Informasi Kesehatan

10 Makanan agar Cepat Hamil Sekaligus Penyubur Kandungan

makanan-penyubur-kandungan-agar-anda-cepat-hamil.jpg

Sakit saat Buang Air Besar: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit saat buang air besar merupakan kondisi yang…

Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Lain Infused Water

“Selain bantu turunkan berat badan, infused water juga…

Manfaat Bernyanyi bagi Kesehatan Mental

Tak sedikit orang yang gemar bernyanyi. Selain menyenangkan,…

Ada beragam makanan agar cepat  hamil yang dapat dikonsumsi oleh kamu dan pasangan yang sangat mendambakan momongan. Jenis makanan ini diketahui mengandung nutrisi yang mampu meningkatkan kesuburan, seperti asam folat, vitamin C, dan sejumlah mineral.  

Tidak hanya berhubungan seks saat masa subur, ada hal lain yang dapat dilakukan untuk mempercepat terjadinya kehamilan. Salah satunya adalah konsumsi makanan tertentu. Makanan agar cepat hamil ini dapat dengan mudah kamu temukan kok dan tentunya dapat kamu konsumsi sebagai menu makan sehari-hari.

Berbagai Jenis Makanan agar Cepat Hamil

Makanan agar cepat hamil tidak harus mahal. Asal bisa diolah dan dikonsumsi dengan cara yang tepat, jenis makanan ini bisa mendukung kesehatan sistem reproduksi, termasuk produksi hormon untuk kehamilan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanannya:

1. Telur

Makanan agar cepat hamil yang bisa ditemukan di mana saja dengan harga yang tergolong murah adalah telur. Ini karena telur mengandung nutrisi yang tergolong cukup lengkap, mulai dari protein, zinc, zat besi, lemak sehat, dan beragam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan asam folat.

Semua nutrisi tersebut diperlukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan kehamilan diharapkan lebih cepat terjadi. Bahkan, jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat oleh wanita yang sedang merencanakan kehamilan, kolin yang banyak terkandung dalam kuning telur bisa mencegah terjadinya cacat bawaan pada bayi nantinya.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung kalsium, zat besi, dan asam folat, yang terbilang cukup tinggi, lho. Makanya tidak heran kalau sayuran hijau termasuk dalam makanan agar cepat hamil.

Tidak hanya bisa mempercepat kehamilan, sayuran hijau juga bisa menjaga kesehatan ibu hamil selama hamil hingga setelah melahirkan jika dikonsumsi secara rutin.

3. Taoge

Mungkin kamu pernah dengar orang berkata, “Makan taoge gih biar cepat hamil”. Pernyataan ini ternyata bisa dijelaskan secara medis, lho. Faktanya, di dalam taoge tersimpan karbohidrat, protein, serat, antioksidan, bahkan sejumlah vitamin dan mineral.

Beragam penelitian menyatakan bahwa makanan tinggi antioksidan bisa meningkatkan kesuburan dengan menangkal efek paparan radikal bebas. Radikal bebas merupakan pemicu terjadinya kerusakan sel dan jaringan, termasuk sperma dan sel telur.

4. Kacang kenari

Kacang kenari merupakan salah satu makanan agar cepat hamil yang tinggi serat dan mengandung omega-3. Selain itu, kacang ini juga mengandung magnesium, yang terbukti bisa mengurangi kram saat hamil sampai risiko kelainan saraf pada bayi.

Hanya saja, kacang kenari juga mengandung banyak kalori sehingga bisa meningkatkan berat badan. Jadi, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya.

5. Buah jeruk

Mungkin, kamu sudah tahu kalau jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin ini merupakan antioksidan penting untuk mencegah kerusakan pada sel telur maupun sel sperma. Sel telur dan sperma yang sehat akan mendukung terjadinya kehamilan dan janin yang sehat.

Nah, selain vitamin C, jeruk juga merupakan makanan agar cepat hamil yang kaya kalium, kalsium, dan asam folat, yang penting untuk mendukung kehamilan.

6. Ikan laut

Ikan laut merupakan salah satu jenis seafood. Ikan laut, seperti salmon atau sarden, termasuk dalam jenis makanan agar cepat hamil. Ini karena ikan laut kaya akan kandungan asam lemak omega-3, protein, dan sejumlah mineral yang mampu menjaga kesehatan sistem reproduksi, termasuk meningkatkan kualitas sel telur dan sel sperma.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa jenis ikan laut, seperti tuna, tenggiri, dan marlin, tergolong ikan yang mengandung merkuri. Kamu perlu hati-hati, karena mengonsumsi ikan bermerkuri justru bisa menurunkan peluang kehamilan. Jadi, pilihlah jenis ikan laut yang rendah merkuri, seperti salmon atau sarden.

7. Tiram

Ada alasan mengapa tiram termasuk salah satu makanan agar cepat hamil, yaitu kaya akan berbagai nutrisi yang berperan besar dalam kesuburan sistem reproduksi. Jenis seafood ini mengandung banyak vitamin B12, zincdan zat besi. Bahkan, kadar zat besi dalam tiram bisa memenuhi 43% dari kebutuhan harianmu.

8. Susu dan olahannya

Agar cepat hamil, kamu bisa mengonsumsi susu dan produk olahannya, seperti yoghurt atau keju yang sudah dipasteurisasi. Jenis makanan cepat hamil ini mengandung kalsium, zinc, zat besi, protein, bahkan kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu.

9. Hati sapi

Hati sapi adalah makanan agar cepat hamil yang sangat bermanfaat karena mengandung vitamin A, vitamin B12, zat besi, kolin, omega-3, dan folat. Kandungan tersebut bisa menutrisimu agar siap menghadapi kehamilan dan mencegahmu mengalami anemia saat hamil.

10. Kayu manis

Makanan agar cepat hamil juga perlu dikonsumsi oleh pria. Nah, salah satu jenis rempah yang diketahui bisa menjaga kesehatan sperma dan sistem reproduksi kaum adam adalah kayu manis. Kayu manis sering ditambahkan ke dalam berbagai menu minuman dan masakan untuk menambah wangi dan cita rasa.

Selain dengan mengonsumsi makanan agar cepat hamil, selama promil jangan lupa untuk berhubungan intim secara teratur saat masa subur, mengelola stres dengan cara positif, menghindari konsumsi minuman beralkohol, dan tidak merokok.

Jika setelah melakukan upaya-upaya di atas kehamilan tidak kunjung terjadi, bahkan setelah satu tahun, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan arahan lebih lanjut perihal program hamil yang sesuai dengan kondisimu dan pasanganmu.

Sumber : ALODOKTER. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.