Informasi Kesehatan

Ini 5 Tips Pemulihan Setelah Menjalani Operasi Angkat Rahim

ilustrasi-kehamilan_169.jpeg

Ini Aturan Penggunaan KB Spiral yang Wajib Diketahui

"KB spiral cenderung praktis dan bisa digunakan dalam…

7 Cara Mengatasi Dada Sesak yang Efektif

Cara mengatasi dada sesak bisa dilakukan sendiri di…

5 Cara Menghilangkan Pegal di Tangan yang Efektif

Cara menghilangkan pegal di tangan sebenarnya cukup sederhana.…

“Operasi angkat rahim atau histerektomi merupakan prosedur untuk mengatasi masalah pada sistem reproduksi wanita, yang tidak dapat diatasi dengan pengobatan lain. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah menjalani operasi ini agar cepat pulih.

Ada beberapa masalah pada sistem reproduksi wanita  yang bisa diatasi dengan prosedur histerektomi. Contohnya menstruasi yang berat atau menyakitkan, fibroid, prolaps, hingga endometriosis.

Seorang wanita tidak lagi mengalami menstruasi dan tidak dapat hamil setelah menjalani histerektomi. Operasi ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, contohnya melalui sayatan di perut atau vagina.

Proses pemulihan pasca operasi angkat rahim akan berbeda-beda, tergantung pada usia dan tingkat kesehatan pasien secara keseluruhan. Kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mempercepat proses penyembuhan!

Tips Pemulihan Pasca Histerektomi

Seorang pasien membutuhkan waktu 6 hingga 9 minggu agar bisa benar-benar pulih sepenuhnya setelah menjalani operasi angkat rahim. Dalam rentang waktu tersebut, sebaiknya lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mempercepat proses penyembuhan:

1. Banyak beristirahat

Kamu membutuhkan banyak waktu untuk beristirahat. Namun, imbangi juga dengan aktivitas fisik yang ringan guna menurunkan risiko pembentukan gumpalan darah. 

Karena itu, sebaiknya kamu melakukan aktivitas ringan, seperti berjalan kecil di sekitar ruangan atau melakukan gerakan kaki sederhana secara teratur.

2. Jangan mengangkat benda berat

Tubuh mengalami proses penyembuhan yang membutuhkan waktu cukup lama setelah histerektomi. Mengangkat benda berat dapat menghambat proses pemulihan dan meningkatkan risiko komplikasi.

Selain itu, mengangkat benda berat dapat meningkatkan tekanan pada area rahim, meningkatkan risiko perdarahan atau infeksi, bahkan meningkatkan risiko hernia atau prolaps.

3. Jaga sayatan tetap bersih

Caranya pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih untuk mencegah penyebaran kuman dari tangan ke area operasi. Gunakan sabun ringan dan air hangat untuk membersihkan sayatan, jangan menggosoknya.

Tepuk-tepuk area tersebut dengan lembut menggunakan handuk bersih atau kertas tisu untuk mengeringkannya. Olesi salep khusus yang diberikan oleh dokter untuk mempercepat proses pengeringan luka.

4. Jangan melakukan hubungan seksual

Dokter biasanya merekomendasikan untuk menghindari hubungan seksual selama 6 minggu pasca operasi. Selama periode ini, organ-organ internal, jahitan, dan area sekitar perut masih dalam tahap penyembuhan. 

Menghindari hubungan seksual selama 6 minggu membantu mencegah risiko terjadinya komplikasi, seperti infeksi atau iritasi, yang dapat memperlambat proses penyembuhan. 

Selain itu, menghindari hubungan seksual dapat mengurangi ketidaknyamanan atau rasa sakit yang mungkin muncul akibat aktivitas seksual yang terlalu dini.

5. Konsumsi makanan sehat dan minum banyak air

Makanan sehat dan banyak minum air putih bertujuan untuk membantu meringankan sembelit pasca operasi. Serat dari makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian dapat membantu meningkatkan pergerakan usus dan mencegah terjadinya sembelit. 

Konsumsi air yang cukup juga penting untuk menjaga kelembaban dan kelancaran proses pencernaan. Selain itu, hindari makanan yang dapat menyebabkan sembelit, seperti makanan olahan yang rendah serat dan tinggi lemak. 

 

Sumber:   Halodoc   . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.