Informasi Kesehatan

6 Manfaat Vitamin C untuk Wajah Beserta Cara Penggunaannya

vitamin-c-for-skin.jpg

Ini 7 Rekomendasi Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kulit berminyak cenderung lebih rentan berjerawat karena produksi…

Tak Hanya Mencerahkan, Ini 10 Manfaat Hebat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

“Lidah buaya mengandung berbagai vitamin dan mineral yang…

Cegah Iritasi dan Kemerahan, Ini 7 Produk Skincare untuk Kulit Sensitif

    “Pemilik kulit sensitif tak boleh sembarang…

Manfaat vitamin C untuk wajah tidak hanya sekedar mencerahkan kulit, tetapi juga melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Namun, penggunaan vitamin ini pada kulit harus dilakukan dengan benar supaya tidak memicu terjadinya iritasi.

Vitamin C merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memelihara kulit wajah yang sehat. Sayangnya, vitamin ini tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaat vitamin C untuk wajah, Anda perlu mengonsumsi makanan atau memakai produk perawatan kulit yang mengandung vitamin ini secara rutin.

Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Sebagai antioksidan, vitamin C punya banyak manfaat untuk kulit wajah. Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin C untuk wajah yang sayang untuk dilewatkan:

1. Mencerahkan kulit

Pemakaian produk perawatan kulit yang memuat kandungan vitamin C, seperti toner, serum, atau pelembap, dapat membuat kulit tampak cerah. Manfaat vitamin C untuk wajah tersebut bisa diperoleh karena vitamin ini mampu menekan produksi melanin di kulit dengan baik.

Melanin merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit. Makin sedikit kadar melanin, makin cerah warna kulit wajah Anda.

2. Meratakan warna kulit

Kemampuan vitamin C dalam menekan produksi melanin di kulit tidak hanya membuat wajah terlihat lebih cerah, tetapi juga akan membuat warna kulit merata. Bahkan, bintik hitam di wajah juga dapat tersamarkan. Dengan demikian, kulit wajah akan tampak lebih bersih dan terawat.

3. Melembapkan kulit

Vitamin C menjadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kulit wajah tetap lembap. Ini karena vitamin C dapat mengunci air di permukaan kulit dengan baik, sehingga kulit tidak mudah kehilangan kelembapannya.

Selain itu, manfaat vitamin C untuk wajah juga mampu memicu produksi kolagen. Kolagen merupakan protein penting yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit.

4. Mencegah munculnya kerutan di wajah

Vitamin C berperan cukup krusial dalam mencegah munculnya kerutan di wajah. Manfaat vitamin C untuk wajah ini tidak terlepas dari kemampuannya dalam meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit menjadi lembap dan terjaga elastisitasnya.

Dengan elastisitas kulit yang terjaga, masalah kulit kendur bisa dihindarkan dan munculnya kerutan di wajah pun bisa diminimalkan.

5. Mengurangi lingkar hitam di bawah mata

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat menyamarkan lingkar hitam di bawah mata. Manfaat vitamin C untuk wajah ini didapat berkat kemampuannya dalam meningkatkan kolagen di kulit.

Saat kadar kolagen tinggi, kelembapan wajah akan terjaga, sehingga tampilan lingkar hitam di bawah mata juga berkurang.

6. Melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari

Antioksidan yang terkandung dalam vitamin C dapat melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Namun, hal ini tidak bisa diartikan bahwa vitamin C bisa menggantikan peran sunscreen, ya.

Oleh karena itu, tetaplah memakai sunscreen dengan SPF minimal 30 saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari supaya kulit dapat terlindungi secara maksimal.

Cara Memperoleh Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C untuk wajah, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, stroberi, brokoli, ataupun kubis. Namun, untuk merawat kulit, akan lebih efektif jika Anda mengoleskan vitamin C langsung ke kulit wajah.

Hal ini membuat penggunaan produk perawatan kulit, seperti serum dan pelembap lebih dianjurkan. Anda dapat menggunakan serum atau pelembap dengan kandungan ini jika Anda ingin merasakan manfaat dari vitamin C itu sendiri.

Sebelum mengoleskan vitamin C ke kulit wajah, Anda dianjurkan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu. Caranya, ambil sedikit produk yang memuat kandungan vitamin C, lalu oleskan ke siku bagian dalam. Diamkan selama 48 jam dan lihat reaksi yang timbul.

Jika kulit Anda menjadi gatal, memerah, atau teritasi, sebaiknya hindari penggunaan vitamin C pada kulit wajah.

Jika Anda memiliki kulit sensitif atau baru mulai mencoba produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C, sebaiknya gunakan vitamin C dengan konsentrasi yang rendah lebih dulu, yaitu kurang dari 10%. Hindari penggunaan vitamin C dengan kadar di atas 20% karena bisa memicu iritasi kulit.

Bila ingin mendapatkan manfaat vitamin C untuk wajah secara maksimal, Anda disarankan untuk memakainya pada pagi atau siang hari. Pasalnya, vitamin ini dapat menjadi lapisan pelindung kulit kedua setelah sunscreen.

Artinya, vitamin C bisa melindungi kulit dengan baik ketika sunscreen tidak bisa menangkal paparan sinar matahari secara maksimal. Untuk melihat hasil dari penggunaan vitamin C, Anda perlu untuk memakainya secara rutin, setidaknya selama 3 bulan.

Bila Anda sudah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C secara rutin tetapi manfaat vitamin C untuk wajah yang diharapkan tidak juga dirasakan, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi kulit Anda guna menentukan perawatan yang sesuai berdasarkan kondisi kulit wajah Anda.

Sumber :    ALODOKTER    . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.