Informasi Kesehatan

Ini Fakta Menarik dan 5 Manfaat Ikan Baronang untuk Kesehatan Tubuh

ikan-baronang-bakar-foto-resep-utama.jpg

4 Manfaat Sorgum, Pengganti Nasi yang Padat Nutrisi

Sorgum mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang.…

Ternyata, Ini 5 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

“Omega-3 termasuk jenis asam lemak yang sangat baik…

Ini Resep Sayur Daun Singkong yang Praktis Dibuat di Rumah

Sayur daun singkong adalah hidangan yang terbuat dari…

“Meski memiliki beragam warna yang menarik, ikan baronang bukanlah kelompok ikan hias. Ikan ini mengandung banyak nutrisi yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.”

 Ikan baronang adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak ditemui pada perairan Asia, seperti Indonesia, Filipina, hingga Maldives. Ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang gurih. Bukan itu saja, ikan ini juga mengandung banyak nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan.

Nah, mau tahu apa saja fakta menarik dan manfaat ikan baronang untuk kesehatan tubuh?

Fakta Menarik Seputar Ikan Baronang

Berikut fakta menarik mengenai ikan baronang yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Kandungan nutrisi

Dalam 100 gram ikan baronang segar, mengandung:

  • Kalori: 78.
  • Protein: 14,50 gram.
  • Lemak: 0,60 gram.
  • Karbohidrat: 3,70 gram.
  • Natrium: 26 miligram.

Selain itu, ikan baronang juga mengandung berbagai kandungan vitamin di dalamnya, seperti vitamin A, B, dan C. Tidak hanya itu, ikan ini juga mengandung kalium, kalsium, tembaga, fosfor, dan zinc.

2. Memiliki warna yang menarik

Jika dilihat sekilas, ikan baronang hampir serupa dengan ikan hias, karena ikan baronang memiliki corak menarik pada tubuhnya. Ikan ini juga memiliki warna yang menarik, seperti coklat, putih, hitam, hingga kuning keemasan. 

Selain itu, pola corak tubuh pada ikan ini juga berbeda-beda. Ada yang memiliki pola horizontal, polkadot, hingga garis tebal.

3. Dikenal dengan banyak nama

Ikan baronang memiliki nama ilmiah Siganus Sp masuk ke dalam herbivora. Dalam bahasa Inggris, ikan ini dikenal sebagai rabbitfish, karena ikan ini memiliki kebiasaan mengonsumsi rumput laut.

Menariknya, pada setiap daerah, ikan ini terkenal dengan nama yang berbeda-beda. Di kawasan kepulauan Seribu (Indonesia), ikan ini terkenal dengan ikan kea-kea, sedangkan di Jawa Tengah, ikan ini terkenal dengan sebutan biawas. Sementara itu, ikan baronang terkenal sebagai samadar di kawasan Maluku.

Kamu juga bisa cari tahu berbagai ikan yang baik untuk pengidap hipertensi melalui artikel ini “Jenis Ikan yang Baik untuk Pengidap Hipertensi”.

Manfaat Ikan Baronang untuk Kesehatan

Ikan baronang memiliki sisik pada tubuhnya. Kamu juga perlu berhati-hati saat menyentuh ikan ini karena adanya sirip berduri yang mengandung racun. Meskipun tidak berbahaya, tetapi jika terpapar duri tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri.

Namun jangan khawatir, ikan ini tetap bisa kamu konsumsi karena dagingnya tidak mengandung racun atau zat berbahaya. Mengonsumsi daging ikan baronang yang telah melalui pengolahan malah bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan.

Tidak ada salahnya cari tahu jenis ikan yang perlu dihindari pengidap asam urat melalui artikel ini “6 Ikan Laut Pantangan Asam Urat yang Perlu Dihindari”.

Nah, berikut manfaatnya untuk kesehatan, yaitu:

1. Meningkatkan kekuatan otot

Mengonsumsi ikan ini bisa membantumu untuk meningkatkan kekuatan otot. Hal ini karena ikan baronang mengandung sekitar 14,50 gram protein, per 100 gram daging ikan yang segar.

Protein menjadi salah satu kandungan yang penting untuk menjaga massa otot. Oleh karena itu, mengonsumsi protein dalam jumlah yang tepat membantu tubuh dalam meningkatkan pertumbuhan otot.

2. Mengoptimalkan metabolisme tubuh

Ikan baronang mengandung asam amino yang sangat baik untuk tubuh. Melansir dari International Food Research Journal dengan judul Nutritional profile of Rabbitfish (Siganus spp.) from the Kepulauan Seribu (Thousand Islands), Jakarta, Indonesia, memenuhi asam amino dapat mengatur kunci jalur metabolisme untuk meningkatkan kesehatan.

Ikan ini mengandung sembilan asam amino esensial, dan tujuh asam amino non esensial. Jenis asam amino dalam ikan ini adalah asam glutamat sebesar 1,98 miligram per 100 gram. Kandungan asam glutamat inilah yang mampu memberikan rasa gurih dan manis alami pada ikan baronang. 

3. Mengoptimalkan fungsi tiroid

Ikan ini mengandung natrium cukup tinggi di dalamnya. Dengan terpenuhinya kebutuhan natrium, maka tubuh dapat menjalankan dan mengoptimalkan fungsi tiroid. Ketika kelenjar tiroid dapat berfungsi dengan baik, maka tubuh bisa memproduksi berbagai hormon untuk menjalankan proses metabolisme tubuh.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Dalam setiap 100 gram daging ikan baronang segar dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin B2 sebanyak 4 persen. Vitamin B2 atau riboflavin merupakan antioksidan yang bisa membantu tubuh dalam mengoptimalkan sistem imun tubuh.

5. Menurunkan risiko migrain

Terpenuhinya kebutuhan vitamin B2 atau riboflavin dapat membantu untuk menurunkan serangan migrain. Jika kamu memiliki riwayat migrain, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi ikan baronang secara rutin agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan baik.

Mau tahu rekomendasi obat yang ampuh untuk mengatasi migrain? Baca di artikel ini: “Ini 7 Rekomendasi Obat Migrain yang Ampuh Atasi Sakit Kepala Sebelah”.

Itulah berbagai manfaat ikan baronang yang bisa kamu rasakan. Kamu bisa mengolahnya dengan cara menggoreng, mengukus, hingga memanggang agar semakin nikmat.

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.