa memperlakukan diri sendiri dengan lembut dan tidak terlalu keras pada diri sendiri. 

4. Membangun hubungan yang baik

Saat kamu bisa menghormati atau mencintai sendiri, kamu bisa menjaga hubungan yang baik dengan orang lain.

Mengapa? Kamu bisa membuat batasan yang sehat dalam hubungan dan memperlakukan orang dengan baik dan hormat. 

Cara Menerapkan Self Love

Lalu, bagaimana menerapkan self loveJika punya kemauan besar, tidak sulit untuk menerapkan konsep ini. Berikut beberapa cara untuk menerapkannya: 

1. Tumbuhkan kesadaran diri

Pertama-tama, tumbuhkan kesadaran dirimu sendiri. Pahami perasaan dan pikiranmu dan identifikasi hal apa saja yang ingin kamu tingkatkan. 

Kamu juga harus berhenti mengkritik dirimu sendiri dan perlakukan dirimu dengan baik.

Sadari bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Bahkan orang yang terlihat sempurna di matamu sebenarnya memiliki cela yang ia berusaha sembunyikan. 

Menerima dirimu adanya adalah langkah penting menuju self love. Kamu juga harus sadar kalau kamu itu layak dihargai dan disayangi dibalik segala kekurangan maupun kelebihanmu. 

2. Mulailah merawat diri

Selanjutnya, mulai merawat diri sendiri dengan cara yang positif. Misalnya dengan berolahraga secara rutin dan menerapkan pola makan sehat untuk menjaga kesehatan fisik.

3. Tetapkan batasan pribadi

Kamu juga perlu menetapkan beberapa batasan yang sehat dalam sebuah komitmen atau hubungan dengan orang lain.

Ingat, kamu punya hak untuk menolak dan berkata “tidak” guna menjaga kesejahteraan atau kehormatan kamu. 

4. Cari dukungan

Jika kamu merasakan kesulitan untuk menerapkan self love, jangan ragu untuk meminta dukungan dari teman, keluarga atau kerabat dekat. Apabila masih terasa sulit, jangan ragu meminta bantuan profesional kesehatan mental.

Mereka dapat memberikan pandangan dan dukungan yang kamu butuhkan.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.