Informasi Kesehatan

Ibu, Ini 5 Cara Memilih Popok Bayi untuk Mencegah Ruam Popok

Perbedaan-Ruam-Popok-Biasa-dan-.width-800_.jpegquality-80_.jpg

Cara Mencegah Gigi Berlubang agar Terhindar dari Beragam Penyakit

Gigi berlubang adalah salah satu masalah gigi yang…

6 Obat Herbal untuk Meredakan Asma Bronkial

Penderita asma bronkial biasa menggunakan inhaler atau mengonsumsi obat asma…

Catat, Ini Waktu Terbaik untuk Olahraga Jogging

“Baik dilakukan di pagi maupun sore hari, kedua…

“Ketidaktepatan memilih popok bayi bisa memicu gesekan dan kelembapan berlebih yang dapat berujung pada ruam popok. Ibu bisa menyesuaikan usia anak dengan ukuran popok, serta memilih popok dengan daya serap tinggi untuk mencegah ruam popok.”

Salah satu aspek penting dalam perawatan bayi adalah memilih popok terbaik. Penggunaan popok yang tidak tepat bisa memicu masalah kesehatan, umumnya adalah ruam popok. Masalah ini ditandai dengan kemerahan, gatal, luka, dan lecet di area sekitar popok.

Salah satu cara tepat untuk mencegah ruam popok adalah memilih produk popok yang sesuai. Namun, dengan banyaknya produk di pasaran, orang tua mungkin saja kebingungan untuk memilih produk yang tepat.

Nah, di bawah ini cara tepat memilih popok yang yang bisa memberikan kenyamanan optimal untuk Si Kecil!

Cara Tepat Memilih Popok Bayi

Saat memilih popok untuk bayi, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor untuk memastikan kesesuaian dan fungsinya. Berikut beberapa cara tepat memilih popok guna mencegah ruam popok Si Kecil:

1. Usia dan ukuran bayi

Memilih ukuran popok yang tepat menjadi salah satu hal yang sangat penting, karena setiap bayi memiliki ukuran dan bentuk badan berbeda. Pedoman ukurannya tertera di label kemasan berdasarkan berat dan rentang usia bayi. 

Memilih popok yang pas di pinggang dan kaki bayi berfungsi untuk mencegah kebocoran dan memastikan kenyamanannya. Ibu juga perlu beralih ke ukuran yang lebih besar seiring dengan pertumbuhan Si Kecil.

2. Daya serap

Salah satu fungsi utama popok adalah menjaga bayi tetap kering dengan menyerap urin secara efisien dan mencegah kebocoran. Ibu bisa mempertimbangkan kebiasaan buang air kecil bayi saat memilih popok. 

Jika Si Kecil sering ngompol atau tidur dalam waktu yang lama di malam hari, carilah popok dengan daya serap tinggi agar tetap nyaman dan kering. Langkah ini dapat membantu mencegah kelembapan berlebih di area popok.

3. Kenyamanan dan kesesuaian

Kenyamanan bayi harus menjadi prioritas utama saat memilih popok. Carilah popok yang terbuat dari bahan lembut dan menyerap keringat, sehingga tidak mengiritasi kulit bayi. 

Ibu bisa mencari popok dengan ikat pinggang yang dapat diregangkan dan manset kaki yang pas tapi tetap lembut. Hindari popok yang terlalu ketat atau longgar, karena menyebabkan ketidaknyamanan dan risiko kebocoran.

4. Sensitivitas kulit

Penting untuk memilih popok yang lembut dan  hipoalergenik karena bayi cenderung memiliki kulit sensitif. Pertimbangkan memilih produk bebas pewangi, losion, dan bahan kimia yang berpotensi memicu iritasi atau alergi. 

Ibu bisa memilih popok berlabel ‘hipoalergenik’ atau ‘telah diuji oleh dokter kulit’. Selain itu, ibu juga bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter spesialis anak jika bayi memiliki riwayat alergi kulit atau eksim. Langkah ini bertujuan untuk mendapatkan rekomendasi pilihan popok yang sesuai.

5. Pilih popok sekali pakai

Pilihlah popok sekali pakai yang mudah digunakan, tidak perlu dicuci, dan bisa langsung dibuang setelah digunakan. 

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, ibu dapat memberikan kenyamanan, perlindungan, dan kemudahan maksimal bagi Si Kecil. 

 

Sumber:   Halodoc   . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.