Informasi Kesehatan

Perkembangan Bayi 1 Bulan, Mulai Bisa Mengenali Suara di Sekitarnya

melakukan-bonding-dengan-bayi.jpg

Bolehkah Anak Makan Buah Kering?

Perhatikan Kesiapan Anak Sebelum Memberikan Buah Kering Bunda…

5 Sumber Makanan Vitamin A untuk Anak

Vitamin A merupakan mikronutrien yang bisa dipenuhi dari…

Inilah Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih pada Anak

Tidak hanya pada orang dewasa, infeksi saluran kemih juga dapat…

Perkembangan bayi 1 bulan mungkin masih belum terlihat dengan jelas. Pasalnya, di usia ini, bayi masih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Meskipun demikian, Bunda perlu mengetahui bahwa otak Si Kecil sebenarnya sedang berkembang dengan cepat.

Di usia 1 bulan, penambahan berat badan bayi sering kali menjadi fokus utama dan yang paling sering diperhatikan. Secara umum, berat bayi yang baru dilahirkan berkisar 3,5 kilogram. Nah, di usia 1 bulan, berat Si Kecil biasanya akan naik sekitar 0,7–0,9 kilogram sehingga membuatnya terlihat lebih menggemaskan.

Selain berat badan yang bertambah, perkembangan bayi 1 bulan lainnya juga cukup pesat.

Beberapa Perkembangan Bayi 1 Bulan

Meskipun lebih sering terlihat tidur, menangis karena lapar, menyusu, dan tidur kembali, ada beberapa perkembangan bayi 1 bulan yang bisa Bunda perhatikan. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Mulai bisa mengangkat kepala

Meski masih berusia 1 bulan, Si Kecil sebenarnya sudah bisa mengangkat kepala sendiri lho, Bun. Namun, karena tulangnya masih belum terlalu kuat menahan beban berat, bayi 1 bulan baru bisa mengangkat kepalanya sedikit dan dalam waktu yang cenderung sebentar.

Perkembangan bayi 1 bulan yang satu ini mungkin sering Bunda alami ketika sedang menggendongnya. Si Kecil akan berusaha mengangkat kepalanya sehingga Bunda perlu menopangnya dengan tangan untuk membantu berada dalam posisi tegak.

2. Mulai bisa mengenali suara di sekitarnya

Di usia ini, pendengaran bayi 1 bulan juga berkembang dengan cepat. Ia sudah bisa mengenali suara-suara di sekitarnya, terutama suara orang tuanya. Suara tersebut bahkan menjadi suara favorit yang didengar bayi. Bunda pun dapat terus mengajak Si Kecil berbicara, meskipun ia belum dapat memahami kata Bunda.

Tak hanya mengenali suara, perkembangan bayi 1 bulan lainnya ialah sudah bisa memberikan respon terhadap suara di sekitarnya, misalnya ia akan terkejut ketika mendengar suara yang sangat keras.

3. Mulai bisa melihat suatu objek

Selain suara, wajah Ayah dan Bunda biasanya menjadi objek favorit Si Kecil. Hal ini berkaitan dengan perkembangan bayi 1 bulan yang sudah bisa melihat suatu objek dalam jarak 20–30 cm. Selain itu, mata bayi mungkin masih melihat sesuatu dengan samar karena belum bisa fokus pada suatu objek.

Untuk membantu menstimulasi penglihatannya, sering-seringlah mengajak bayi berkomunikasi tepat di hadapan wajahnya. Meski Si Kecil belum terlalu mengerti, ia akan merasa senang bisa melihat wajah Bunda.

4. Mulai bisa mengkomunikasikan keinginannya

Saat usianya 1 bulan, menangis merupakan satu-satunya cara bayi untuk berkomunikasi. Di usia ini, bayi akan menangis sebagai respons dari hal-hal yang ia rasakan, seperti lapar, ketakutan, atau popoknya basah dan penuh.

Bila Si Kecil menangis, Bunda bisa segera datang menghampiri dan menggendongnya untuk mencari tahu keluhan yang dirasakan Si Kecil.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perkembangan bayi 1 bulan belum banyak terlihat karena bayi masih belum dapat melakukan sesuatu. Namun, Bunda tetap perlu mengetahui berbagai perkembangan di atas agar bisa melakukan upaya untuk mengoptimalkan berbagai kemampuan Si Kecil.

Hal lain yang perlu Bunda pahami adalah butuh waktu bagi Si Kecil untuk menyesuaikan diri dengan dunia baru setelah lama berada di dalam rahim. Oleh karena itu, jangan khawatir jika Si Kecil belum melakukan kemampuan di atas ketika usianya 1 bulan. Terlebih lagi jika anak Bunda lahir prematur.

Namun bila Si Kecil tidak berusaha untuk mengangkat kepala, tidak bereaksi ketika mendengar suara keras, atau jarang menangis ketika merasakan sesuatu, sebaiknya periksakan Si Kecil ke dokter ya, Bun. Hal ini untuk memastikan apakah perkembangan bayi 1 bulan telah sesuai atau memerlukan penanganan.

Sumber :  alodokter  . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.